• Share

4 Tips Mudah Hindari Kebiasaan Belanja Barang Nggak Penting

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 05, 2021 09:29 am
  • Readed
    67 Views
Hindari Belanja Tak Penting

Hello, neupeeps!

Pernah nggak sih kamu pergi ke mall rencananya pengen belanja satu barang, tapi malah berakhir dengan sekeranjang barang nggak penting? Memang ya, rasanya sulit banget buat menahan diri dari godaan belanja. Apalagi kalau udah liat kata “diskon”, wah… hampir mustahil deh bisa menghindar!

Kalau gini sih, niat hidup hemat bisa-bisa gagal terus. Eits, masalah ini jangan dibiarkan begitu aja, neupeeps! neu punya 4 tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Mau tau apa aja? Check it out!

Bikin list barang yang mau dibeli

Ini adalah tahap yang paling utama dan nggak boleh terlewat! Sebelum pergi ke mall, supermarket, atau bahkan ke pasar tradisional sekali pun, penting untuk menyiapkan list barang yang mau dibeli. Setelah sampai di tempat tujuan, pastikan kamu langsung mengambil barang-barang tersebut tanpa lihat sana-sini lagi.

Awalnya memang akan terasa sulit, tapi asalkan kamu komitmen, pasti nanti juga akan terbiasa. Yang harus diperhatikan di sini, jangan sampai kamu sudah bikin daftar barang yang mau dibeli, tapi tetap aja ngambil barang yang nggak ada di dalam daftar. Itu sih sama aja boong hehe.

Baca: Apakah Kamu Termasuk Kategori Pribadi Konsumtif? Kenali Ciri-Cirinya, Yuk!

Tunda sampai dua minggu

Kalau kamu pengen beli barang yang nggak ada dalam daftar dan tujuannya hanya demi memenuhi keinginan saja, jangan langsung diambil. Tahan! Beri jeda waktu sampai dua minggu.

Kenapa harus memberi jeda? Karena Sebagian besar keinginan hanya merupakan godaan sesaat saja. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti nanti akan lupa dan sadar kalau ternyata barang itu nggak penting-penting amat.

Kalau setelah jeda waktu 2 minggu kamu masih pengen beli, ya boleh dibeli kalau memang ada dananya. Yang penting kamu sudah memutuskannya dengan matang, ya! Hal ini nggak hanya berlaku untuk barang yang mahal saja. Biasakan untuk mempertimbangkan pembelian bahkan untuk barang yang “kelihatan murah” sekalipun.

Bawa uang secukupnya

Kadang kita jadi suka beli barang nggak penting karena merasa kita punya uang untuk membelinya. Nah, kan kamu sudah bikin list barang yang mau dibeli sebelumnya, jadi bawa uang secukupnya untuk membeli barang-barang itu saja. Bolehlah dilebihkan sedikit, kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya ban bocor di jalan.

Pokoknya jangan pernah membawa uang dalam nominal yang banyak. Trik psikologi ini kelihatannya remeh, tapi siapa sangka, ternyata ampuh banget loh! Coba kamu buktikan saja sendiri.

Baca: Jangan Ditiru, Kebiasaan Hemat Ini Justru Bikin Boros!

Tinggalkan kartu kredit dan debit di rumah

“Ah, gampang tinggal gesek.”

Netizen Gaul 2921

Ini nih salah satu pemikiran yang suka bikin kita semakin boros. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kartu kredit dan debit kamu ditinggal saja di rumah. Sama seperti trik pada poin sebelumnya, selama kamu nggak memegang uang, kamu tanpa sadar akan memaksa dirimu untuk nggak membeli barang yang sebenarnya nggak kamu butuhkan.

Daripada uangnya kamu pakai untuk belanja nggak penting, mending kamu investasikan emas atau pendanaan saja di neu! Peer-to-peer lending di neuGrow adalah alternatif investasi yang tepat karena keuntungannya mencapai 15-25% per tahun.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *