5 Level Finansial, Ketahui Posisi Kamu Yuk!

  • Author
    Putra
  • Posted on
    Dec 17, 2020 07:45 am
  • Readed
    225 Views
5 Level Finansial yang Harus Kamu Ketahui Di Masa Sekarang

Hello, neupeeps!

Pernah dengar istilah financial freedom atau kebebasan finansial, nggak?

Yup, kebebasan finansial adalah hal yang paling diinginkan semua orang. Biasanya merujuk pada kondisi keuangan seseorang yang sudah mampu untuk membiayai kebutuhan utama dan gaya hidupnya sendiri. 

Siapa sih yang nggak mau hidup dengan nyaman tanpa rasa khawatir?

Eits, tapi sebenarnya konsep kebebasan finansial ini banyak tingkatannya, loh. Ada apa aja sih? Pantengin terus artikel ini lebih lanjut, ya~

Financial Dependence

Setiap orang akan mulai perjalanan finansialnya dari titik ini, neupeeps. Seperti namanya, financial dependence berarti ditunjukkan dengan kehidupan yang masih bergantung pada pihak lain. Contoh mudahnya adalah kamu yang belum mempunyai pekerjaan atau masih berstatus sebagai pelajar sehingga segala macam perintilan untuk survival masih didukung orang tua.

Ciri lainnya juga bisa diperlihatkan ketika pengeluaran kamu lebih banyak dari penghasilan. Karena belum ada pengetahuan finansial yang mumpuni, godaan untuk “nge-hedon” dengan menghambur-hamburkan uang menjadi lebih besar sehingga nggak jarang kalau cicilan dan tagihan menumpuk. 

Punya banyak cicilan dan tagihan tentu bukan masalah asalkan kamu mampu bertanggung jawab, tapi kalo jumlah cicilan kamu totalnya sudah melebihi 30% dari penghasilan yang didapatkan itu artinya kebiasaan untuk menghambur-hamburkan uang perlu dievaluasi lagi ya, neupeeps. Pastikan kamu bisa memprioritaskan mana yang namanya kebutuhan dan keinginan, okay?

Baca: Latte Factor: Pengeluaran Kecil Yang Bikin Kantong Boros!

Financial Stability

Pada level ini, kamu bisa dikatakan telah selangkah lebih maju dari financial dependence karena sudah punya penghasilan sendiri. Selain itu, kamu juga telah mempunyai pengetahuan finansial yang cukup.

Orang-orang yang memasuki level financial stability biasanya memiliki dana darurat yang jumlahnya 3-6 kali lipat dari penghasilannya tiap bulan untuk jaga-jaga semisal harus melalui momen-momen sulit yang nggak bisa diprediksi.

Kepemilikan atas asuransi kesehatan juga merupakan ciri-ciri dari orang yang telah berada di financial stability loh, neupeeps. Kok bisa dikatakan begitu? Karena mereka sadar tentang rencana keuangannya sehingga segala risiko yang mungkin terjadi telah dipikirkan dengan baik, salah satunya dengan kepemilikan asuransi kesehatan sebagai bentuk proteksi diri dari biaya medis yang mahal.

Baca: Sinking Fund? Apakah Kamu Pernah Mendengarnya?

Financial Security

Setelah melalui financial stability, akhirnya ada yang namanya fase financial security yang ditunjukkan dengan cash flow positif.

Hah, maksudnya gimana tuh?

Artinya, penghasilan kamu nilainya lebih besar daripada jumlah pengeluaran yang kamu habiskan sehingga kehidupan yang dijalankan sudah terasa lebih nyaman karena nggak ada lagi yang namanya tunggakan dan utang, neupeeps.

Pada level ini, fokus kamu adalah bagaimana mendapatkan penghasilan pasif dari aspek lain. Makanya, kebanyakan orang di level ini mulai mencoba untuk melakukan investasi atau membuka bisnis sampingan untuk meningkatkan kekayaan agar pemenuhan kebutuhan dalam jangka panjang jauh dari segala beban~

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Financial Freedom

Nah, kalo neupeeps sudah ada di level ini artinya neupeeps nggak perlu lagi pusing mikirin penghasilan aktif. Kenapa emangnya, tuh? Karena hidup dengan bergantung pada penghasilan pasif sudah lebih dari cukup. Biasanya financial freedom ini sering digambarkan ketika masa-masa pensiun karena pada fase ini orang-orang nggak perlu lagi dipusingkan dengan urusan pekerjaan.

Bagi mereka yang berada di level ini, urusan keuangan bukan lagi menjadi prioritas. Mereka akan lebih mementingkan urusan non-finansial seperti kesehatan atau menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Supaya neupeeps bisa nikmatin masa-masa pensiun dengan indah kayak gini makanya rajin menabung sejak dini, yuk!

Baca: Anti Bergantung pada Gaji, Lewat 3 Level Finansial Ini

Financial Abundance

Kalo financial abundance ini adalah level puncak yang diinginkan semua orang, neupeeps. Kondisi keuangan pada tingkat ini melimpah ruah jadi orang-orang yang berhasil mencapai titik financial abundance bisa bebas untuk pilih gaya hidup yang memang didambakan. 

Intinya, pada level ini kamu sudah kaya raya dan kehidupanmu telah terjamin dalam jangka panjang. Biasanya, mereka justru akan lebih memprioritaskan untuk melakukan hal-hal yang dari dulu belum kesampaian dan membagikan kekayaan mereka kepada orang lain.

Baca: Financial Independence, Retire Early!

Dari pembahasan di atas, neupeeps sendiri ada di level mana nih?

Adanya level finansial ini berguna banget buat mengetahui posisi finansial kita supaya bisa segera menyusun rencana ke depannya. Mulai dari sekarang jadi financially woke yuk, neupeeps! Salah satunya cara sederhananya bisa diterapkan dengan kebiasaan budgeting dan tracking pengeluaran melalui aplikasi keuangan neu!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Neu adalah aplikasi transfer gratis dan budgeting yang memudahkan kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *