• Share

5 Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Islam untuk Kamu

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Aug 14, 2020 08:43 am
  • Readed
    52 Views

“Yesterday I was clever, so I wanted to change the world. Today I am wise, so I am changing myself.”

Rumi

Setiap tahun baru masehi, membuat berbagai resolusi tahunan memang sudah menjadi tren bagi kita. Selain untuk menambah motivasi, resolusi ini juga bisa memberikan kita arah dan tujuan bagi diri sendiri.

Terpenuhi atau tidak di akhir tahun, itu urusan belakangan. Karena yang penting, kita sudah punya niat baik yang akan dilakukan.

Nah, bagi umat muslim, tahun baru islam atau tahun baru hijriah bisa menjadikan suatu momentum untuk membuat resolusi kehidupan yang lebih baik untuk agama, diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Seperti apakah resolusi yang cocok untuk tahun baru islam? Berikut 5 rekomendasi resolusinya untuk kamu!

Baca: 7 Langkah Mencapai Financial Goals

Menambah Nafkah Keluarga

Kita semua tahu, keluarga adalah hal yang paling penting di dunia ini. Apalagi, anak adalah anugerah dan amanah dari Allah SWT yang harus dipertanggungjawabkan oleh setiap orang tua dalam merawat, mengasuh, dan mendidik anak-anaknya. Selain itu, istri juga merupakan pendamping bagi suami dalam kehidupan rumah tangga.

Dengan menjadikan hal ini sebagai resolusi tahun baru islam, niscaya bisa mewujudkan impianmu dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Salat Tepat Waktu

Dalam islam, salat lima waktu hukumnya wajib dan nggak boleh ditinggalkan. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kesibukan dalam bekerja, masih banyak umat islam yang masih sering lalai dan telat dalam menjalankan ibadah wajib ini. Maka dari itu, penting bagi kita memasukan resolusi ini pada tahun baru islam 1 Muharram 1442 Hijriah.

Salat Berjamaah di Rumah Bersama Keluarga

Seperti yang kita tahu, rumah adalah sumber ketenangan, inspirasi, dan kedamaian untuk melakukan ibadah. Selain menambah pahala, salat berjamaah di rumah bersama keluarga juga bisa meningkatkan kebersamaan dan ketepatan salat lima waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Jika tidak memiliki mushola di rumah, kita masih bisa melakukan salat berjamaah ini di ruangan lain seperti ruang keluarga atau tv, ruang tamu, bahkan kamar.

Baca: 5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Pelajari Al-Quran Lebih Mendalam

Selain menambah pahala, membaca Al-Quran juga bisa membuat pikiran dan hati kita lebih nyaman, tenang, dan tentram. Maka dari itu, mempelajari Al-Quran secara mendalam mulai dari membaca tafsir, cara membaca Al-Quran mulai dari panjang pendek kata dan tajwid bisa menjadi daftar dalam resolusi tahun baru islam.

Waktunya Berhijab

Dari dulu ingin berhijab tapi sampai saat ini belum terjadi juga? Nah, momentum tahun baru islam ini adalah saat yang tepat untuk mengubah penampilan menjadi berhijab. Apalagi, sekarang banyak banget inspirasi para hijabers yang bisa kamu tiru untuk dijadikan role model.

Itulah kelima rekomendasi resolusi tahun baru islam untuk kamu. Punya resolusi lain? Tidak apa-apa, yang penting adalah niat tulus dalam hati dan yakin untuk berubah menjadi umat yang lebih baik.

Jangan lupa untuk mengunduh Personal Budgeting file dari neu demi membantu kamu mewujudkan kehidupan finansial yang lebih baik ya di sini!

Good luck!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *