• Share

5 Tips Hemat Ketika Belanja Online!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 07, 2021 07:39 am
  • Readed
    105 Views
Belanja Online Jadi Hemat Pakai 5 Tips Ini

Hello neupeeps!

Kini berbelanja jadi sangat mudah karena perkembangan teknologi dan kehadiran internet. Beragam pilihan bisa kamu temukan secara online. Era belanja online lebih disukai karena mudah, beragam pilihan produk, harga bersaing, dan cepat.

Itu artinya tak perlu repot-repot datang langsung ke tempat atau toko offline. Hidup jadi lebih efisien. Belanja online dapat dilakukan melalui website atau media sosial. Jejaring sosial yang digunakan pun beragam mulai dari Facebook, Instagram bahkan E-Commerce lainnya.

Instagram jadi salah satu sosial media yang sering digunakan pelaku bisnis untuk menawarkan barang atau jasa. Salah satu alasan yang menyebabkan instagram laris di Indonesia ialah kemudahan untuk mengunggah gambar, video, spesifikasi produk, harga, dan cara pemesanan. Melalui instagram kini semua bisa mudah dicari.

Namun kemudahan-kemudahan belanja online melalui instagram justru bisa berujung pada perilaku konsumtif. Kamu akan boros alias jauh dari gaya hidup  hemat. Jadi, buat kamu yang suka belanja online di Instagram harus ikut tips hemat berikut ini.

Baca: 4 Tips Untuk Kalian yang Sulit Menabung

Buat Daftar Kebutuhan

Tidak ada salahnya jika kamu membuat daftar barang yang ingin dibeli secara online. Ternyata belanja online juga butuh list, lho.  Hal itu akan memudahkan dan membantu kamu untuk belanja online lebih hemat. Secara otomatis belanja online memiliki arah dan batasan. Kamu akan fokus terhadap barang-barang yang ada dalam daftar saja sehingga jumlah barang dalam keranjang belanja online tidak akan berlebih.

Mahir Membandingkan Harga

Belanja online juga harus teliti dan cermat dalam membandingkan harga. Pilihlah harga yang termurah namun tetap dengan kualitas yang baik. Bandingkan satu toko dengan toko lainnya karena hemat juga perlu didukung usaha. Kamu bukan hanya akan menjadi hemat tetapi pembeli yang “smart” dan beruntung jika bisa mendapat penawaran terbaik.

Pikir Dua Kali

Kamu pasti sering dihadapkan dengan keinginan berlebih yang padahal itu bukan kebutuhan. Nah, hal itu sering terjadi saat belanja online. Sebaiknya sebelum kamu berbelanja, pikirkan kembali. Apakah barang tersebut saya butuhkan? Apakah saya harus membeli barang itu sekarang? Apakah barang itu berguna dalam jangka waktu panjang?

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Pikir minimal dua kali atau boleh lebih supaya tidak ada penyesalan. Pertimbangkan semua aspek dengan sebaik-bainya karena biasanya keinginan itu bersifat sementara. Lebih baik kamu tunggu sampai benar-benar membutuhkan barang tersebut sebelum harus melakukan transaksi.

Pakai Promo dan Kode Diskon

Tips belanja ini sangat mudah dilakukan dan ditemukan. Promo dan kode diskon akan bantu kamu semakin hemat saat belanja online. Jika kamu baru pertama kali belanja biasanya akan ada kiriman voucher untuk potongan harga di pembelanjaan pertama. Kamu harus manfaatkan kesempatan itu. Salah satu cara lain ialah belanja saat ada kode diskon. Namun kamu harus melihat selisih harga. Jangan mudah untuk termakan promo-promo belanja online di Instagram, ya.

Batasi Ruang dan Waktu

Ketika belanja online di Instagram maka tidak akan ada batasan untuk ruang dan waktu. Kamu bisa mengakses Instagram dimana dan kapan saja. Terkadang kemudah itu yang membuat kamu boros dan berlebihan. Oleh karena itu, kamu bisa membatasi diri mengakses Instagram untuk berbelanja.

Mungkin kamu bisa mulai dengan membuka online shop di Instagram hanya di weekend. Kamu bisa melakukan transaksi seminggu sekali atau sebulan tiga kali. Banyak cara yang bisa kamu lakukan. Jika ada kemauan maka semua bisa terkendali tak terkecuali belanja online di Instagram.

Baca: Latte Factor: Pengeluaran Kecil Yang Bikin Kantong Boros!

Kamu harus bisa mengatur dan mengelola keuangan belanja dengan baik tidak terkecuali belanja secara online. Belanja online di Instagram boleh-boleh saja asal tetap didukung kesadaran. Mulai saat ini kurangin belanja mending berhemat dengan mengalokasikan dana untuk menabung atau berinvestasi. Tujuannya untuk bisa mencapai keuangan dalam hidup yang sempurna.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *