• Share

7 Langkah Mencapai Financial Goals

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Aug 11, 2020 14:16 pm
  • Readed
    64 Views
“You are never too old to set a new goal or to dream a new dream.” — C.S. Lewis

Pencapaian adalah harapan yang muncul dari hati, saat kamu terbangun dari mimpi dan mulai sadar akan realita. Ketika momen itu muncul, kamu harus siap dan konsisten untuk mencapainya. 

Terkadang, kita merasa kalau menetapkan pencapaian hampir seperti meminta terlalu banyak atau berharap lebih di luar kemampuan kita. Tapi realitanya, jika kita punya sesuatu untuk dicapai, kita akan mudah tersesat atau ‘gini-gini aja’.

Sama halnya seperti tujuan keuangan atau financial goals. Jika kita belum memilikinya, akan sangat mudah bagi kita mengeluarkan uang hanya untuk kepuasaan sesaat.

Baca: Apa Saja Langkah Awal dalam Memulai Financial Journey?

Apa itu financial goals?

Financial goals are where you want to be—financially—in the next 5, 10 and 20 years. 

Kita harus bisa berpikir untuk menentukan mana prioritas yang besar dan kecil, saat menentukan goals kita. karena setiap goals atau pencapaian, mempunyai resep dan kadar yang berbeda-beda.

Lalu, apa bedanya financial goals dan financial dreams? 

Goals are dreams in action.

Mirip seperti misi dan visi, langkah pertama untuk menentukan dan menerapkannya adalah menuliskannya. Setelah itu, simpan dan tempelkan di dinding kamar, sebagai pengingat dan motivasi untuk mewujudkannya.

Baca: Mau Independen secara Finansial? Kurangi Hura-Hura 5 Hal Ini

Kalau masih bingung mau mulai dari mana, berikut 7 langkah mencapai financial goals yang bisa kita implementasikan secara bertahap.

1. Tulis Berbagai Pencapaianmu

Kita akan susah memulai proses mendapatkan financial goals, kalau kita gak menuliskan apa yang kita mau dan rencana untuk mencapainya..

2. Buat Pertanggungjawaban

Cari seseorang yang bisa dipercaya untuk menceritakan financial goals. Di mana dia bisa menyeimbangkan pencapaian dengan realita dan memotivasi kita di dalam prosesnya.

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

3. Ikuti Rencana dengan Konsisten

Financial goals perlu dicapai satu per satu. Jika kita sudah membuat rencana yang ampuh sesuai dengan keadaan keuangan kita sekarang, jalanilah dengan konsisten.

4. Personal Budgeting

Kenapa budgeting lagi? Karena budget dapat memberikan kita arah dengan memberitahu ke mana uang kita pergi. Belum mulai budgeting? Download personal budgeting template di sini!

5. Lacak Pengeluaran

Budgeting gak bisa berjalan dengan mulus, kalau kita cuma membiarkannya. Terkadang, akan selalu ada pengeluaran tak terduga yang bisa membuat anggaran kita ke luar jalur. So, we still have to keep up with our daily spending by tracking expenses. Gotta do it if you want achieve your financial goals, right?

Baca: No-Spend Challenge, Berani Coba?

6. Tingkatkan Kesadaran Diri

Socrates pernah bilang, “Know thyself.” Apa maksudnya? Saat kita berusaha untuk mengubah financial goals menjadi realita, ingat bahwa penyemangat dan musuh terbaikmu, pahlawan dan penjahat, adalah… kita sendiri.

7. Evaluasi Kembali Pencapaianmu

Life changes. People change. Goals can change.

Tapi gak apa-apa, jangan tinggalkan financial goals kita hanya karena itu sulit. Telat mencapai dan mengubahnya adalah hal yang natural. Jadi, evaluasi kembali financial goals kita setiap 1 tahun, 6 bulan, atau bahkan setiap bulan. Yang penting, kita tahu ke mana jalan terbaik buat diri sendiri.

Baca: 6 Dosa Finansial yang Harus Kamu Hindari

Pada intinya, sekarang adalah waktu yang tepat buat menyelesaikan sesuatu dengan uang kita — untuk menetapkan dan mencapai financial goals.

Saat kita sudah beranjak dewasa dan masuk ke dunia pekerjaan, kita akan semakin sadar kalau nggak ada yang bisa mewujudkan financial goals kita selain diri sendiri.

Good luck neupeeps!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *