7 Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 08, 2021 06:55 am
  • Readed
    99 Views
Tips Kelola Keuangan Ala Anak Kos

Hello neupeeps!

Mengatur keuangan memiliki tantangan tersendiri untuk anak kos. Pasalnya hidup sebagai  anak kos harus bisa memenuhi segala kebutuhan secara mandiri. Sudah jadi  masalah umum jika anak kos kesulitan untuk mengatur atau mengelola keuangan. Karena itu anak kos kerap kali mengalami kesulitan keuangan.

Itu artinya sebagai anak kos kamu harus mengelola keuangan dengan baik. Bagaimana cara mengelola keuangan untuk anak kos? Ini jawabannya.

Buat Daftar Pengeluaran

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk mengelola keuangan ialah membuat daftar pengeluaran di tiap bulannya. Susun pengeluaran dari yang terpenting untuk memudahkan kamu saat merealisasikannya. Dengan cara ini kamu akan lebih terarah dan terkontrol. Buat daftar pengeluaran bulanan dengan rinci dan teliti. Hal penting yang harus kamu ingat ialah sesuaikan jumlah pengeluaran dengan pendapatan supaya setiap kebutuhan bisa terpenuhi.

Baca: 7 Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa Rantau

Menabung

Sisihkan sebagian pendapatan bulanan yang kamu dapatkan dari orang tua. Alokasikan minimal 20% untuk ditabung. Menabung disarankan untuk dilakukan karena sebagai anak kos perlu memiliki dana darurat. Bukan sekadar dana darurat untuk berjaga-jaga namun dana dari tabungan bisa digunakan untuk keinginan yang ada di luar daftar pengeluaran prioritas.

Bawa Bekal Sendiri

Anak kos harus menjadi “serba bisa” termasuk terkait untuk makan dan masak. Biasanya anak kos tidak terbiasa untuk masak makanan sehari-hari. Padahal dengan memasak sendiri bukan saja terjamin dari segi kualitas dan kerbersihan namun menguntungkan kantong alias tidak menguras bujet bulanan. Cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Cuci Pakaian Sendiri

Saat ini dengan sudah banyaknya tempat “laundry” pakaian membuat anak kos semakin malas untuk mencuci pakaian sendiri. Eits, padahal jika kamu mau mencuci pakaian sendiri, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibandingkan harus membayar jasa “laundry”. Jadi dengan begitu kamu bisa menekan pengeluaran berlebih dan mengalokasikannya ke pos lain seperti menabung atau investasi. Jangan memboroskan bujet bulanan untuk hal yang masih bisa kamu lakukan sendiri.

Baca: Mengatur Keuangan Ketika Masih Kuliah. Perlukah?

Hindari Keinginan Berlebih

Ini menjadi hal penting namun sulit diterapkan oleh anak kos. Jika kamu ingin mengelola keuangan dengan baik, mulai dengan mengontrol diri sendiri. Kesulitan mengontrol diri sendiri kerap merugikan kondisi keuangan. Salah satu masalah muncul karena keinginan untuk membeli barang, solusi yang bisa diterapkan di kondisi tersebut ialah membawa uang pas ketika sedang berpergian. Hindari menarik uang tunai di ATM atau menggesek kartu saat berbelanja.

Buat Dana Harian

Cara ini bisa bantu kamu untuk meminimalisir pengeluaran berlebih. Tak hanya itu, dengan cara ini kamu dipaksa untuk membatasi pengeluaran. Hal ini penting untuk diterapkan supaya setiap kebutuhan sampai akhir bulan tetap terpenuhi dan tidak kehabisan uang di tengah bulan. Buat daftar kebutuhan harian berisi jumlah dana yang diperlukan dari kebutuhan dan susun dari yang terpenting. Kamu bisa gunakan aplikasi di smartphone untuk menyusun anggaran harian supaya lebih praktis dan efisien.

Hindari Kegiatan Tidak Penting

Menjadi anak kos tentu sering dihinggapi rasa bosan dengan kondisi yang begitu-begitu saja. Tak jarang anak kos memilih untuk nongkrong atau jalan-jalan bareng temen-temen. Hal itu boleh saja dilakukan namun harus ada batasan. Mungkin kamu bisa mensiasati dengan menentukan tanggal di tiap bulan untuk melakukan kegiatan yang menghibur. Lakukan setiap keputusan dengan pertimbangan yang matang supaya kondisi keuangan tetap aman dan terjaga.

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Kunci dalam mengelola keuangan untuk anak kos ialah harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika belum bisa membedakan akan membuat kondisi keuangan yang tidak baik. Masalah atau kesulitan keuangan tidak akan kamu alami jika mahir dan disiplin dalam mengelola keuangan.

Terapkan tips di atas untuk bantu keuanganmu lebih baik, selamat mencoba ya!

Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *