• Share

7 Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa Rantau

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Dec 04, 2020 08:59 am
  • Readed
    248 Views
Mengelola Keuangan Bagi Anak Rantau Jadi Mudha dengan 7 Tips Ini

Hello neupeeps!

Sebagai mahasiswa rantau bukan sekadar dituntut untuk mampu mengurus semua keperluan secara mandiri. Kamu harus cermat dalam mengelola keuangan. Salah satu kendala yang kerap dialami oleh mahasiswa rantau tidak lain ialah pola keuangan sehingga diperlukan persiapan matang untuk mengelola keuangan. 

Tenang, ada tips mudah mengelola keuangan yang bisa bantu kamu di perantauan. Penasaran gimana caranya? Coba simak 7 tips berikut ini.

Baca: Mengatur Keuangan Ketika Masih Kuliah. Perlukah?

Buat Daftar Prioritas

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat daftar prioritas kebutuhan dan keperluan. Daftar prioritas tersebut meliputi hal yang harus dibeli dan dibayar. Pastikan untuk mengelompokkan daftar prioritas berdasarkan kategori, mulai dari makanan, pembayaran kos, listrik, peralatan mandi, dan kebutuhan lainnya.

Buat Daftar Anggaran

Ketika membuat daftar prioritas, kamu harus menyusunnya sesuai tingkat kebutuhan atau tanggal jatuh tempo pembayaran. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Kalau ternyata dana yang kamu miliki tidak mencukupi, itu berarti kamu harus sigap mengambil keputusan dengan mengurangi beberapa kebutuhan yang tidak diperlukan.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Kunci keberhasilan keuangan ialah mencatat pengeluaran dan pemasukan secara konsisten. Selain itu, hal ini akan membantu kamu melakukan evaluasi khususnya di bagian pengeluaran. Kamu harus kritis melihat pengeluaran terbesar dan yang tidak penting. Evaluasi keuangan akan menjadi dasar untuk membawa perubahan mengelola keuangan ke tahap yang lebih.

Baca: Fitur neuBudget untuk Membantu Pencatatan Keuangan Kamu!

Menabung

Kamu pasti tahu bahwa menabung itu penting dan wajib dilakukan. Sisihkan uang bulanan yang untuk ditabung minimal 10% dari pemasukan. Menabung dengan konsisten berguna untuk memenuhi kebutuhaan saat kondisi keuangan mulai menipis atau sebagai dana darurat. Dana darurat penting karena ada kemungkinan keadaan yang membuat kamu harus melakukan pelunasan secara langsung dan tidak ada tenggang waktu.

Disiplin

Selalu ingat untuk membangun hidup hemat saat di perantauan. Hal terpenting namun kadang terlupakan ialah mulai biasakan bertanya pada diri sendiri, apakah barang-barang atau kebutuhan tersebut memang sangat dibutuhkan? Sikap tersebut perlu diterapkan demi menekan pengeluaran yang berlebihan.

Cuci dan Masak Sendiri

Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang sebenarnya masih bisa kamu lakukan sendiri termasuk mencuci dan memasak. Kamu bisa lebih hemat dengan membeli bahan masakan sendiri dari pada membeli makanan dari luar. Dijamin kamu bisa lebih hemat dari sisi pengeluaran dan tentunya makanan yang kamu konsumsi lebih terjamin. Namun sebagai kebutuhan pokok, jangan sampai kamu kekurangan asupan makanan ya.

Mungkin sekarang banyak orang yang berpikir bahwa menitipkan pakaian di laundry jadi solusi terbaik dalam menghemat tenaga dan waktu. Padahal kamu cukup menyisihkan waktu maksimal 1 sampai 2 jam tiap minggunya untuk mencuci dan menggosok pakaian. Tentu cara tersebut bisa membuat kamu mengalokasikan pengeluaran makan dan mencuci sebagai tabungan atau menggunakannya untuk kebutuhan lain.

Manfaatkan Promosi

Kamu pasti tahu bahwa di zaman sekarang banyak penawaran promosi penjualan voucher dan potongan harga. Kamu cukup melihat penawaran-penawaran di internet dan segera pilihan promosi yang sesuai budget. Tentu hal tersebut menarik perhatian karena dengan adanya promosi akan menghemat keuangan. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung atau kebutuhan penting lainnya, bukan? Perlu dingat, jangan tergiur dengan promo atau diskon yang bukan benar-benar dibutuhkan. 

Baca: Quarter Life Crisis? Tenang, Kamu Tidak Sendiri

Nah, sudah tahu lebih banyak mengenai cara mengelola keuangan, kan? Hindari pemborosan terhadap kebutuhan yang berlebih atau tidak prioritas, mulai sekarang bijak dalam mengelola keuangan demi masa depan keuangan yang lebih baik. 

Di awal mungkin kamu akan terasa sulit namun jika dilakukan dengan sepenuh hati pasti akan berhasil.

Selamat mencoba!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Neu adalah aplikasi transfer gratis dan budgeting yang memudahkan kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari.

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *