• Share

9 Cara Jitu Mengelola Keuangan

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 04, 2021 03:22 am
  • Readed
    16 Views
Mengelola Keuangan Jadi Mudah dengan 9 Cara Jitu Berikut!

Hello neupeeps!

Penghasilan sebanyak apapun tidak akan menjamin kesejahteraan hidup jika kamu tidak mahir dalam mengatur dan mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Kamu tentu akan dihadapkan dengan masalah finansial minimal keuangan yang tidak sehat.

Hal itu kemungkinan terjadi ketika kamu tidak sadar dan mulai mengelola keuangan. Yuk, cepat tanggap dalam mengelola keuangan untuk kehidupan finansialmu.

Ingin mulai mengelola keuangan dengan baik? Berikut ini 9 cara jitu yang bisa bantu kamu untuk mengelola keuangan.

Catat Seluruh Keuangan

Kamu bisa mulai dengan mencatat keuangan. Langkah awal ini jadi dasar sehingga kamu perlu melakukan dengan disiplin. Dengan mencatat keseluruhan pendapatan dan pengeluaran maka akan mudah untuk melacaknya dikemudian hari.

Jangan salah, mencatat keuangan mungkin sebagai suatu hal yang mudah dan cepat. Mencatat perlu konsentrasi karena akan mengarahkan kamu mencapai tujuan dalam keuangan. Mencatat bukan sekadar untuk mengitung setiap pemasukan dan pengeluaran tapi mensiasati keduanya seimbang. Oleh sebab itu dibutuhkan upaya maksimal supaya tidak menjadi besar pasak daripada tiang.

Baca: Catatan Keuangan Untuk Keluarga

Kelola Gaji

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengelola gaji. Salah satunya dengan sistem 50-20-30. Binggung dengan sistem ini? Ketika kamu  menerapkan sistem ini, itu artinya gaji 50% dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk investasi, dan 30% bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Sistem ini satu dari sekian banyak pilihan. Pilih sistem mengelola gaji dengan menyesuaikan kemampuanmu.

Buat Jangka Waktu Pengeluaran

Mengelola keuangan perlu menerapkan jangka waktu. Kamu bisa buat rincian dari catatan seluruh keuangan yang sebelumnya sudah dibuat. Buat berdasarkan pos-pos kebutuhan. Pilih jangka waktu pendek meliputi harian, mingguan, dan bulanan atau jangka waktu panjang meliputi 6 bulan, tahunan, dan sebagainya.

Investasi

Investasi  tidak mengenal usia, golongan maupaun status. Kamu harus mengoptimalkan pendapatan untuk sesuatu yang bermanfaat. Selain menabung, investasi bisa membuat kamu memiliki penghasilan yang nilainya terus bertambah. Jika kamu tekun dalam berinvestasi maka akan menuai hasilnya dikemudian hari.

Baca: Cermati Hal Ini Sebelum Investasi

Manfaatkan Asuransi

Ketika hidup, asuransi jadi hal penting. Asuransi akan bantu kamu bukan sekadar untuk menjamin kesehatan saja namun juga manfaat untuk menabung. Ada asuransi yang memiliki sistem seperti deposito. Kamu punya beban premi yang harus dibayar jika dikemudian hari sampai masa akhir premi kamu tidak mencairkan (klaim) maka jumlah dana bisa dicairkan. Yuk, cermat memilih jenis asuransi yang menguntungkan.

Batasi Pemakaian Kartu Kredit

Siapa yang tidak tertarik dengan penggunaan dan penawaran dari kartu kredit? Kamu harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakan kartu kredit, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Jika kamu ingin mengelola keuangan maka batasi penggunakan kartu kreditmu. Gunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang benar-benar primer atau darurat.

Jangan Berutang

Kamu pasti tahu utang identik dengan bunga. Bunga utang akan merugikan kamu. Jika kamu memiliki utang maka sulit untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Mulai sekarang, hindari berutang untuk kondisi keuangan tetap sehat.

Baca: 6 Langkah Memulai Minimalist Budget untuk Menghindari The Debt Cycle

Hindari Belanja Berlebihan

Jika kamu ingin mengelola keuangan dengan baik maka coba untuk mengontol diri terhadap kebiasaan berbelanja. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan karena jika berfokus pada keinginan, kamu akan boros atau tidak terkendali.

Punya Rencana Keuangan

Tidak ada rumus pasti untuk membuat perencanaan keuangan yang baik dan berhasil. Kamu harus belajar untuk menyusun rencana keuangan dengan menentukan target. Jika sudah bisa menentukan rencana keuangan maka secara otomatis membantu kamu dalam mengelola keuangan yang semakin baik dari hari  ke hari. Enggak percaya? Buktiin deh.

Sekalipun kamu memiliki penghasilan yang cukup, itu tidak menjamin kamu sehat secara finansial. Tidak jarang kebutuhan lebih besar dari pendapatan. Itu sebabnya, kamu harus bisa mengatur dan mengelola keuangan dengan baik.

Ikuti cara-cara jitu di atas, semoga bisa bantu kehidupan finansialmu semakin lebih baik lagi. Kamu harus memulai sebelum terlambat, selagi masih ada waktu yuk!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *