• Share

Alasan Kenapa Harus Punya Pekerjaan Sampingan!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 19, 2021 05:09 am
  • Readed
    134 Views
Pekerjaan Sampingan dan Alasan Kenapa Harus Memilikinya

Hello, neupeeps!

Tau nggak sih kesalahan yang hampir dilakukan semua orang? Yup, hanya menggantungkan penghasilan untuk membiayai kebutuhan hidup dari satu sumber aja. Perlu diingat nih, neupeeps, meskipun pekerjaan kamu yang saat ini sudah tergolong punya nominal gaji yang mapan, bukan berarti kamu menggantungkan hidup kamu hanya dari satu pekerjaan itu aja.

Nggak ada yang bisa jamin apa yang akan terjadi di masa depan, apalagi di masa-masa pandemi kayak gini yang kita nggak tahu kapan selesainya dan sudah banyak banget dari teman-teman di sekitar kita yang ngerasain dampaknya karena harus hilang pekerjaan entah akibat diberhentiin secara mendadak atau alasan lainnya. Jadi, akan lebih baik jika neupeeps jaga-jaga untuk cari pekerjaan sampingan atau bahasa kerennya side hustling dari sekarang.

Berikut ini ada beberapa alasan kuat kenapa kamu harus punya pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama yang kini kamu tekuni saat ini, cekidot~

Diversifikasi Penghasilan

Kalau kamu punya pekerjaan sampingan artinya kamu juga akan memperoleh yang namanya penghasilan ekstra, neupeeps. Bahkan di beberapa kasus, ada yang penghasilan dari pekerjaan sampingannya justru lebih besar daripada gaji setiap bulan dari pekerjaan utama loh. 

Dengan kamu punya pekerjaan sampingan, kamu akan meminimalkan risiko yang terjadi semisal kamu kehilangan pekerjaan utama, neupeeps. Seenggaknya pekerjaan sampingan ini akan membantu kamu untuk tetap bisa bertahan karena ada penghasilan dari sumber lain yang menopang kehidupan kamu.

Baca: FOMO Syndrome: Jebakan Maut Buat Keuangan Milenial

Networking!

Memiliki pekerjaan sampingan akan memperluas social circle kamu karena pasti kamu akan berinteraksi dan berkenalan dengan orang-orang baru, neupeeps. Dengan berinteraksi bersama orang-orang baru tentunya membuat hidup kamu menjadi lebih balanced soalnya obrolan yang kamu lakukan bersama mereka akan terasa lebih vibrant dari bahan diskusi yang kamu lakukan bersama teman-teman kamu biasanya.

Kalau kamu bisa ngejalin networking dengan baik bersama orang-orang baru ini, siapa tau kamu ditawarin untuk kerja bareng? Atau siapa tau kamu direkrut ke perusahaan tempat dia kerja? Pokoknya, networking ini penting banget karena akan bantu kamu ketemu peluang baru! 

Baca: Hati-Hati, Beberapa Tipe Teman Toxic Financial Perlu Kamu Waspadai!

Sumber Dana Pensiun

Meskipun kamu masih di usia produktif, nggak ada salahnya loh untuk mulai ngumpulin dana pensiun dari sekarang. Siapa sih yang nggak mau hidup dengan nyaman tanpa rasa khawatir di masa tua nanti? Nah, kalau semisal gaji utama kamu sudah cukup buat memenuhi segala kebutuhan kamu, berarti penghasilan dari pekerjaan sampingan ini bisa kamu alokasikan buat dana pensiun kamu, neupeeps! Pastiin alokasi dana pensiun ini kamu pisahin di rekening yang berbeda ya supaya nggak akan kena efek samping pas kamu lagi impulsif dan laper mata, neupeeps~

Baca: Financial Independence, Retire Early!

Penyaluran Passion

Banyak orang selalu bilang untuk pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion, namun sayangnya semua orang nggak punya privilege dan keberuntungan yang sama untuk memilih pekerjaan yang sejalan dengan passion yang mereka sukai. Makanya, terkadang di beberapa kasus ditemukan orang-orang yang meskipun sudah punya gaji dengan nominal lebih dari cukup tapi terlihat lack of happiness karena nggak bisa melakukan apa yang benar-benar mereka sukai. 

Oleh karenanya, pekerjaan atau bisnis sampingan ini bisa dijadikan platform untuk menyalurkan passion kamu supaya hidup kamu menjadi lebih lively dan nggak monoton itu-itu aja dari segala pressure dan workload yang muncul di pekerjaan utama.

Biasanya pekerjaan sampingan ini bisa berasa dari hobi loh, misalnya kamu hobi belanja terus kamu pilih jadi jastip atau kamu suka masak lalu mutusin buat bikin bisnis rice box. Siapa sih yang nggak happy kalau bisa melakukan hal yang disuka tapi di satu sisi juga dapat cuan?

Baca: Punya Hobi Mahal? No Problem, Ini Cara Atur Keuangannya!

Nah. Jadi, sampai sini neupeeps sudah kepikiran belum mau punya pekerjaan sampingan apa? Cara mudahnya bisa dimulai dengan menekuni hobi atau melakukan hal yang memang sudah jadi keahlian kamu.

Good luck, neupeeps!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *