• Share

Anti Bergantung pada Gaji, Lewat 3 Level Finansial Ini

  • Author
    Umar
  • Posted on
    May 29, 2020 09:26 am
  • Readed
    134 Views
It's time to level up your financial journey!

Di tengah kesibukan kita dalam bekerja, pernah nggak kamu mikir gini :

“Apa yang akan terjadi kalau gue hari ini kehilangan pekerjaan?”

“Apakah gue masih memiliki penghasilan untuk menutupi biaya hidup dasar gue (bayar kosan/kontrakan, makan, listrik, gas, dan air)?” 

“Apakah gue punya penghasilan yang cukup untuk mendanai gaya hidup sekarang tanpa batas?” 

And yes, kata kunci yang diperhatikan adalah penghasilan, bukan tabungan. Tabungan akan habis cepat atau lambat, tapi penghasilan tambahan atau Passive Income akan bertahan untuk kamu selamanya. Penghasilan yang kamu terima dari pekerjaan kamu adalah Active Income

Untuk mencapai Financial Independence dan Financial Freedom, kamu akan membutuhkan penghasilan yang pasif, the kind of money you make while you sleep.

Baca: Anti THR Ambyar Ambyar CLUB

Level 1: Financial Security

Kalau kamu kehilangan atau keluar dari pekerjaan hari ini tapi masih punya passive income atau dana darurat, itu akan cukup untuk menutup biaya hidup dasar (makan, tempat tinggal, dan pakaian).

Level 2: Financial Independent

Mempunyai passive income yang cukup buat menutupi gaya hidup saat ini, termasuk pengeluaran lainnya seperti beli kopi Starbucks tiap pagi, Spotify and Netflix subscription, travelling beberapa kali dalam setahun. Ketika kamu menjadi financial independent, kamu bisa pensiun dini hari ini juga untuk hidup dengan lifestyle kamu sekarang tanpa perlu kerja seumur hidup. 

Baca: Mau Independen secara Finansial? Kurangi Hura-Hura 5 Hal Ini

Level 3: Financial Freedom

Nah, ini level berikutnya, di mana kamu gak cuma bisa menjalani gaya hidup kamu sekarang, but live life the way you want to without worrying about where the money is coming from. Misalnya, travelling selalu first class, ganti HP setiap tahun, makan fine dining sebulan sekali dan seterusnya. 

Ketika keuanganmu memungkinkan kamu untuk pergi ke mana aja, melakukan apa pun yang kamu mau, dan tanpa harus kerja atau khawatir tentang keuanganmu, itu tandanya kamu telah mencapai true financial freedom.

Jalan menuju financial security

Semua orang akan melewati awal yang berbeda-beda tetapi tujuan akhir dan milestone yang akan dicapai selalu sama. 

Awal yang bagus untuk memulai adalah dengan menghitung pengeluaran kamu saat ini. Cek rekening dan tagihan kamu, dan kumpulin barang-barang yang berhubungan dengan biaya hidup dasar (makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kebutuhan dasar lainnya). Terus, hitung jumlah rata-rata yang kamu keluarin untuk barang-barang ini per bulan.

That is your financial security number, angka yang dibutuhkan untuk kehidupan dasar. 

Baca: 6 Dosa Finansial yang Harus Kamu Hindari

Financial Security number kamu akan berbeda dengan orang lain. Angka ini juga sering disebut sebagai dana darurat. Biasanya dana darurat mengalikan Financial Security number dengan jangka waktu tertentu, misalnya 6 bulan, berarti tanpa passive income kamu bisa hidup selama 6 bulan tanpa bekerja. Tujuannya hanya untuk buffer atau menunda sampai kamu dapat pekerjaan berikutnya. 

Setelah kamu mempunyai dana darurat, tanpa perubahan gaya hidup yang drastis, kamu bisa mulai dengan mencari passive income yang menutupi pengeluaran biaya hidup dasar kamu. Saat itulah kamu benar-benar memiliki financial security

Memang kelihatannya jalan menuju financial freedom bisa terlihat panjang di pandanganmu sekarang. Tetapi, dengan determinasi dan konsistensi, kamu pasti akan mencapainya. 

Stay tuned untuk pembahasan jalan menuju financial freedom.

Jangan lupa ya untuk download aplikasi neu di Google Play Store demi memudahkan transaksi keuangan kalian setiap bulannya! Ada cashback sampai 5x loh dalam 1 bulan!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *