• Share

Anti THR Ambyar Ambyar CLUB

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 15, 2020 07:59 am
  • Readed
    128 Views
I don't think bonuses are always bad.

Heiii!

Ga berasa ya sudah lebaran lagi aja nih. Walaupun lebaran tahun ini sangat berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, semoga semangat kemenangan dan sucinya bulan ramadhan tetap melekat dalam diri kita ya.

Ngomongin ramadhan, maka akan sangat identik dengan THR. Some of us, sudah ada yang terima THR nih, walaupun mungkin ada yang masih dan ada juga ya malah tidak menerima THR sama sekali tahun ini. Yang tidak menerima, ayo tetap tata semangat dan jadikan momen ini untuk bangkit ya.

Speaking of THR, seperti yang sudah sering banget kita bahas bareng ketika menerima pendapatan ekstra bukan artinya kita bisa ngabisin ekstra ya. Jangan salah sangka juga tapi, bukan artinya nggak boleh dipakai sama sekali. Jadi gimana dong menyikapi THR?

Supaya lebih praktikal, yuk simak THR Checklist yang udah disiapin khusus untuk kamu supaya THR kamu ngga ambyar.

Baca: Mau Independen secara Finansial? Kurangi Hura-Hura 5 Hal Ini

Ngide Pake List

Misalnya, untuk lebaran ini kamu perlu sajadah baru karena yang biasa kamu pake sudah rusak. Lalu, kamu juga mau berbagi amal, terus mau kirim-kirim hampers ke teman-teman dan juga tetep kirim THR ke orang tua via transfer bank digital.

Whatever you want, just list it.

Yang barusan hanyalah contoh dan perkiraan. Buat listing lebaran versi kamu, dan cek secara konsep yang ingin kamu lakukan. Inget, apapun ide yang terlintas, siapapun yang ingin kamu share, just list it.

Budget yang Spesifik, Not Overall

Nominal THR yang diterima setiap orang beda-beda, tergantung perusahaan dan lama kerja. Berapapun yang kamu dapat tahun ini, pasti nominalnya ngga unlimited kan. Makanya cara penggunaannya pun harus mindful.

Dari list yang kamu buat tadi, lanjutkan dengan dianggarkan. Buatlah anggaran per orang. Yup, people are assigned RP amounts. Anggaran per orang bukan artinya kalian pelit atau nggak sayang mereka.

You can put a price tag on love, and they who love you too will understand it not about the price.

Uuuuuu~

Nah bagi kamu yang masih bingung dalam membuat budget, mungkin boleh coba menggunakan template Personal Budgeting yang sudah kita buat loh.

Melek Mata

Momen #dirumahaja ini, bisa digunakan untuk punya mata yang lebih melek lagi hahaha.

Maksudnya, lakukan perbandingan. Misalnya, cek setiap portal e-commerce kalau kamu belanja untuk orang tersayang. Apapun itu, misalnya Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada, Blibli, belanja di online shop Instagram.

Bandingin produk sejenis, di berbagai platform tersebut. Temukan harga final termurah untuk barang yang kamu incar. Karena promonya emang banyak banget, mulai dari diskon, gratis ongkir, cashback dan yang lainnya. Apapun itu, bandingkan dan pilih yang termurah.

Baca: 6 Dosa Finansial yang Harus Kamu Hindari

Nah itu dia 3 THR Checklist yang bisa kamu praktekkan supaya tetap mindful spending.

Lagi lagi, bukan nggak boleh belanja yang penting disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan. Punya uang lebih, jangan gatel pengen di abisin ya.

Mau beli PO Opor boleh, mau PO kue kering juga boleh tapi jangan sampai kebablasan. Ingat, tetap atur tabungan , selalu siaga emergency fund, atur keuangan biar masa depan jadi aman

Lastly, tetep jaga kesehatan ya teman-teman. Prioritas utama yang harus kita jaga untuk diri sendiri 🙂

Jangan lupa juga untuk download aplikasi neu di Google Play Store ya!

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *