Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

  • Author
    Putra
  • Posted on
    Aug 14, 2020 09:13 am
  • Readed
    85 Views
“Never invest in a business you cannot understand.”

Untuk mencapai financial goals anda, pasti investasi menjadi salah satu cara untuk mencapainya. Apalagi, di zaman sekarang, akses dan produk investasi semakin banyak dan berpartisipasi sangat mudah.Dalam genggaman, kita bisa membeli produk investasi seperti emas, reksa dana, saham, obligasi, deposito dan asuransi.

Tetapi bagi umat islam, kehalalan dalam berinvestasi sering menjadi pertanyaan. Karena banyak produk atau metode investasi yang menjanjikan untung yang sangat besar tetapi tidak dilakukan sesuai dengan prinsip islam. 

Untungnya, sekarang semakin banyak pilihan investasi berbasis syariah seperti investasi emas, deposito syariah, obligasi syariah, saham syariah dan reksa dana syariah yang sudah di berikan sertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga, produk yang bersetifikasi MUI, mengikuti prinsip islam dan kita tidak perlu lagi khawatir selama sudah mendapatkan sertifikasi MUI.

Baca: Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional? 

“Memang apa bedanya sih produk syariah sama yang bukan?”

Ciri-Ciri Produk Investasi Syariah 

  1. Produk Halal.
  2. Halal dalam perolehannya.
  3. Halal untuk digunakan. 
  4. Tidak mengandung unsur Riba, Gharar (ketidakpastian), dan Maysir (spekulasi).

Apa Keuntungannya Investasi Berbasis Syariah? 

Keuntungan investasi syariah lebih dari sekedar jaminan kehalalannya. Apa saja keuntungan investasi syariah? Berikut kelebihan investasi syariah: 

Lebih Meyakinkan Keamanan Investasi

Sesuai dengan prinsip syariah, semua produk investasi syariah harus tidak mengandung unsur Gharar atau ketidakpastian sebuah produk. Semua informasi harus dijelaskan dengan lengkap terhadap pembeli produk investasi tersebut. 

Kemudian, produk investasi syariah tidak mengandung unsur Maysir, atau spekulasi yang bisa memainkan harga dan fee yang tidak diberitahukan di awal. Jadi, tidak ada pihak yang merugi dan pihak yang untung. Dua belah pihak akan merasakannya bersama-sama. 

Mempunyai Impact Sosial 

Investasi yang berbasis syariah memiliki keunikan ketentuan dimana project, perusahaan maupun produk yang diinvestasikan dapat membantu masyarakat besar. Contohnya, investasi yang memberikan peluang pekerjaan yang besar untuk semua dan menurunkan tingkat pengangguran.

Baca: 5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Bagaimana? Apakah anda sudah lebih yakin untuk berinvestasi guna mencapai financial goal dengan kepastian bahwa keuangan kita di kelola dengan metode syariah?

Jika sudah, jangan ragu untuk melakukannya segera ya!

Unduh juga file Personal Budgeting neu agar kamu dapat mengatur keuangan baik itu pemasukan, atau pengeluaran bulanan yang dimiliki setiap bulannya. Download di sini.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *