• Share

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

  • Author
    Putra
  • Posted on
    Aug 14, 2020 09:13 am
  • Readed
    344 Views

Investasi merupakan salah satu langkah untuk mencapai financial goals yang sudah kamu rancang. Mulai dari investasi saham, obligasi, emas, reksa dana, asuransi, dan deposito. Semuanya bisa kamu lakukan dengan sangat mudah di zaman serba canggih ini.

Jika orang Islam ingin berinvestasi, tentu sebaiknya memilih yang halal dan sesuai dengan prinsip Islam. Tidak semua investasi memiliki prinsip Islam, banyak yang mementingkan keuntungan yang sangat besar tanpa memperhatikan prinsip tersebut. Nggak perlu bingung karena banyak investasi syariah yang bisa dipilih.

Baik itu investasi saham syariah, obligasi syariah, sampai reksadana syariah. Pilihan investasi syariah tersebut sudah mendapatkan sertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di mana kita tidak perlu lagi khawatir akan kehalalannya.

Perbedaan investasi syariah dengan yang bukan syariah bisa dilihat dari segi:

  • Produk investasinya harus halal.
  • Untuk mendapatkan investasi tersebut juga harus halal.
  • Penggunaan investasi syariah halal.
  • Tidak memiliki unsur riba, gharar (ketidakpastian), dan maysir (spekulasi).

Baca: Pahami 4 Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Selain terjamin kehalalannya, investasi syariah juga memiliki kelebihan lain yang bisa kamu pahami.

Keamanan Investasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa investasi syariah harus tidak mengandung gharar dan maysir. Investasi syariah akan menghindarkan kita dari sebuah produk yang mengandung ketidakpastian informasi. Pembeli produk investasi harus mendapatkan informasi yang jelas.

Begitu pula dengan maysir atau spekulasi dalam investasi syariah. Dengan memilih investasi syariah, pembeli produk investasi akan terhindar dari permainan harga dan fee yang tidak diberitahukan di awal. Kedua pihak akan merasakan keuntungan bersama dan terhindar dari salah satu pihak mendapatkan untung sedangkan pihak lain merugi.

Impact Sosial

Investasi memang bisa menguntungkan diri sendiri, tapi di investasi syariah kita juga bisa membantu orang lain. Impact sosial yang dimaksud dalam investasi syariah adalah project, perusahaan atau produk yang bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Seperti misalnya, produk investasi yang bisa memberikan lapangan pekerjaan sehingga bisa memperkecil angka pengangguran.

Baca: Hijrah Secara Finansial? Siapa Takut! Ini 5 Langkahnya!

Dengan menggunakan produk investasi syariah, maka financial goals bisa tercapai dan perasaan tidak akan terbebani karena pertanyaan apakah produk investasi tersebut halal atau tidak. Apakah kamu sudah siap untuk berinvestasi berbasis syariah?

Mengatur keuangan agar bisa berinvestasi bisa dibantu dengan mengunduh file Personal Budgeting neu di sini.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *