• Share

Apakah Kamu Termasuk Kategori Pribadi Konsumtif? Kenali Ciri-Cirinya, Yuk!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 06, 2021 07:25 am
  • Readed
    8 Views
Ciri Pribadi Konsumtif

Hello, neupeeps!

Nyadar nggak sih kalau era yang semakin modern itu menjadi salah satu faktor yang mendorong perubahan gaya hidup masyarakat agar bisa mengikuti tuntutan zaman? Nah, nggak jarang juga perubahan hidup yang semakin modern ini justru memunculkan gaya hidup yang konsumtif, loh.

Untuk sebagian besar orang, gaya hidup konsumtif bisa memberi kepuasan, kebahagiaan, dan kenikmatan tersendiri meskipun sifatnya hanya sementara. Namun tanpa disadari, hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan keuanganmu jika nggak segera diatasi.

Hmm, kamu sendiri termasuk pribadi yang konsumtif nggak nih, neupeeps?

Supaya tau jawabannya, mari simak tanda-tanda dari perilaku konsumtif tersebut dari tulisan yang sudah neu rangkum, yuk. Check it out, neupeeps!

Baca: Work Hard, Play Hard: Taktik Jitu Agar Tetap Bijak dalam Pengeluaran

Rasa Gengsi Selangit

Yup, gengsi yang selangit adalah salah satu penyebab utama gaya hidup konsumtif! Karena terlalu mikirin gengsi, bukan hal yang mengherankan kalau mereka akan memaksakan diri untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya sulaya terlihat istimewa dan kaya di mata orang lain, khususnya dalam segi finansial.

Selalu Mengikuti Tren

Loh, emangnya salah kalau ngikutin tren yang lagi hype? Tentu saja bukan masalah asalkan nggak berlebihan, neupeeps. Mereka yang biasanya ngikutin tren sampai berlebihan itu hanya akan menumbuhkan perilaku konsumtif. Nggak percaya? Coba deh perhatikan, orang yang konsumtif itu biasanya kalau melihat barang yang lagi tren pasti langsung dibeli tanpa berpikir panjang. Misalnya, sedang tren gadget tertentu, biasanya mereka langsung ganti dengan gadget terbaru padahal gadget yang lama masih berfungsi dengan baik. 

Hidup Bermewahan Kelewat Batas 

Nah, ini juga salah satu gaya hidup konsumtif, neupeeps. Nggak ada salahnya untuk beli barang mewah jika kamu mampu, tapi pastikan membeli barang-barang tersebut memang karena kamu butuh—bukan karena kamu ingin dikagumi bahkan dipuji orang lain atas kepemilikan barang-barang mewah.

Baca: Hidup Boros? Waspada Terkena Sindrom Hedonic Treadmill!

Tips Supaya Nggak Terjebak dalam Gaya Hidup Konsumtif

Nah, setelah kita tahu ciri-ciri perilaku konsumtif, yuk refleksikan sejenak, apakah kamu termasuk dalam kategori perilaku konsumtif? Atau selama ini kamu terjebak tapi nggak sadar sama sekali?

Jangan khawatir, perilaku konsumtif bisa sembuh kok asal ada kemauan dan komitmen dari diri sendiri. Simak tips berikut ya, neupeeps!

Buat Prioritas dan Alokasi Anggaran

Langkah awalnya, tulis prioritas kebutuhanmu dan tanamkan dalam hati serta pikiran sebagai reminder setiap kamu mulai berselancar di marketplace. Nah, reminder ini dimaksudkan sebagai pengontrol diri ketika hasrat untuk membeli sesuatu di luar kebutuhan muncul. Jangan lupa juga untuk membuat alokasi anggaran untuk setiap pengeluaran yang hendak kamu belanjakan supaya uang yang kamu keluarkan nggak terbuang sia-sia!

Lunasi Hutang

Apabila kamu sudah terlanjur terjebak dalam perhutangan yang rumit, selesaikan dulu kewajibanmu yang satu ini. Prioritaskan untuk segera menyelesaikan hutang ini supaya nggak mengganggu kehidupan perekonomian kamu di masa datang.

Bangun Dana Darurat dan Mulai Berinvestasi

Sebelum berinvestasi, lebih baik siapkan anggaran untuk dana darurat terlebih dahulu. Jadi daripada uangmu habis untuk memenuhi budget gaya hidup, tentunya akan lebih bijak jika alokasi tersebut kamu pindahkan untuk menabung dana darurat dan investasi. Sedetail apapun perencanaan keuangan yang sudah kamu buat, pasti akan selalu muncul hal-hal yang nggak terduga. Nah kalau udah punya dana darurat, baru deh kamu bisa fokus ke investasi!

Baca: Dana Darurat: Lebih Baik Disimpan Dimana?

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tidak terjebak dalam gaya hidup yang konsumtif, neupeeps. Kamu harus pintar-pintar menjaga diri agar tidak terkena gaya hidup seperti itu. Untuk menjaga, cukup gunakan aplikasi neu dengan fitur neuBudget agar kamu bisa terus mencatat keuangan yang kamu miliki secara rapi sehingga tidak ada lagi uang yang habis untuk hal yang tak diperlukan!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *