Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Perihal mengatur keuangan dalam keluarga biasanya diserahkan kepada ibu. Tak heran kalau biasanya ibu dijuluki juga sebagai menteri keuangan. Dengan berapa pun uang yang diterima, baik dari suami atau penghasilannya sendiri, ibu akan mengatur hingga segala kebutuhan bisa terpenuhi. Nah, sering kali ibu memiliki sebuah buku di mana di dalamnya terdapat catatan uang masuk dan keluar. Sekarang, dengan teknologi yang ada sepertinya ibu mesti beralih ke aplikasi pengatur keuangan.

Seperti namanya, aplikasi pengatur keuangan memiliki fungsi untuk memudahkan penggunanya dalam mengatur kebutuhan finansialnya. Karena bentuknya aplikasi, makin praktis karena tak perlu lagi mencatat secara manual. Biasanya, dalam aplikasi ini juga diintegrasikan dengan dompet digital atau uang elektronik. Tentu ini akan makin mempermudah dalam hal pencatatan. Sekali transaksi langsung bisa tercatat dan tersimpan dengan baik. Nah, sudahkah kamu menemukan aplikasi pengatur keuangan yang tepat?

Aplikasi Pengatur Keuangan dengan Fitur Lengkap

Dalam memilih aplikasi pengatur keuangan, tentu kamu mesti mencari tahu terlebih dahulu tentang fitur yang ada di dalamnya. Sebab fitur-fitur inilah yang nantinya akan membantumu mempermudah dalam mencatat, menyimpan hingga mengolah transaksi yang kamu lakukan. Nah, kamu sudah kenal dong dengan neu, aplikasi dengan fitur yang cakep banget untuk mengatur keuanganmu? Kenal lebih yuk dengan fitur-fiturnya.

neuBudget, fitur andalan aplikasi pengatur keuangan neu

Ingin melacak pengeluaran dan pengaturan uang yang kamu lakukan selama periode tertentu? neuBudget bisa melakukannya dengan mengambil data dari notifikasi yang dikirimkan oleh aplikasi e-wallet yang kamu punya. Tak perlu lagi deh repot simpan struk dan catat manual. Untuk bisa menggunakan fitur ini pastikan kamu sudah mengaktifkan persetujuan untuk pengiriman notifikasi dari e-wallet yang kamu miliki.

neuTransfer, untuk bebas transfer antar bank tanpa biaya

Butuh transfer cicilan KPR, tagihan listrik atau bayar gaji karyawan? Pakai neuTransfer saja. Ini adalah layanan transfer antar bank di Indonesia yang dapat kamu lakukan tanpa biaya. Wah, tak perlu pusing lagi dong karena terpotong biaya transfer antar bank. Tapi terpercaya tidak ya? Tenang, neuTransfer bekerja sama dengan PT Inklusi Keuangan Nusantara yang sudah memiliki lisensi Transfer Dana dari Bank Indonesia dengan nomor izin 21/253/Bd/8 yang dikeluarkan pada 14 Agustus 2019.

neuBill, fitur yang memudahkan untuk segala pembayaran

Tagihan bulanan atau penting lainnya jangan sampai kelupaan dibayar ya. Pakai neuBill untuk bayar tagihan atau beli voucher produk digital. Hanya dengan aplikasi neu dan isi saldo neu saat kamu akan melakukan transaksi. Bisa bayar apa saja sih? Kamu bisa top-up token PLN, pulsa atau data internet dan e-wallet. Selain itu, kamu juga bisa bayar tagihan PDAM, PLN, BPJS Kesehatan, internet dan tv berlangganan.

Tips Mengatur Keuangan yang Ampuh

Kemampuan mengatur keuangan mesti dimiliki oleh anak muda sampai ibu rumah tangga, single atau menikah bahkan generasi sandwich. Sebab dengan begitu, kebutuhan hingga tanggungan lainnya dapat terpenuhi dengan baik. Bahkan akan lebih baik lagi jika bisa memiliki dana untuk ditabung atau investasi. Oleh karena itu, kamu bisa mengandalkan neu untuk mempermudah pengaturan keuanganmu. Selain itu, kamu juga perlu tahu tips-tips dalam mengatur keuangan seperti:

  • Selalu tentukan prioritas. Kebutuhan utama, tagihan, hutang dan hal-hal yang prioritas sebaiknya diselesaikan di awal. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan dana lain setelahnya.
  • Buat rata-rata pengeluaran. Biasanya, pengeluaran setiap bulan bisa berbeda-beda tapi kamu bisa membuat jumlah rata-ratanya. Salah satu caranya adalah dengan melihat pengeluaran selama periode beberapa bulan, tiga atau enam misalnya. Lalu ambil nilai tengah atau rata-ratanya.
  • Anggarkan dana darurat. Punya dana darurat itu penting sekali sebab keadaan genting mungkin datang tanpa peringatan. Nah, sebisa mungkin buat anggaran dana darurat. Besarannya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan.
  • Siapkan dana tabungan atau investasi. Jika memungkinkan, kamu boleh loh menabung atau berinvestasi. Namun pastikan dana yang digunakan adalah uang dingin, bukan dari pos sehari-hari.
  • Melakukan evaluasi keuangan. Setiap bulan kamu perlu mengevaluasi keuanganmu dengan menengok transaksi-transaksi yang kamu lakukan di aplikasi pengatur keuangan neu. Dengan evaluasi, kamu bisa tentukan langkah apa yang sebaiknya diambil di bulan berikutnya yang tentunya aman untuk finansialmu.