• Share

Ayo Cari Tahu 4 Tipe Orang Berdasarkan Cara Mengelola Keuangan

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 29, 2021 07:15 am
  • Readed
    83 Views
4 Tipe Orang dalam Mengelola Keuangan

Hello, neupeeps!

Pengetahuan dalam mengelola keuangan adalah hal penting yang wajib diketahui semua orang. Jika keuangan dapat terkelola dengan baik, maka kamu bisa mencapai yang namanya financial freedom dan nggak perlu lagi pusing mikirin cuan di masa yang akan datang.

Tapi neupeeps tau nggak sih kalo sebenarnya kepribadian seseorang itu berbanding lurus dengan bagaimana mereka kelola keuangannya masing-masing?

Menurut salah satu financial expert dari Amerika bernama Ray Linder, setidaknya terdapat 16 jenis kepribadian finansial yang kemudian dirangkum secara singkat menjadi 4 kelompok. 4 kelompok ini masing-masing mencerminkan tentang bagaimana cara seseorang dalam menyikapi serta mengatur finansialnya.

Kira-kira 4 kelompok itu ada apa, ya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya, neupeeps!

The Planner

Orang-orang yang masuk ke dalam tipe planner ini bisa dicirikan sebagai orang yang punya kepribadian detail-oriented dan cermat, neupeeps. Sifatnya yang cermat bikin dia amat visioner terutama dalam perencanaan masa depan. Makanya nggak heran orang-orang yang masuk ke dalam tipe ini adalah mereka yang sudah tau apa saja yang mereka inginkan di masa depan dan gimana caranya supaya goals-goals tersebut terealisasi.

Orang-orang bertipe planner ini mampu mengatur keuangan pribadinya supaya segala kebutuhan di masa yang akan datang Mereka juga sangat jeli dan disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran, bahkan saat berinvestasi pun mereka pasti akan terus memantau perkembangan produk investasi yang tengah dijalankan.

Baca: 9 Cara Jitu Mengelola Keuangan

The Player

Nah, kalo menurut Ray Linder, tipe-tipe player adalah mereka yang punya sifat kompulsif. Seperti namanya, tipe-tipe player ini punya kepribadian yang suka bermain-main dengan uang. Orang-orang tipe ini cenderung menghabiskan uang yang mereka miliki, dikit-dikit kerjaannya belanja buat barang ini itu dan belum paham gimana caranya untuk membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan.

Intinya, mereka yang tipe player belum punya literasi keuangan yang baik. Nggak heran deh kalo ngeliat mereka cenderung memprioritaskan kesenangan untuk kehidupan saat ini, bukan untuk masa depan soalnya tingkat kepedulian mereka terhadap keuangannya masih sangat rendah. Untuk kamu yang termasuk tipe player, yuk mulai dari sekarang diubah kebiasaannya~ nggak mau kan nanti pasa masa tuanya malah menyesal karena nggak bisa spend money wisely?

Baca: 5 Level Finansial, Ketahui Posisi Kamu Yuk!

The Protector

Disebut sebagai protector karena orang-orang tipe ini sangat hati-hati dalam melindungi kondisi keuangannya. Mereka yang protector juga aware bahwa masa depan perlu disiapkan sedini mungkin, makanya mereka mula menyisihkan sebagian uang dari jerih payah pekerjaan untuk ditabung.

Tipe protector adalah seorang passive shopper. Mereka bukan tipikal yang gemar berbelanja dan nggak begitu mementingkan produk-produk yang sedang hype di pasaran, uangnya hanya dikeluarkan secukupnya untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Saking lurusnya, kekurangan dari tipe protector ini adalah mereka nggak ngelirik investasi sama sekali jadi uang yang mereka sisihkan hanya mengendap di dalam tabungan semata.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

The Pleaser

Siapa yang temannya hobi traktir orang-orang pas lagi hangout bareng? Mungkin teman kamu ini bisa dikategorikan sebagai tipe pleaser, neupeeps. Tipe pleaser sendiri menurut Ray Linder dapat dibagi jadi dua: mereka yang hobi membelanjakan uangnya untuk orang lain dan mereka yang cenderung membelanjakan uangnya untuk diri sendiri.

Nggak jauh beda dengan tipe player, tipe pleaser ini menghabiskan uangnya untuk memuaskan diri sendiri dan orang lain jadi nggak mempedulikan apakah uang yang mereka keluarkan untuk diri sendiri dan orang lain itu beresiko atau nggak.

Baca: Hati-Hati, Beberapa Tipe Teman Toxic Financial Perlu Kamu Waspadai!

Jadi di antara tipe-tipe yang sudah disebutkan di atas, neupeeps sendiri termasuk ke dalam tipe yang mana nih?

Kalo kamu adalah tipe pleaser dan player, mulai dari sekarang coba deh diubah kebiasaannya dengan buat catatan keuangan supaya alur pengeluaran kamu jelas dan terkontrol dengan mengunduh aplikasi keuangan neu di ponsel kamu.

Terus kalo tipe planner sama protector gimana dong? Tenang, neu juga punya fitur neuGrow dan neuGold yang bisa kamu manfaatkan untuk diversifikasi investasi, loh!

Oh, tipe-tipe pleaser sama player juga bisa banget buat gunain fitur ini. Daripada uangnya terbuang buat beli barang yang nggak penting, mending dibuang ke buat pendanaan neuGrow dan neuGold yang return-nya pasti menguntungkan~


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *