• Share

Bahas Nominal Gaji Ke Teman, Etis Nggak Ya?

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 26, 2021 06:09 am
  • Readed
    57 Views
Bolehkah Bahas Gaji ke Teman Kantor?

Hello, neupeeps!

Apakah kalian punya teman dekat untuk berbagi cerita? Terkadang saking dekatnya dengan temanmu, ada kalanya kamu ingin membahas topik tentang gaji ke teman-teman terdekat. Tapi sepertinya, diskusi tentang gaji entah antara teman ataupun keluarga masih menjadi topik yang cukup sensitif di kalangan masyarakat. 

Padahal maksud dari kita membahas gaji itu bukan untuk pamer atau kepo, bisa saja karena memang sedang butuh pencerahan atau saran, bukan? Jadi, gimana dong? Kira-kira etis nggak sih ngomongin soal gaji ke teman?

Yuk, kita temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai tuntas. Check it out, neupeeps!

Baca: Alasan Kenapa Harus Punya Pekerjaan Sampingan!

Perhatikan Tujuan

Sebelum kamu membuka topik ini, kamu perlu memperhatikan tujuan utama kenapa kamu membicarakan persoalan gaji ke teman. Apakah kamu sedang ditawarkan pekerjaan baru dan ingin survei nominal gaji yang layak untuk posisi tersebut? Atau, kamu ingin memastikan bahwa temanmu mendapatkan gaji yang layak? 

Nah kalau kamu sudah tau tujuan utamanya, gunakan tujuan tersebut sebagai topik pembuka untuk obrolan yang lebih lanjut. Pokoknya, penting banget untuk cari tau tujuan utamanya supaya nggak terjadi salah sangka atau kecemburuan sosial ya, neupeeps

Lihat Dulu Siapa Lawan Bicara

Yup, wajib untuk lihat dulu siapa lawan bicara saat ngomongin topik gaji ini! Apakah kamu mau bicarain ke teman dekat yang nggak ada hubungannya sama pekerjaan atau justru teman satu kantor? Kalau ngomongnya sama teman kantor, potensi terjadinya kecemburuan sosial semakin possible~

Baca: Hati-Hati, Beberapa Tipe Teman Toxic Financial Perlu Kamu Waspadai!

Tips: kalau kamu berniat mencari tau nominal gaji yang layak untuk posisi tertentu, ada baiknya kamu mencari informasi yang sudah ada di luar sana. Bisa melalui internet dengan melihat kisaran gaji untuk posisi yang sama dari beberapa perusahaan atau bertanya sama pihak eksternal seperti mentor atau mantan atasan di perusahaan sebelumnya.

Hindari Terlalu Detail Membicarakan Nominal 

Ada baiknya untuk menghindari pemberian informasi yang terlalu detail terkait nominal gaji yang kamu dapatkan. Saat berdiskusi tentang topik ini, cukup kasih tau kisaran gaji yang kamu peroleh supaya teman kamu juga nggak membandingkan penghasilannya dengan orang lain. 

Baca: Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

Intinya ketika membahas topik gaji, kamu wajib untuk memperhatikan tingkat kenyamana kamu serta temanmu, neupeeps. Jangan sampai memaksakan topik pembicaraan ini yang nantinya malah membuat pertemanan kalian menjadi awkward.

Ngomongin tentang gaji, sekarang aplikasi keuangan neu punya fitur baru loh, namanya Multi Transfer! Biasanya, pas gajian kita suka ribet sendiri karena harus transfer sana sini ke banyak pihak entah itu ke orang tua atau bayar cicilan. Dengan fitur Multi Transfer dari neu, kamu bisa transfer ke banyak rekening tujuan hanya dalam satu transaksi. Hemat dan efisien!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *