• Share

Belajar Kakeibo, Seni Menyimpan Uang dari Jepang

  • Author
    Umar
  • Posted on
    Apr 17, 2020 04:55 am
  • Readed
    109 Views
Sounds like a manga title, rite? But it isn't.

Sebagian orang mempunyai kesulitan dalam berhemat, entah karena gaya hidup, khawatir kekurangan, terlalu royal, hingga kurangnya motivasi. Sedangkan, tujuan dalam kehidupan tentu mengharuskan kamu untuk berhemat untuk menabung.

Nah, untuk mendukung motivasimu dalam berhemat, kamu bisa coba metode Kakeibo (dibaca: kah-keh-boh) dari negara yang sangat terkenal dengan kedisiplinan dan kedetailannya.

And Kakeibo is?

Sebuah metode pengaturan uang atau menabung yang berasal dari Negeri Sakura. Diciptakan oleh seorang jurnalis perempuan bernama Motoko Hani. Kakeibo bertujuan agar kondisi keuangan semakin tertata sehingga kamu dapat mencapai tujuan hidup dari hasil tabunganmu.

So, what’s in it?

Well, seni menyimpan uang Kakeibo memiliki 5 langkah mudah untuk memulainya. Tertarik? Ikuti satu-persatu, ya!

Baca Juga: Gaji Pertama: Bicara Banyak Tentangmu

Catat Semua Sumber Pemasukan

Langkah pertama ini sangat mudah untuk dilakukan. Karena kamu pasti mengetahui setiap pemasukan yang telah didapatkan. Hanya saja, kamu perlu mencatat semua sumber rincian pemasukan. Seperti gaji bulanan dan pendapatan lainnya yang kamu punya.

Buat Daftar Kebutuhan

Setiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda-beda. Seiring waktu berjalan, kebutuhan bukan hanya berubah, tapi juga bisa bertambah. Makanya, langkah kedua Kakeibo adalah menulis daftar kebutuhan beserta nominalnya. Mulai dari kebutuhan harian sampai kebutuhan tak terduga. Contohnya :

  • Kebutuhan pokok: transportasi, makanan & minuman, listrik, obat, dan kuota.
  • Rekreasi: makan di luar, belanja, festival musik.
  • Wawasan: film, buku, musik.
  • Tambahan: kado, perbaikan barang,

Didistribusikan ke Amplop Kakeibo

Nah, langkah ketiga inilah yang membuat metode Kakeibo unik dan berpengaruh untuk berhemat dan menabung. Sediakan amplop yang sudah dibeli dan tulis dengan nama-nama kebutuhanmu. Kemudian, masukan uang ke dalam amplop-amplop tersebut dengan jumlah yang sudah kamu tentukan sesuai daftar kebutuhan.

Mencatat Semua Pengeluaran Harian

Sebenarnya, catatan ini bisa menjadi pengingat kamu dalam keadaan genting. Selain itu, langkah ketiga ini juga memudahkan kamu untuk menghitung kembali sisa uang yang kamu keluarkan.

Last but not least, evaluation.

Setiap pekerjaan atau aktivitas, pasti membutuhkan evaluasi. Begitu juga pada metode Kakeibo, seni menyimpan uang dari Jepang ini juga perlu kamu evaluasi. Setelah itu, lihat bagaimana hasilnya apakah berjalan sesuai rencanamu atau enggak.

Kalau tidak sesuai, catat kesalahanmu dan buat itu menjadi pelajaran di bulan berikutnya. Jika sesuai, berarti kamu menjalankan metode Kakeibo dengan baik.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *