Biar Nggak Ludes, Yuk Simak Cara Mengelola THR Dengan Bijak!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 22, 2021 07:07 am
  • Readed
    64 Views
Mengelola THR dengan Bijak

Hello, neupeeps!

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Selain Idul Fitri, ada hal lain yang sangat dinanti banyak orang, yakni Tunjangan Hari Raya (THR).

Disclaimer bagi neupeeps yang masih belum familiar tentang apa itu THR, sini neu bocorin sedikit, deh!

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016, THR adalah pendapatan non-upah yang wajib dibayarkan perusahaan kepada pekerja ketika menjelang Hari Raya Keagamaan. Biasanya, THR akan dibayarkan dua pekan sebelum Hari Raya.

Menjelang pembayaran THR, pasti kita sudah membuat “daftar belanja” untuk memenuhi kebutuhan lebaran nanti. Namun, alangkah baiknya jika kita mampu mengelola THR tersebut secara bijak supaya uangnya nggak numpang lewat aja, neupeeps. Berikut neu punya beberapa tips mengelola THR dengan bijak, simak terus artikel berikut ini, yuk!

Baca: Peer to Peer Lending: Investasi Kekinian Yang Digandrungi Kaum Milenial

Pay Yourself First

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh George Clason dari bukunya yang berjudul The Richest Man in Babylon. Artinya sangat sederhana, kamu harus membayar diri kamu terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan lain. Pay yourself first maksudnya bukan dalam bentuk membelanjakan barang di marketplace sebagai self-reward, tetapi dengan mengalokasikan 30% untuk ditabung atau diinvestasikan demi masa depan. Jadi setelah dapat THR, jangan langsung dihabiskan untuk belanjain wishlist tapi langsung kamu taruh di tabungan, okay?

Gunakan Untuk Zakat dan Sedekah

Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat muslim menjelang Idul Fitri. Untuk membayar zakat fitrah ini, kamu bisa mengalokasikannya dari THR yang kamu dapatkan sehingga gaji bulananmu tetap utuh dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang lain. Selagi di bulan berkah yang ini, kamu juga bisa menambah nominal sedekahmu .loh, neupeeps. Oleh sebab itu, alokasi 10% dari THR untuk zakat dan sedekah dinilai sudah cukup guna memperlancar keuanganmu!

Baca: Ingin Hidup Hemat? Tips Keuangan Ala Orang Jerman Ini Patut Ditiru!

Bayar Hutang 

Kamu punya hutang atau cicilan? Nah, supaya nggak menjadi beban pikiran, kamu bisa menunaikan kewajibanmu yang satu ini dengan menggunakan 10% dari THR untuk membayar hutang. Meski nggak bisa melunasi sekaligus, namun seenggaknya cukup untuk meringankan beban keuangan di masa depan. Keep in mind bahwa uang THR akan lebih bijak digunakan untuk membayar kewajiban seperti hutang dan cicilan ini, tapi bukan berarti kamu harus sering-sering ngutang loh, neupeeps~

Kebutuhan Lebaran

Setiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda, namun kebutuhan lebaran setiap orang biasanya terdiri dari kebutuhan makanan lebaran, belanja baju, dan pemberian angpao untuk keluarga. Meskipun kebutuhan lebaran sangat berlimpah, kamu tetap harus bisa membedakan mana yang perlu diprioritaskan dan mana yang bukan. Oleh sebab itu, pengeluaran untuk pos yang satu ini nggak boleh lebih dari 50% ya, neupeeps!

Baca: Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan Supaya Hemat

Kunci keuangan sehat menjelang hari raya ialah dengan tegas menggunakan uang THR untuk kebutuhan yang penting dan bisa menahan diri dari berbagai godaan diskon yang ditawarkan serentetan marketplace di luar sana. Jadi, ketika kamu menerima THR nanti, jangan lupa terapkan beberapa tips yang sudah dijabarkan di atas supaya kondisi keuanganmu tetap terkendali ya, neupeeps!

Salah satu cara yang paling mudah adalah menerapkan konsep “pay yourself first” dengan mengalokasikan sebagian uang THR untuk disisihkan di neuGrow, yakni fitur pendanaan unggulan dengan imbal hasil menarik milik aplikasi keuangan neu.

Oh iya, sekarang bagi-bagi THR ke anggota keluarga juga akan lebih mudah dengan fitur Multi Transfer milik neu, loh! Fitur Multi Transfer ini bisa membantumu untuk kirim uang ke banyak orang hanya dengan satu kali transfer aja. Praktis banget, ‘kan? Jadi, langsung aja yuk download aplikasi neu di Google Play atau App Store!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *