Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

3 Level Finansial yang Harus Kamu Lalui sebelum Bisa Tiba di Financial Freedom

Hello neupeeps!

Pernah nggak kamu dengar kata “financial freedom”?

Kalau hanya mendengar saja pasti pernah, tapi kamu tau nggak sih apa sebenarnya financial freedom itu?

Buat yang belum tau, sini biar neu jelasin!

Apa Sih Financial Freedom Itu?

Kalau diterjemahkan secara harfiah, financial freedom berarti kebebasan finansial.

Eh, tunggu. Kebebasan finansial yang seperti apa? Well, secara garis besar, kebebasan finansial adalah kondisi di mana seseorang sudah nggak harus bekerja ekstra keras demi memenuhi kebutuhan hidupnya maupun keinginannya.

Wah, santai-santai doang, tapi kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi? Siapa juga yang nggak mau? Sounds like a dream, isn’t it?

Iya, memang seperti mimpi. Tapi, mimpi yang satu ini sebenarnya bisa diwujudkan oleh siapa aja, kok! Termasuk kamu.

Hanya saja untuk mencapainya tentu perlu usaha lebih dan ketelatenan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, dong! Ya masa kamu mau hidup enak, tapi nggak ada perjuangan dulu sebelumnya. Nggak mungkinlah!

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mencapai Financial Freedom?

Yang pertama, pastinya kamu harus punya strategi, dong! Dalam hidup ini, kamu nggak akan bisa berhasil kalau nggak punya strategi, neupeeps!

Strategi mengatur keuangan adalah yang sangat dibutuhkan untuk sampai ke financial freedom. Kemudian, kamu harus bisa berkomitmen pada strategi dan rencana yang sudah kamu buat.

Kuncinya sih hanya itu. Tapi, buat orang yang nggak serius dalam menjalankannya, dua hal ini akan terasa sangat berat.

3 Tahap Yang Harus Dilalui Sebelum Sampai Di Financial Freedom

Tahap Pertama Adalah Financial Literacy. Dalam bahasa Indonesia berarti literasi keuangan. Gampangnya nih, kamu harus paham dan melek soal kondisi keuangan kamu, baik itu yang masuk maupun yang keluar.

Ketika kamu sudah memahami dengan baik tentang keuangan kamu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan strategi ke depannya. Nggak ada lagi deh yang namanya ikut-ikutan orang lain!

Karena pada dasarnya kondisi keuangan semua orang berbeda-beda, neupeeps! Makanya penting banget untuk melek keuangan dan mulai menganalisa keuanganmu sendiri.

Tahap Kedua Adalah Financial Security. Tahap ini di mana kamu memiiliki pengeluaran yang lebih kecil daripada pemasukan. Di tahap ini juga kamu sudah punya yang namanya dana darurat.

Kamu juga sudah punya asuransi kesehatan dan hal-hal lain yang akan menunjang hidupmu bahkan ketika kamu (amit-amit) nggak bekerja dalam kurun waktu beberapa bulan.

Tahap Ketiga Adalah Financial Independence. Ini adalah tahap terakhir yang harus kamu lalui sebelum bisa mencapai financial freedom. Financial independence itu ibaratnya ketika kamu sudah bisa memenuhi keinginanmu juga tanpa harus bergantung pada orang lain atau pun berhutang.

Jadi, kamu nggak perlu lagi menghemat demi menahan keinginanmu, karena keuangan kamu sudah stabil dan mencukupi.

Finally, Kamu Sampai Di Financial Freedom!

Kalau cuma baca artikel ini aja, kelihatannya gampang banget, ya? Eits, tapi nggak semudah itu ferguso!

Tapi, tenang! neu bisa bantu mempermudah kamu dalam mengelola keuangan supaya bisa lebih mudah sampai ke level financial freedom. Caranya adalah dengan fitur neuBudget. Setelah kamu sudah bisa mengelola keuangan dengan benar, jangan lupa mulai berinvestasi secara kecil-kecilan. Untuk investasi, kamu bisa menggunakan neuGrow maupun neuGold.

Karena sesungguhnya financial freedom itu datangnya dari passive income kita yang sebagian besar bersumber dari investasi, neupeeps!

Jika kamu memang punya impian untuk bisa bebas secara finansial, ya jangan diam saja! Mulai dari sekarang untuk belajar mengelola keuanganmu.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone