Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

5 Prinsip Dasar Keuangan yang Harus Selalu Kamu Pegang! Sudah Pernah Menerapkan yang Mana Aja?

Hello neupeeps!

Setiap hari ngomongin soal keuangan, tapi selalu ada aja pelajaran baru yang harus digali. Kamu merasa begitu juga nggak, sih?

Yah, wajar sih, soalnya keuangan itu bukan hal yang bisa kamu pelajari sekali jadi. Pasti deh harus terus cari informasi dan memperkaya diri agar caramu mengelola keuangan juga semakin baik.

Kalau kamu masih mengalami masalah dalam mengelola keuangan, itu wajar, kok! Asalkan kamu mau terus berusaha untuk memperbaikinya, kamu sudah berada di jalan yang benar, neupeeps!

Nah, kali ini, neu bakal bahas 5 prinsip dasar keuangan yang harus kamu ketahui agar pengelolaan keuanganmu semakin baik. Apa aja ya kira-kira? Langsung aja cek, yuk!

Membayar Hutang Adalah Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Ketika Menerima Gaji

Yak, buat kamu yang masih punya hutang. Entah itu hutang berupa kredit atau hutang dengan kerabat, jangan lupa untuk selalu membayar hutang di awal, ya!

Kenapa di awal? Karena kalau kamu membayarnya di awal, maka kamu nggak akan mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya. Selain itu, dengan membayar hutang di awal, hidup kamu juga jadi lebih tentram. Soalnya nggak enak kan, kalau harus merasa gelisah gara-gara dikejar oleh penagih hutang?

Dana Darurat Jadi Hal Kedua Yang Harus Kamu Dahulukan Saat Menerima Gaji

Seperti yang sudah kita bahas pada beberapa artikel sebelumnya, dana darurat ini sangat penting, karena kita nggak pernah bisa menduga kapan kita akan menggunakannya.

Contohnya saja nih, kalau tiba-tiba orangtuamu sakit, atau bahkan kamu sakit, tentunya dana darurat ini akan sangat dibutuhkan. Jadi, jangan sampai dana daruratmu kosong, ya!

Kalau kamu merasa dana daruratmu sudah cukup, barulah kamu boleh mengisi pos-pos yang lainnya, neupeeps! Pokoknya mengisi dana darurat haram hukumnya untuk dilupakan.

Setelah Mengisi Pos Dana Darurat, Lanjutkan Dengan Menabung

Benar sekali, teman-teman! Menabung adalah hal kedua yang harus kamu lakukan ketika menerima gaji.

Banyak banget orang-orang yang langsung membelanjakan uangnya begitu menerima gaji, hal ini sangat berbahaya, karena kalau kamu terus-terusan melakukannya secara rutin, bisa-bisa kamu malah menabung hanya dari sisa gaji.

Tentu saja nominalnya akan jauh lebih sedikit dibandingkan orang-orang yang menabung di awal. Nggak perlu diragukan lagi, karena ketika kamu merasa masih memegang uang, keinginan untuk terus hedon akan tetap menghantui.

Investasi Sebelum Memenuhi Keinginan

Manusia kalau keinginannya dituruti semua, bisa-bisa nggak ada habisnya! Kalau kamu masih terus-terusan berpikir untuk investasi setelah keinginan kamu terpenuhi, ya itu artinya kamu nggak akan pernah bisa investasi.

Padahal, investasi ini penting banget untuk keuangan jangka Panjang kamu, neupeeps! Kamu pastinya nggak mau dong kerja terus-terusan hingga akhir hayatmu?

Nah, dengan berinvestasi, kamu bisa merencanakan pensiun dan menikmati masa tuamu dengan santai. Gimana? Menyenangkan, kan?

Jangan Pernah Letakkan Investasimu Dalam Satu Tempat

Yuk kita sudahi kesalahan yang satu ini, neupeeps! Buat investor pemula, mungkin masih sering banget menggunakan satu instrument investasi. Hal ini akan menjadi masalah ke depannya, neupeeps! Kita ambil contoh mudahnya aja, ya. Bayangin kamu meletakkan banyak telur dalam satu keranjang. Kalau keranjangnya jatuh, pasti telurmu langsung pecah semua, kan?

Investasi ibarat telur, kalau kamu letakkan di satu tempat, kamu akan rugi nantinya. Biasakan untuk selalu diversifikasikan instrumen investasimu, oke?Well, dari 5 poin di atas, mana saja yang sudah kamu terapkan, neupeeps?


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone