Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

5 Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Islam untuk Kamu

Masih ingat banyaknya orang yang membagikan resolusi yang ingin mereka capai saat pergantian tahun baru masehi? Atau kamu termasuk salah satu orang yang membuat resolusi tahun baru?

Resolusi tahun baru memberikan semangat dan motivasi kepada kita untuk menjalani tahun selanjutnya agar lebih baik. Memang tidak semua resolusi bisa terpenuhi, tapi yang terpenting adalah kita sudah berniat dan berusaha untuk melakukan niat yang baik itu.

Tidak hanya pergantian tahun baru masehi, tahun baru hijriah juga bisa menjadikan momen yang tepat bagi umat muslim untuk membuat resolusi. Berbagai resolusi dibuat untuk kebaikan, mulai dari kebaikan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, sampai untuk agama.

Apa saja resolusi yang direkomendasikan untuk umat muslim di tahun baru hijriah? Simak 5 rekomendasi berikut ini ya!

1. Salat Tepat Waktu

Salat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan semua umat muslim. Lalu, kenapa harus dimasukkan dalam resolusi? Masih ada orang yang kerap terlambat dalam menjalankan salat. Jadikan salat tepat waktu sebagai resolusi di tahun baru hijriah, agar tidak ada yang mengganjal pikiran saat melakukan kegiatan lain karena sudah salat tepat waktu.

2. Salat Berjamaah

Salat berjamaah akan lebih baik dan sangat dianjurkan. Kamu bisa menjadikan salat berjamaah sebagai resolusi yang amat bagus. Salat berjamaah di rumah bersama keluarga tak hanya menambah pahala, tapi juga semakin mendekatkan diri bersama keluarga.

Salat berjamaah di rumah bersama keluarga tidak terhalang meski tidak ada mushola. Kamu dan keluargamu bisa menjadikan ruangan yang cukup luas untuk salat berjamaah. Contohnya ruang tamu, ruang tv, atau kamar.

3. Mempelajari Al-Quran

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, termasuk belajar Al-Quran secara lebih mendalam. Pelajarilah bagaimana cara membaca Al-Quran yang baik dan benar, pahami maknanya lebih dalam dengan membaca tafsir. Mempelajari Al-Quran tidak hanya akan menambah pahala dan wawasan, tapi membaca Al-Quran juga menjadikan perasaan dan pikiran kita lebih tenang.

4. Mengenakan Hijab

Kalau kamu adalah orang yang selalu ingin berhijab, tapi keinginan itu belum terwujud juga. Maka, ini bisa menjadi resolusimu menyambut tahun baru hijriah. Mantapkan hati untuk berhijab. Nggak perlu khawatir akan hal-hal seperti kebiasaan atau fashion setelah berhijab, kamu bisa menjadikan para hijabers sebagai inspirasimu.

5. Menambah Nafkah Keluarga

Membangun rumah tangga bersama suami dan anak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kita perlu merawat, mengasuh, hingga mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik. Maka itu, kamu bisa memasukkan menambah nafkah keluarga sebagai resolusimu di tahun baru hijriah. Dengan menambah nafkah keluarga, kamu bisa menambah dan memenuhi kebutuhan keluargamu.

Kamu bisa mengunduh Personal Budgeting file dari neu di sini agar bisa membantu mewujudkan kehidupan finansial yang lebih baik.

Nah, itu adalah 5 rekomendasi resolusi tahun baru islam, cocok bagi kamu yang ingin menjadi lebih baik di tahun berikutnya. Jadi, kamu sudah siap untuk berubah menjadi lebih baik?


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone