Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Coba Investasi Reksadana

Hello neupeeps!

Tidak dipungkiri, meski investasi sudah makin banyak diminati dan dilakukan tapi tidak sedikit juga yang masih berpengetahuan awam. Akibatnya sebagian orang melakukan investasi secara sembarangan dan hanya ikut tren saja. Padahal jika ingin menghasilkan keuntungan dari investasi, setidaknya kamu harus punya pengetahuan dasar. Dengan bekal dasar, siapa tahu nanti kamu bisa bertransaksi investasi semudah transfer antar bank.

Ketika akan berinvestasi, kamu mesti tahu apa instrumen investasi yang cocok untukmu. Instrumen investasi ada banyak jenisnya, yang paling populer di Indonesia pun ada beberapa yaitu deposito, emas, properti, saham, peer to peer lending dan reksadana. Setiap instrumen memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kali ini mari membahas lebih lanjut tentang reksadana dan alasan mengapa kamu sebaiknya memilihnya sebagai instrumen investasi.

Bisa dimulai dengan nominal investasi yang kecil

Saat berkeinginan untuk investasi, tentu kamu sebaiknya menggunakan dana yang sudah disiapkan khusus atau memakai uang dingin. Meski begitu, nominalnya bisa beragam tergantung pada instrumen investasi yang kamu pilih. Untuk reksadana, salah satu kemudahan yang diberikan adalah nominal investasi yang dapat dimulai dari nominal kecil. Bagaimana bisa?

Reksadana umumnya tidak dilakukan oleh perseorangan. Dana-dana yang dikumpulkan dari para investor dikumpulkan terlebih dahulu baru kemudian ‘dimainkan’ di pasar modal. Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi dengan nominal Rp100.000 loh. Nah, demi mendapatkan keuntungan yang besar kamu bisa memilih reksadana sebagai investasi jangka panjangmu.

Jelas soal legalitas, reksadana adalah cara investasi resmi

Sering kita melihat banyak orang tertipu investasi bodong dan mengalami kerugian. Biasanya mereka tergiur dengan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat. Atau bisa jadi hanya ikut tren tanpa tahu seluk beluk investasi yang dilakukan. Ini bisa kamu hindari jika kamu memilih reksadana sebagai instrumen investasi. Secara legalitas, reksadana sudah resmi dan sesuai dengan aturan pemerintah pada Undang-Undang Pasar Modal pasal 8 tahun 1995.

Mulai dari produk, manajer investasi pengelola, agen penjual (APERD) dan bank kustodian kinerjanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itu kamu tidak perlu takut kalau-kalau uang yang kamu investasikan ternyata berujung pada investasi bodong. Sebab reksadana adalah investasi legal dan aman.

Pengelolaan investasi mudah, ada manajer investasi

Setiap instrumen investasi memiliki cara pengelolaan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk investasi emas umumnya kamu akan melakukan pengelolaan sendiri karena untuk pembelian, penyimpanan hingga penjualan kembali sering dilakukan sendiri. Berbeda dengan reksadana, transaksi bisa kamu lakukan dengan mudah karena dapat melalui online.

Selain itu, investasi yang kamu tanamkan pun akan dikelola oleh pihak profesional. Pertanyaannya, lalu ada tambahan biaya untuk itu dong? Karena reksadana umumnya adalah sekumpulan dana yang diperoleh dari banyak investor, maka beban tidak ditanggung sendiri. Manajer investasi untuk reksadana yang kamu pilih dibebankan dengan sekelompok investor lainnya.

Nikmatnya menikmati reksadana dengan minim resiko

Setiap investasi tentu memiliki resiko. Ini yang sering kali luput dari pertimbangan calon investor. Mereka sering kali lebih berpikir tentang return atau keuntungan yang didapat. Tidak salah memang, tapi memperhatikan resiko dari investasi yang diambil juga tak kalah penting. Ini bertujuan demi menghindari kerugian yang tak diinginkan. Reksadana, terbilang sebagai investasi dengan minim resiko. Bagaimana bisa?

Dalam reksadana terdapat manajer investasi yang bertugas mengelola investasi yang kamu masukkan. Manajer investasi ini akan memilih produk-produk yang disesuaikan dengan profil resiko dan tujuan keuangan yang kamu miliki. Nantinya manajer investasi akan memilih produk yang sesuai dengan tingkat resiko pilihan.

Investasi demi kebebasan finansial dimulai dari kelola keuangan yang tepat

Investasi sering dipilih karena dinilai mampu memberikan return atau keuntungan yang besar. Jika kamu ingin mulai berinvestasi, sebaiknya kamu mulai dengan mengelola keuangan dengan tepat terlebih dahulu. Sebab investasi yang bijak sebaiknya dilakukan dari pos investasi atau tabungan yang telah dipersiapkan.

neu bisa bantu kamu kelola keuangan hingga tercapai impianmu yaitu kebebasan finansial. Ada banyak layanan pada Neu yang bisa membantumu mengatur keuanganmu seperti neuTransfer yang memberikan kemudahan transfer antar bank tanpa biaya admin atau neuBudget untuk membantumu tracking keuangan dari e-wallet dan bank. Investasi yang mudah bisa kamu mulai dari neu.

Nah, jika kamu ingin mencoba jenis investasi lainnya, bisa nih mencoba neuGrow. Konsepnya adalah peer to peer lending di mana kamu menginvestasikan uangmu untuk dipinjam melalui platform neu. Tak perlu khawatir di sini kamu bisa mendapatkan uang yang lumayan melalui imbal hasilnya.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone