Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Bahas Nominal Gaji Ke Teman, Etis Nggak Ya?

Hello, neupeeps!

Apakah kalian punya teman dekat untuk berbagi cerita? Terkadang saking dekatnya dengan temanmu, ada kalanya kamu ingin membahas topik tentang gaji ke teman-teman terdekat. Tapi sepertinya, diskusi tentang gaji entah antara teman ataupun keluarga masih menjadi topik yang cukup sensitif di kalangan masyarakat.

Padahal maksud dari kita membahas gaji itu bukan untuk pamer atau kepo, bisa saja karena memang sedang butuh pencerahan atau saran, bukan? Jadi, gimana dong? Kira-kira etis nggak sih ngomongin soal gaji ke teman?

Yuk, kita temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai tuntas. Check it out, neupeeps!

Perhatikan Tujuan

Sebelum kamu membuka topik ini, kamu perlu memperhatikan tujuan utama kenapa kamu membicarakan persoalan gaji ke teman. Apakah kamu sedang ditawarkan pekerjaan baru dan ingin survei nominal gaji yang layak untuk posisi tersebut? Atau, kamu ingin memastikan bahwa temanmu mendapatkan gaji yang layak?

Nah kalau kamu sudah tau tujuan utamanya, gunakan tujuan tersebut sebagai topik pembuka untuk obrolan yang lebih lanjut. Pokoknya, penting banget untuk cari tau tujuan utamanya supaya nggak terjadi salah sangka atau kecemburuan sosial ya, neupeeps!

Lihat Dulu Siapa Lawan Bicara

Yup, wajib untuk lihat dulu siapa lawan bicara saat ngomongin topik gaji ini! Apakah kamu mau bicarain ke teman dekat yang nggak ada hubungannya sama pekerjaan atau justru teman satu kantor? Kalau ngomongnya sama teman kantor, potensi terjadinya kecemburuan sosial semakin possible~

Tips: kalau kamu berniat mencari tau nominal gaji yang layak untuk posisi tertentu, ada baiknya kamu mencari informasi yang sudah ada di luar sana. Bisa melalui internet dengan melihat kisaran gaji untuk posisi yang sama dari beberapa perusahaan atau bertanya sama pihak eksternal seperti mentor atau mantan atasan di perusahaan sebelumnya.

Hindari Terlalu Detail Membicarakan Nominal

Ada baiknya untuk menghindari pemberian informasi yang terlalu detail terkait nominal gaji yang kamu dapatkan. Saat berdiskusi tentang topik ini, cukup kasih tau kisaran gaji yang kamu peroleh supaya teman kamu juga nggak membandingkan penghasilannya dengan orang lain.

Intinya ketika membahas topik gaji, kamu wajib untuk memperhatikan tingkat kenyamana kamu serta temanmu, neupeeps. Jangan sampai memaksakan topik pembicaraan ini yang nantinya malah membuat pertemanan kalian menjadi awkward.

Ngomongin tentang gaji, sekarang aplikasi keuangan neu punya fitur baru loh, namanya Multi Transfer! Biasanya, pas gajian kita suka ribet sendiri karena harus transfer sana sini ke banyak pihak entah itu ke orang tua atau bayar cicilan. Dengan fitur Multi Transfer dari neu, kamu bisa transfer ke banyak rekening tujuan hanya dalam satu transaksi. Hemat dan efisien!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone