Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Cara Hemat Bayar Tagihan Bulanan

Hello neupeeps!

Hemat adalah cara untuk menyiasati budget, terlebih saat kondisi keuangan pas-pasan. Satu dari sekian banyak penyebab kondisi keuangan melemah ialah tidak ada keinginan sepenuh hati untuk mengelola keuangan yang lebih baik. Dalam arti lain menghemat pengeluaran bulanan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa seberapa pun pendapatan yang dimiliki pasti tidak akan pernah cukup. Hal itu timbul akibat tidak adanya pengelolaan keuangan yang baik dan bijak. Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengantisipasinya. Mulai dengan cara yang tepat dan bijak, tentu akan membantu menghemat pengeluaran bulanan sehingga tetap hidup menyenangkan, lho.

Penasaran gimana caranya? Artikel ini akan bantu kamu untuk bisa semakin hemat di tiap bulannya. Yuk, disimak. Berikut informasinya khusus untuk kamu.

Buat Anggaran Bulanan

Hal wajib yang harus kamu lakukan ialah membuat anggaran satu bulan penuh. Tetapkan anggaran untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Anggaran bulanan dibuat sebagai arahan dana yang akan dikeluarkan dalam satu bulan.

Buat anggaran dengan membagi menjadi bagian primer dan sekunder. Kategori kebutuhan primer biasanya meliputi kebutuhan untuk makanan, kebersihan, tagihan listrik, tagihan air, ongkos, dan cicilan lainnya. Berbeda dengan kebutuhan sekunder yang meliputi shopping, liburan, wisata, nongkrong dan lain sebagainya.

Kamu harus benar-benar mahir dalam mengatur anggaran bulanan sehingga tahu kebutuhan apa yang harus diprioritaskan terlebih dulu. Buat list pengeluaran berdasarkan skala prioritas dan selalu beri batasan untuk setiap pengeluaran.

Sisihkan Pendapatan

Kamu sudah tahu ada metode untuk menyisihkan pendapatan? Satu diantaranya ialah metode 60-20-20. Metode ini mengharuskan kamu membagi pendapatan jadi 60% untuk memenuhi kebutuhan primer atau prioritas, 20% untuk dana darurat, dan 20% disisihkan untuk investasi atau menabung. Metode ini secara langsung akan membuat batasan untuk kamu terhindar dari pemborosan.

Namun masih ada berbagai pilihan metode yang bisa kamu gunakan untuk mengelola pendapatan. Gunakan metode yang menjadi acuan untuk solusi keuangan bisa terkendali dengan baik.

Pakai Kupon Diskon dan Promo

Kamu harus mahir dalam mencari informasi terkait diskon atau promo. Perkembangan teknologi kini membuat kamu tidak perlu repot-repot lagi melakukan pembayaran secara tunai. Bahkan kini kamu sudah bisa melakukan pembayaran secara online. Diskon dan promo yang ditawarkan melalui pembayaran online lebih menarik. Tak jarang membuat kamu lebih hemat dan untung.

Kamu cukup mencari informasi diskon dan promo melalui media social atau laman internet lainnya. Pilih diskon dan promo yang memiliki banyak keuntungan. Dijamin kamu akan tambah bahagia.

Hindari Denda

Terkadang kita mungkin lupa dengan self control. Kamu harus pastikan bahwa kebutuhan dan tanggung jawab berjalan beriringan. Dalam hal ini, kamu harus menghindari keterlambatan pembayaran atau yang sering dikenal dengan denda. Setiap tagihan pasti punya masa jatuh tempo.

Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari denda kamu harus mencatat tanggal jatuh tempo dari tiap tagihan. Dengan membayar tagihan secara disiplin dan tepat waktu, kamu tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk denda atau bunga. Karena bebas dari tagihan merupakan langkah penting untuk hidup nyaman.

Nah, 4 cara hemat bayar tagihan bulanan tersebut bisa kamu terapkan secepatnya. Walau cara-caranya mungkin terbilang tidak mudah diterapkan, kamu bisa mencoba satu per satu.

Tujuannya untuk membantu menghemat saat bayar tagihan bulanan. Enggak percaya? Buktikan sendiri untuk tahu manfaat yang sesungguhnya.

Selamat berhemat!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone