Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Cara Mengatur Keuangan Agar Tanggal Tua Tidak Merana

Hello neupeeps!

Tanggal tua selalu jadi momok tiap bulannya. Gaji tak kunjung cairnya tapi kebutuhan makin mendesak yang malah bikin frustasi. Alhasil, segala cara pun dilakukan untuk bertahan hidup, mulai dari cari penghasilan tambahan hingga hutang sana-sini. Yang penting bisa makan, semuanya akan dilakoni meskipun banyak yang dikorbankan.

Sejatinya, tanggal tua bukanlah semua mimpi buruk jika kamu bisa menyiasatinya dengan baik. Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa ditempuh agar di tanggal tua sekalipun kebutuhan terpenuhi. Bahkan ada uang sisa yang bisa dipakai untuk hiburan dan memanjakan diri. Lalu gimana sih caranya? Biar gak penasaran simak ulasan di bawah ini.

Nabung, nabung, dan nabung

Ketika dapat uang atau laba, kita sering lupa untuk menabung. Uang yang didapatkan biasanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan hingga foya-foya. Padahal namanya hari esok tak ada yang tahu, eh ternyata ada biaya tambahan yang membuat kita akhirnya gigit jari. Oleh sebab itu, tabungan itu penting buat jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendesak yang tiba-tiba datang. Dengan adanya tabungan ini, kita tak perlu lagi takut dengan mimpi buruk yang bernama tanggal tua.

Irit itu penting, tapi bukan pelit

Menjadi irit itu penting, untuk anggaran keuangan masa depan. Kita mesti kurang-kurangi segala kebutuhan berlebih yang sebenarnya tak ada pun tidak mengapa. Misalnya saja yang nominalnya lumayan besar seperti beli gawai baru, barang branded hingga yang kecil-kecil seperti transfer antar bank. Hah? Transfer antar bank kan gak begitu mahal. Iya kalau sekali atau dua kali, kalau berkali-kali beda lagi ceritanya. Oleh sebab itu, kamu mending pakai aplikasi Neu, tinggal download di hape, sambungkan dengan rekeningmu dan nanti transfer antar bank bebas ongkos. Pengeluaranmu berkurang, sisanya bisa ditabung dan beli kopi kekinian.

Cari sumber pendapatan lain

Hal lain yang penting adalah dengan mencari sumber pendapatan lain. Ibarat kolam, kalau hanya satu kran tentunya akan makan waktu lama untuk mengisi penuh. Sebaliknya kalau banyak kran, bakal cepat pula kolam terisi oleh air, bahkan sampai amber. Nah, sumber penghasilan lain ini beragam, bisa dari berbisnis online, kerja paruh waktu dan lain-lain. Toh sekalipun tak ada kebutuhan mendesak yang datang, uang bisa ditabung atau investasi. Tak ada ruginya bukan?

Ingat untuk menjauhi hutang

Memang hidup kadang tak pernah lepas dari hutang, namun alangkah baiknya kalau kita meminimalisirnya. Hutang dan tagihan hanya untuk keperluan yang penting saja, jangan sampai digunakan untuk hal yang percuma. Misal kamu berhutang hanya buat beli laptop baru yang trendy atau liburan keluar pulau. Dan pas gajian bulan depannya kamu hanya bisa gigit jari karena uangnya habis buat nyicil hutang. Alhasil tanggal tua cuma bisa menangis meratapi nasib dan nyemil mie. Oleh sebab itu akan lebih baik kalau kurangi berhutang untuk hal tak perlu.

Kalau kau benar-benar menerapkan tips-tips di atas, tentunya tanggal tua bukan hal yang ditakuti lagi. Bukan hanya itu bahkan kelebihan uangnya bisa pakai nabung, investasi atau menghibur diri. Tanggal tua bukan momok lagi tapi malah bikin happy.


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone