Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Begini Cara Mengatur Pendapatan Buat Kamu Para Freelancer

Hello neupeeps!

Di era yang modern ini, pekerja lepas atau freelancer makin banyak ditemui. Hal itu karena mereka sekarang tak dipandang sebelah mata lagi. Bagaimana tidak, pasalnya para freelancer zaman sekarang ternyata punya pendapatan yang lumayan. Sekali dapat proyek besar, uangnya bisa dipakai untuk beberapa bulan. Alhasil banyak pula yang memilih menggeluti dunia freelance karena tahu potensinya.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan oleh para freelancer adalah cara mengolah uangnya. Pasalnya meskipun sekali dapat job, dapatnya bisa lumayan tapi kadang habisnya juga cepat juga. Oleh sebab itu perencanaan keuangan yang baik sangat diperlukan bagi seorang freelancer. Berikut beberapa tips untuk para pekerja lepas supaya duitnya tetap awet.

Wajib pakai anggaran bulanan

Bagi freelancer, anggaran bulanan itu hal yang penting. Pasalnya kadang datangnya job itu tidak pasti sehingga pengalokasian dananya bisa saja amburadul. Oleh sebab itu, dengan adanya anggaran bulanan, kamu bisa memfokuskan mana dulu yang harus diutamakan ketika dapat uang. Nah baru sisanya bisa dipakai untuk kepentingan lain. Makin rinci anggaran keuanganmu, makin aman juga keadaan rekeningmu. Jadi, jangan lupa bikin anggaran ya.

Lunasi tagihan ketika dapat proyek

Ketika dapat rezeki proyekan, hal awal yang harus kamu selesaikan adalah tagihan. Entah itu biaya listrik, pulsa, air, kosan dan lain-lain. Pada dasarnya tagihan-tagihan itu juga merupakan modal kamu untuk sebulan kemudian. Ada tips lagi nih buat kamu yang ingin membayar tagihan dengan mudah. Caranya, download aja aplikasi neu dan kamu bisa top up OVO serta e-Wallet lain. Nah, tinggal bayar aja deh tagihanmu dengan saldo yang sudah diisi di OVO tadi, mudah bukan?

Jangan lupa dana darurat

Dan darurat itu penting pasalnya bisa dipakai kapan saja. Apalagi sebagai seorang freelancer, kadang uang yang masuk tidak mesti. Adakalanya kamu ramai job sehingga banyak duit, atau kadang malah sepi proyekan sehingga pendapatan minus. Oleh sebab itu ketika uang masuk sebaiknya sebagian disisihkan untuk dana darurat. Sehingga ketika keuangan sedang down, dari dana darurat tadi bisa kita pakai untuk menambal sementara sampai job yang baru datang.

Jauhi lifestyle inflation

Lifestyle inflation atau inflasi gaya hidup adalah saat di mana kamu mengalami peningkatan pengeluaran ketika penghasilannya juga naik. Terutama freelancer ketika dapat banyak job, mereka langsung punya keinginan untuk beli apa saja yang ditemui. Sebenarnya hal itu bukan sesuatu yang buruk selama ada kontrol diri di dalamnya. Jadi meskipun penghasilanmu sedang naik, jangan lupa untuk kontrol diri dan menggunakan uang untuk hal yang lebih bermanfaat. Kalaupun memang pingin pada suatu barang, coba cicil sedikit demi sedikit jangan langsung beli kalau ada duit hasil proyekan.

Memang benar kalau uang seorang freelancer itu kadang tak tetap tiap bulannya. Namun bukan berarti mereka tidak bisa punya keadaan finansial yang baik. Selama bisa mengatur anggaran dengan baik, semua tidak ada masalah. Oh iya, untuk mengatur keuangan, kamu juga bisa pakai fitur neuBudgeting yang ada di neu.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone