Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Cara Nabung Emas dengan Strategi Dollar Cost Averaging

Hello neupeeps!

Kamu udah punya tabungan emas belom? Sering di rekomendasi buat nabung emas tapi masih belom tau caranya?

Nah, bahasan kali ini cocok untuk kamu yang baru banget mau mulai nabung emas secara online. Supaya tabungan emas kamu bisa dimaksimalkan, kamu harus tau strategi Dollar Cost Averaging.

Tapi, sebelumnya, kamu harus tau dulu serba-serbi nabung emas ya.

  • Beli Emas Bisa Online – Sekarang banyak aplikasi nabung emas online yang bikin kamu gampang banget mulai menabung emas.
  • Harga Stabil – Pergerakan nilai emas tidak volatile atau berubah drastis dalam jangka waktu pendek.
  • Safe Haven – Ketika ekonomi menurun, harga emas cenderung meningkat karena investor beralih kepada instrumen yang stabil.
  • Tren Harga Meningkat – Dalam jangka panjang, emas mempunyai tren harga yang selalu naik, walaupun akan mengalami penurunan dalam jangka pendek.
  • Emas Melindungi Dari Inflasi – Dibandingkan dengan menabung cash yang bisa termakan oleh inflasi, artinya, uang yang kamu punya nilainya akan berkurang dengan kenaikan harga.

Apakah Nabung Emas Berisiko?

Walaupun, nabung emas di anggap aman dan sering disebut sebagai safe haven atau kalau di bilang sama orang tua “Simpan emas aja buat kebutuhan darurat.”, tetapi emas masih memiliki resiko seperti instrumen investasi lainnya yang relatif lebih rendah.

Risiko Emas Apa aja?

Harga pasar emas berpengaruh kepada spekulasi dan volatilitas pasar. Namun, emas masih dianggap sebagai instrumen investasi yang berisiko rendah. Selain itu, biasanya emas itu bergerak berlawan arah dengan investasi seperti saham. Sehingga, emas cocok untuk diversifikasi portofolio atau pembagian resiko terhadap uang kamu.

Kalau baru mau mulai menabung emas, gunakan strategi Dollar Cost Averaging.

Kalau portofolio atau kumpulan uang kamu hanya ada di cash dan emas, menggunakan strategi Dollar Cost Averaging mampu membantu kamu untuk memaksimalkan tabungan kamu dan merendahkan resiko.

Dollar Cost Averaging (DCA) adalah strategi nabung emas dimana kamu menabung sejumlah uang secara reguler dan konsisten jadi tidak rentan dengan fluktuasi harga.

Misalnya, kamu punya uang 5 juta rupiah untuk di tabung di emas. Agar tidak terpengaruh besar terhadap fluktuasi harga, kamu akan membagi 5 juta tersebut dalam waktu 5 bulan. Jadi, kamu akan menabung sebanyak 1 juta per bulan agar mengurangi resiko penurunan harga di masa 5 bulan. Kamu akan lebih merasakan penurunan harga jika membeli dengan lump sum/ 5 juta sekaligus.

Beli emas di neuGold, kamu bisa menggunakan strategi Dollar Cost Averaging dengan rutin membeli emas di mulai dari Rp10,000 saja lho. Kamu bisa ngecek harga emas hari ini dan sesuaikan pembelian emas kamu.

Download yuk!

Pesan Untuk Investor Pemula

Untuk investor pemula yang ingin nabung emas serta untuk menghindari risiko, strategi Dollar Cost Averaging akan sangat memudahkan dan membantu kamu. Karena kamu tidak perlu menebak kapan waktu yang tepat untuk membeli emas dan menjual emas. Selain itu, Dollar Cost Averaging dapat menjadi kebiasaan dan rutinitas menabung agar lebih konsisten.

Jadi bagaimana? Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk memulai investasi dengan cara nabung emas? Kalau sudah yuk langsung lakukan saat ini juga mumpung harga emas sedang murah!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone