Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Buat Para Millenials, Ini Cara Nabung Rumah yang Baik dan Benar

Hello neupeeps!

Banyak yang mengatakan kalau generasi millenials akan sangat sulit untuk punya rumah. Itu bukan tanpa alasan sih kalau melihat gaya hidup pemuda zaman sekarang yang suka pakai uang untuk hal yang tidak diperlukan. Jangankan punya rumah, kadang untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah ngos-ngosan

Anggapan tersebut sejatinya tak sepenuhnya benar. Generasi millenials sebenarnya juga bisa punya rumah di usia muda selama pengaturan keuangannya tepat sasaran. Punya rumah di usia muda bukan lagi mitos dan bisa jadi kenyataan. Lalu bagaimana cara nabung rumah yang baik? Simak ulasan berikut.

Tabungan sebagai langka awal

Biaya untuk punya rumah sendiri memang tak murah, sehingga butuh banyak uang untuk mewujudkannya. Kamu harus mulai menyisihkan uang kamu untuk menabung bahkan sejak usia muda. Kalau perlu bikin rekening sendiri khusus untuk menabung beli rumah ini. Ingat, komitmen adalah hal yang penting dalam menabung untuk rumah. Jangan sampai tabungan tersebut dipakai untuk hal-hal yang tidak penting. Dampaknya, kamu tak kunjung punya rumah sendiri karena uang untuk beli tak pernah cukup.

Skala prioritas buat rem pengeluaran

Salah satu masalah bagi anak muda dalam mengatur keuangan adalah sifat boros. Hal itu kadang membuat kita lebih memilih menggunakan uang untuk foya-foya ketimbang ditabung. Entah itu buat beli gadget terbarulah, barang bermerk hingga rekreasi sana-sini. Padahal ada kebutuhan yang lebih utama misalnya menabung untuk rumah yang juga akan bermanfaat buat masa depan. Oleh sebab itu memberikan skala prioritas itu sangat perlu supaya kamu tidak kebablasan. Memang refreshing itu perlu selama tidak terlalu berlebihan saja. Ingat, kebutuhan masa depan lebih penting dari itu.

Investasi juga bisa jadi tabungan masa depan

Nilai uang memang kadang naik turun tergantung pada inflasi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu memiliki tabungan dalam bentuk lain untuk persiapan beli rumah di masa depan. Tabungan tersebut tak lain dan tak bukan adalah investasi. Ya, investasi sangat menjanjikan karena nilainya yang lebih kuat daripada uang. Tak perlu tergesa-gesa dengan langsung beli investasi jumlah banyak, mulai dari angka sedikit namun rutin. Apalagi saat ini banyak e-Wallet yang juga menyediakan jasanya untuk membeli investasi dari harga minimal yang murah. Kamu tinggal pakai Neu, Top Up OVO terus saldonya bisa buat pakai beli investasi yang dipilih. Investasi bisa dibilang memang cara nabung rumah yang paling realistis.

Pilih KPR yang punya tenor panjang

Salah satu keuntungan untuk mempersiapkan beli rumah sejak usia muda adalah punya masa pelunasan KPR yang panjang pula. Alhasil pencicilan yang dilakukan bisa tidak memberatkan karena tidak terlalu banyak. Namun demikian, jangan terlena menggunakan uang yang dipakai untuk mencicil untuk kebutuhan lain. Alhasil saat jatuh tempo, uang tak cukup dan malah jadi masalah. Pastikan uang untuk KPR selalu utuh dan tidak dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Punya rumah sendiri di usia muda sejatinya bukan mimpi belaka. Semua bisa dicapai selama kamu biasa mengurus keuangan dengan baik. Jangan sampai kebutuhan sepele membuatmu terlena dan melupakan keinginan untuk punya rumah. Jika diperlukan kamu bisa juga memanfaatkan aplikasi neu yang memiliki fitur neuBudget untuk mengatur keuanganmu.


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone