Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Dikenal Selalu Sukses, Begini Cara Orang Tionghoa Atur Keuangan

Hello neupeeps!

Sejak dulu orang Tionghoa sudah dikenal sangat pandai dalam masalah mengurus keuangan. Mereka dianggap bisa melihat peluang dengan baik kemudian membuatnya jadi ladang usaha yang memberikan keuntungan. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang Tionghoa yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Lalu kenapa sih mereka bisa dengan mudah mengembangkan usahanya? Ternyata ada beberapa prinsip yang dipegang supaya bisa seperti itu. Nah kamu yang sedang memulai usaha juga bisa mencontohnya jika ingin bisnismu berkembang. Berikut ulasan lengkapnya.

Menabung sebagai kunci kekayaan

Hemat pangkal kaya mungkin adalah salah satu kata-kata bijak yang apabila dipraktikkan akan benar terasa manfaatnya. Nah, prinsip ini juga ternyata dipakai oleh etnis Tionghoa dalam mengatur keuangan. Ya, mereka menggunakan pendapatannya untuk ditabung bahkan dalam jumlah yang lumayan besar. Bahkan ada yang sampai 60 % dari total penghasilan per bulannya.

Selain itu, mereka juga mengurangi pengeluaran untuk hal yang tidak perlu, alhasil uang yang ditabung pun bisa semakin banyak. Masalah tabungan, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk tunai, rekening di bank, hingga e-Wallet. Kalau mau tabungan bentuk e-Wallet, kamu tak perlu repot untuk mengisinya karena sekarang pakai neu sudah bisa top up OVO dengan mudah.

Tidak terpaku pada satu sumber penghasilan

Kamu pasti sering menemui kalau para pengusaha keturunan etnis Tionghoa punya banyak bisnis yang dijalankan. Hal itu sejatinya juga merupakan salah satu trik dalam mencari keuntungan dari usaha. Ya, dari pada hanya berpacu pada satu sumber saja, mending punya usaha lain sebagai back up.

Risiko bergantung pada satu usaha saja memang sangat besar, andai saja keadaan tidak stabil ada kemungkinan bisa gulung tikar. Alhasil tak perlu panik kalau tiba-tiba salah satu bisnismu tidak jalan karena yang lainnya bisa menambal kerugiannya.

Jauhi hutang agar hidup tenang

Ingat jika ingin sukses, jauhi hutang dan cicilan karena bisa bikin hidup jadi tidak tenang. Memang ada kalanya di mana kita terpaksa berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Nah, hutang yang dimaksud di sini adalah yang digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kalau memang belum mampu membeli barang tersebut, lebih baik menunggu dan menabung dulu daripada berhutang atau melakukan cicilan. Nah kalau memang sudah mampu, barulah bisa membeli barang yang diinginkan secara tunai dan kontan.

Jangan lupa untuk mengatur anggaran

Memang, orang Tionghoa lekat dengan stereotip perhitungan. Namun ingat, perhitungan berbeda dengan pelit. Ya, mereka akan mengelola uang mereka dengan sangat hati-hati dan digunakan secara tepat sasaran. Hal itu tidak terlepas dari sifat mereka yang sangat menghargai uang hasil dari kerja keras.

Para etnis Tionghoa tak mau uang yang diperoleh digunakan hanya untuk hal yang sia-sia. Meskipun perhitungan, tapi mereka tidak pelit. Ya, kalau memang ada yang butuh sumbangan, mereka tak ragu untuk memberikan.

Jadi bukan tanpa alasan kenapa banyak pengusaha keturunan etnis Tionghoa memiliki usaha yang sukses. Kamu yang juga ingin membuka usaha, tidak ada salahnya menerapkan tips-tips di atas. Oh iya, kalau kamu perlu bantuan untuk mengatur keuangan, aplikasi neu dengan fitur neuBudget akan sangat membantumu.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone