Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Dana Darurat: Lebih Baik Disimpan Dimana?

Hello, neupeeps!

Kali ini ngomongin dana darurat, yuk!

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk keadaan darurat, baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, atau bahkan ketika terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) secara mendadak. Karena sifatnya yang darurat, maka dana darurat ini harus bisa ditarik dan dicairkan dengan mudah. Oleh sebab itu, kita nggak boleh menyimpannya dengan sembarangan, neupeeps.

Terus nyimpannya dimana dong? Di instrumen yang mudah dicairkan, mudah diakses, dan berisiko rendah. Apa saja pilihannya? Berikut neu sudah siapkan rangkumannya untukmu.

Check it out, neupeeps!

Reksadana Pasar Uang

Sebelum membahas reksadana pasar uang, kamu perlu mengetahui prinsip kerja reksadana terlebih dahulu, neupeeps. Melansir dari Bursa Efek Indonesia, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat. Nantinya, dana tersebut diinvestasikan kembali oleh manajer investasi.

Bentuk investasinya beragam, tergantung jenis reksadana yang dipilih. Nah, dalam reksadana pasar uang, dana akan diinvestasikan pada instrumen pasar uang dengan jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun. Contoh instrumen dalam reksadana pasar uang adalah sertifikat deposito, sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan surat berharga pasar uang (SBPU).

Instrumen ini berisiko rendah, tapi kamu berpeluang mendapat return yang lebih tinggi daripada deposito, loh. Adapun waktu pencairan dananya terbilang cukup cepat, yakni maksimal tiga sampai tujuh hari kerja sejak pengajuan~

Emas

Emas nggak hanya bisa dibeli secara fisik untuk perhiasan semata, loh. Kini, sudah banyak banget berbagai platform yang menyediakan jasa investasi emas online. Dengan instrumen ini, kamu nggak perlu menyimpan emas batangan lagi yang rawan menjadi objek pencurian.

Kenapa emas, sih? Soalnya nilai emas cenderung stabil, neupeeps. Selain itu, kamu juga terhindar dari kehilangan emas batangan. Cara pencairannya juga mudah, loh! Kamu bisa melakukannya di berbagai platform investasi emas dan e-commerce, lalu nanti dananya akan ditransfer langsung ke rekeningmu.

Rekening Tabungan

Pilihan mayoritas orang adalah menyimpan uangnya di rekening tabungan karena kemudahannya yang bisa ditarik kapan saja dan di mana saja, bahkan saat tengah malam. Dari segi likuiditas, rekening bank memang unggul. Namun, kamu perlu mempertimbangkan kekurangannya juga.

Salah satu kekurangan rekening bank adalah bunganya yang rendah. Padahal, kamu harus membayar biaya administrasi setiap bulan nya. Selain itu, terdapat risiko tergerus inflasi sehingga nilai tabunganmu justru akan menurun.

Tiga instrumen di atas bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan dana darurat, neupeeps. Jadi, dalam kondisi mendesak, kamu bisa segera mencairkannya. Jadi, kamu tinggal pilih salah satu instrumen yang menurutmu paling menguntungkan.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba menyimpan dana darurat di tabungan emas, kamu bisa gunakan salah satu fitur dari aplikasi keuangan neu, yakni neuGold!


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone