Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

E-Wallet, Bikin Hemat Atau Boros?

Hello, neupeeps!

Pasti familiar dong dengan yang namanya e-wallet? Kebanyakan dari kita mulai terpapar dengan tren digitalisasi keuangan ini semenjak sering menggunakan jasa ojek online.

Saat ini, sudah banyak banget e-wallet yang bermunculan di luar sana, beberapa di antaranya yang cukup populer di masyarakat adalah GOPAY, OVO, ShopeePay, Dana, dan LinkAja.

Nah, e-wallet sendiri merupakan layanan pembayaran secara digital yang diinovasikan financial technology untuk memudahkan kegiatan transaksi masyarakat. Dengan e-wallet ini, kamu dapat melakukan segala macam pembayaran tanpa menggunakan uang tunai. Cukup top up saldo e-wallet kamu and done!

Sejak Kapan E-Wallet Muncul?

Well, e-wallet pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2007 oleh salah satu provider telekomunikasi. Popularitas e-wallet semakin melejit pamornya saat sebuah transportasi online dalam negeri mengeluarkan produknya di tahun 2015.

Melihat dari trend behaviour consumer, kebanyakan pengguna e-wallet adalah kalangan milenial. Hal ini dikarenakan kalangan milenial adalah early adopter dalam setiap inovasi teknologi dibandingkan generasi sebelumnya yang memiliki barrier to entry akibat kenyamanannya dalam penggunaan uang tunai yang sudah nggak bisa lagi diganggu gugat.

Jadi, E-Wallet Bikin Hemat?

Beberapa merchant memang memberikan diskon dan promo yang menggiurkan pengguna e-wallet guna menaikkan popularitas pembayaran elektronik ini di masyarakat. Namun, untuk menyimpulkan apakah e-wallet membuat orang menjadi lebih hemat atau makin boros itu balik lagi ke pribadi masing-masing karena sejatinya semua orang punya spending habits yang berbeda.

Kalau kamu memang pribadi yang disiplin dan punya self-control yang baik, mau menggunakan metode pembayaran apapun itu bukan masalah. Namun kalau kamu suka impulsif dan cepat lapar mata, kepraktisan top up saldo dan segala promo serta diskon yang ditawarkan bagi pengguna e-wallet justru bisa jadi bumerang bagi kantongmu.

Gimana Caranya Biar E-Wallet Nggak Bikin Boros?

Keep in mind bahwa e-wallet hanya salah satu alternatif metode pembayaran. Supaya kamu bisa mengatur pengeluaran dengan baik, wajib hukumnya untuk membuat yang namanya anggaran bulanan. Langkah yang bisa ditempuh:

  • Buat anggaran bulanan.
  • Tetapkan pos pengeluaran untuk e-wallet.
  • Top up saldo sesuai budget yang direncanakan, bila saldo e-wallet habis di kemudian hari berarti jatah spending kamu juga habis!

Semoga artikel ini bermanfaat ya, neupeeps. Buat kamu yang pengen top up OVO, GOPAY, dan e-wallet lainnya, bisa langsung download aplikasi neu di Play Store atau AppStore!

Jangan lupa untuk ajak temanmu download aplikasi neu dengan membagikan kode referral supaya kamu bisa menikmati neuPoints!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone