Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Emas Digital vs Konvensional, Mending Mana?

Hello neupeeps!

Menabung emas memang sudah jadi salah satu cara jitu untuk berinvestasi. Apalagi di era yang serba maju ini, semua bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Alhasil investasi logam mulia bahkan bisa jadi sarana mengamankan harta atau tabungan buat masa depan.

Namun dalam berinvestasi emas, kadang orang bingung untuk memilih bentuk digital atau fisik. Meskipun sama-sama menguntungkan namun ada kekurangan dan kelebihan masing-masing dari jenis emas itu. Nah, biar kamu gak salah pilih berikut tips biar kamu gak kebingungan untuk memilih jenis emas.

Emas digital cenderung lebih murah

Antara emas konvensional dan digital, ada perbedaan harga yang lumayan mencolok. Padahal sama-sama emas, namun kenapa bisa seperti itu? Ternyata hal ini berhubungan dengan biaya cetak yang biasanya ada di emas dalam bentuk fisik. Sebaliknya, emas digital tak memiliki biaya cetak sehingga harga cenderung lebih murah. Barulah kalau memang mau dicetak baru akan ada biaya tambahan. Namun rata-rata kalau dicetak dengan jumlah yang banyak harganya juga akan sedikit lebih murah.

Transaksi emas digital lebih fleksibel

Kita harus pergi ke toko emas dulu kalau mau beli emas konvensional. Masalahnya kadang ada saja waktu di mana toko tutup tanpa memberikan kabar bagi pelanggannya. Hal ini sejatinya tidak ditemui untuk emas digital yang transaksinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ini menjadi keuntungan bagi emas digital sehingga saat ini makin banyak digandrungi orang. Kalau kamu juga ingin coba investasi emas digital ini maka bisa pakai neu biar semua transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Masalah keamanan, emas digital lebih terjamin

Karena dalam bentuk digital, kamu gak perlu ribet untuk memikirkan keamanannya. Kalau memang dibutuhkan pun bisa dicetak kapan saja. Hal ini tentu sangat berbeda dengan emas konvensional yang harus dipikirkan masalah keamanannya. Kalau disimpan di rumah, kamu harus sedia brankas yang aman supaya tidak dibobol. Atau kamu lebih memilih disimpan di bank atau jasa penyimpanan, namun tentu harus membayar biaya jasa mereka secara rutin. Mau bagaimana lagi, namanya logam mulia bisa jadi target pencurian atau perampokan sehingga harus jeli dalam menyimpannya.

Masalah pantau harga, emas digital lebih baik

Ketimbang emas konvensional, emas digital harganya bisa dipantau dengan baik. Banyak platform yang menyediakan grafik kenaikan dan penurunan harga emas setiap hari. Sehingga kamu bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk menjual atau menahan emas kamu. Sebaliknya, untuk emas konvensional kamu harus datang ke toko dulu untuk memastikan harga jual dan belinya. Pasalnya ada beberapa faktor lain yang mengakibatkan harga emas konvensional bisa berbeda dari satu toko ke toko lainnya.

Memang dari banyak segi, emas digital dianggap memiliki banyak kelebihan. Namun kembali lagi itu semua tergantung pada pilihan masing-masing lebih condong di emas digital atau konvensional.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone