Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Financial Ignorance Bikin Celaka Masa Depan!

Hello, neupeeps!

Nggak kerasa ya kita sudah di tahun 2021 aja, tapi sayangnya financial ignorance masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi banyak orang meskipun kita sudah memasuki babak baru.

Kalau dipikir-pikir, musuh terbesar kita dalam menjalani kehidupan itu salah satunya ya financial ignorance ini. Lalu, ketidaktahuan kita tentang finansial ini selanjutnya dimanfaatkan oleh sistem serta pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab dan akhirnya bikin kita merugi.

Wait, What’s Financial Ignorance?

Right, financial ignorance adalah kondisi di mana kamu memilih untuk masa bodo dan tutup mata serta telinga dengan keuangan pribadi. Kebanyakan orang cenderung menghindar ketika membahas topik pengelolaan keuangan karena mereka berpikir bahwa orang-orang pintar aja yang bisa mengelola keuangan.

No, that’s wrong. You don’t need to be a genius to be good at managing your money, neupeeps.

Pengelolaan keuangan adalah skill yang harus dimiliki semua orang karena menyangkut kewarasan serta kesejahteraan masa depan. Makanya, beberapa waktu belakangan ini banyak orang di media sosial mulai mendiskusikan betapa pentingnya financial planning dan perlunya edukasi ini untuk dijadikan mata pelajaran di sekolah atau perkuliahan.

Kalau kamu berdalih belajar finansial itu mahal, percayalah bahwa pilihan kamu yang nggak mau belajar justru akan bikin kamu lebih banyak ngeluarin uang.

Hah, masa iya? Well, kalau kamu nggak percaya, coba cek beberapa dampak dari financial ignorance yang bisa mengancam masa depan kamu serta calon generasi kamu di bawah ini~

Hutang Sana-Sini

Ketika kamu nggak peduli sama budgeting, selalu ngabisin uang gajian tanpa disisihkan untuk dana darurat, dan sering overspend demi memenuhi gaya hidup, besar kemungkinan kamu akan berhutang ketika kondisi genting.

Dan ketika kamu selalu mengandalkan hutang dalam menjalani hidup, maka uang kamu hanya akan habis untuk membayar hutang-hutang ini. Ibaratnya gaji kamu tuh dateng cuma buat numpang lewat doang~

Potensi Kena Tipu

Ketika kamu nggak belajar ilmu dasar keuangan, maka kamu berpotensi menjadi sasaran empuk investasi bodong. Padahal pola penawaran investasi bodong ini selalu mirip polanya, yakni menggunakan skema ponzi dengan return yang tinggi tanpa resiko serta kewajiban untuk menarik anggota baru biar bunga investasinya cepat turun. Tapi buktinya masih banyak aja yang percaya,’kan?

Sandwich Generation

Ini sih dampak yang paling kasian akibat kamu nggak mau menyisihkan uang buat dana pensiun, soalnya bebannya akan pindah ke anak kamu. Alhasil, anak kamu harus kerja bagai kuda untuk menanggung biaya hidup kamu, dirinya, serta anak-anaknya. Jadi, masih aja kekeuh dengan menjadi financial ignorance?

Selagi masih ada waktu, yuk mulai dari sekarang belajar sedikit demi sedikit tentang pengetahuan dasar keuangan. Percayalah, jika kamu merasa kamu nggak jago ngelola uang, semua orang pasti pernah berada di titik itu kok.

Kuncinya adalah dengan memilih untuk nggak jadi ignorant dan mulai cari tau caranya untuk berbenah diri. Salah satu caranya adalah dengan mengunduh aplikasi keuangan neu yang menawarkan berbagai fitur menarik supaya kamu bisa mencapai financial goals~


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone