Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Frugal Living: Hidup Irit Bukan Berarti Pelit

Hello, neupeeps!

Frugal living menjadi salah satu gaya hidup hemat yang sedang digandrungi banyak orang saat ini. Eits, meskipun hidup hemat tapi konsep frugal living ini sama sekali beda dengan kategori pelit loh, ya.

Orang-orang dengan gaya hidup frugal percaya bahwa dengan membayar lebih mahal maka akan mendapatkan nilai yang lebih baik pula. Misalnya, membeli sepatu yang sedikit pricey karena ketahanannya lebih lama dibanding sepatu dengan harga yang lebih murah.

Nah, bagi neupeeps yang kepo dengan konsep frugal living dan tertarik untuk nerapinnya suatu saat nanti, mending simak terus tulisan berikut ini yuk!

Frugal Living

Konsep frugal Living adalah living better with less. Jadi, kita diajak untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan dengan menghindari hal-hal yang nggak perlu dan memaksimalkan apa yang sudah kita punya.

Sebenarnya, konsep frugal living dapat dipahami dengan 3 kata kunci: 1. Cut: Potong semua yang tidak diperlukan dan sia-sia. 2. Optimize: Maksimalkan apa yang bermanfaat dan berguna. 3. Be Creative: Selalu lakukan hal-hal di luar kebiasaan yang bisa memberikan nilai tambah.

Gaya hidup ini cocok banget diterapkan di tengah kondisi saat ini yang banyak sekali menuntut dan mendorong manusia untuk menjadi konsumtif. Bisa dibilang frugal living ini ibarat “rem”-nya yang akan menuntun kamu untuk lebih bijak dalam melakukan pengeluaran.

Gimana sih caranya menerapkan frugal living? Tenang, neu udah ngerangkum beberapa step yang bisa neupeeps terapkan. Check it out!

Pahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Saat ingin belanja coba deh tanya diri sendiri terlebih dahulu, “Yakin mau beli barang ini? Kira-kira bakal sering dipakai nggak ya atau jangan-jangan bakal terbengkalai? Kalau ditunda dulu nggak akan bermasalah, kan?”

Kalau tujuan kamu belanja cuma karena keinginan sebenarnya nggak apa-apa, tapi pastikan intensitasnya nggak terlalu sering dan sudah kamu buatkan budget tersendiri ya, neupeeps. Pokoknya konsep frugal living bukan hidup irit sampai nyiksa diri dan nggak bisa menikmati hidup, kunci pentingnya adalah hidup sederhana yang nggak berlebihan. 🙂

Tips: Jangan lupa untuk menghitung cost per wear sebelum membeli suatu barang!

Maksimalkan Barang yang Dimiliki

Jika melihat seisi rumah pasti banyak barang yang nggak selalu digunakan dan berakhir di gudang. Coba buka lagi dan ingat-ingat barang yang ada untuk meminimalisir membeli barang serupa yang pada akhirnya nggak digunakan. Jika kamu berniat nggak menggunakan barang tersebut, coba deh mainkan kreasimu soalnya mungkin aja barang itu bisa dialihfungsikan untuk hal lain?

Decluttering

Sederhananya, decluttering adalah kegiatan membereskan kekacauan. Cek seisi rumah kamu dan semisal banyak barang yang nggak lagi digunakan mungkin saatnya untuk dijual, disewakan, atau diberikan kepada mereka yang kurang beruntung. Percaya deh, ada kedamaian dan kebahagiaan tersendiri ketika melihat kondisi rumah tertata dengan rapi dan bersih~

Well, sebenarnya nggak sulit untuk memulai frugal living. Kita hanya perlu menarik garis batas yang jelas antara kebutuhan dan keinginan. Semoga tulisan di atas bisa membantumu mengelola keuangan dengan lebih baik, ya. Jangan lupa untuk download aplikasi keuangan neu dan manfaatkan beragam fitur di dalamnya yang akan membantu kamu mencapai kebebasan finansial!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone