Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Intip Tips Bijak Penggunaan PayLater Biar Kantong Nggak Kering!

Hello, neupeeps!

Siapa nih yang suka belanja dan kalo setiap mau bayar pasti pilih metode pembayarannya via PayLater? Atau barangkali masih ada yang belum familiar dengan PayLater itu apa?

Coba pantengin terus artikel ini, yuk, barangkali bermanfaat untuk kamu dan bisa menambah pengetahuan~

Pertama, mari kita kupas tuntas dulu nih segala hal tentang PayLater sebelum kasih tau tips gimana cara gunainnya dengan bijak supaya nggak kebablasan!

Kenalan Sama PayLater, Yuk!

PayLater alias pembayaran yang lagi digandrungi milenial belakangan ini adalah layanan pinjaman online yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi atas barang atau jasa di awal tapi bayarnya belakangan, neupeeps. Kehadiran PayLater inilah yang akan menalangi keperluan kamu terlebih dahulu, nanti di bulan-bulan selanjutnya baru deh kamu diwajibkan untuk melunasi tagihan PayLater kamu.

Nah, alasan yang bikin PayLater ini hits adalah karena kelebihannya yang nggak perlu repot-repot untuk ngajuin persyaratannya ke bank, neupeeps. Soalnya, PayLater ini bisa kamu temuin di e-commerce yang ada di ponsel kamu seperti Traveloka, Gojek, OVO, maupun Shopee. Persyaratannya juga nggak seribet ketika apply kartu kredit karena kamu nggak perlu siapin slip gaji atau bukti pajak, cukup verifikasi KTP aja dan kamu bisa nikmatin fitur PayLater!

Pros and Cons?

Pros-nya PayLater sudah dibahas di paragraf sebelumnya ya, neupeeps, yakni aksesibilitas dan kemudahannya yang lebih hemat waktu dibanding kartu kredit. Intinya, PayLater ini bisa jadi alternatif baru buat kamu untuk mendapatkan dana pinjaman lebih cepat~

Lalu, sekarang juga banyak banget promo menarik yang ditawarkan e-commerce bagi para customer-nya yang memilih metode pembayaran PayLater saat checkout belanjaan. Nah, promo-promo ini akan bikin kamu hemat dan untung kalo kamu bisa manfaatinnya dengan cermat!

Sekarang kita move on ke bagian cons-nya, yuk. Pertama adalah suku bunga dari PayLater cukup tinggi bila dibandingkan dengan kartu kredit, neupeeps. Sesuai ketentuan terbaru Bank Indonesia pada masa pandemi, maksimal bunga kartu kredit dipatok sebesar 2% per bulan. Akan tetapi, bunga PayLater sendiri bisa mencapai di atas 2% per bulan. Nah, alasan ini perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk gunain PayLater, neupeeps. Kalo bunga dan biaya lainnya seperti denda telat bayar terasa memberatkan bagi kondisi kantong kamu, lebih baik nggak usah digunakan, ya!

Tips Bijak Pakai PayLater

Dengan segala kepraktisan dan berbagai promo menarik yang ditawarkan fitur PayLater, efek dominonya pasti akan memunculkan perilaku konsumtif dari masyarakat karena kemudahan-kemudahan ini justru berpotensi bikin orang-orang makin kalap dalam berbelanja. Nah, biar nggak kebablasan mendingan pantengin tips bijak menggunakan PayLater di bawah ini, yuk!

Meskipun PayLater sedang naik daun, jangan gampang terlena dengan segala rayuan manis yang ditawarkan ya, neupeeps. Bisa jadi itu adalah jebakan batman. Oleh karena itu, selalu pastikan kalo layanan PayLater yang kamu gunakan sudah berizin resmi dari OJK, okay? Dengan memilih layanan PayLater yang sudah mendapat izin dari OJK setidaknya kamu akan terhindar dari penipuan online karena layanan PayLater yang legal ini pastinya akan menyesuaikan beban bunga, tenor cicilan, limit pinjaman, hingga denda sesuai dengan aturan OJK.

PayLater Hanya Untuk Keadaan Mendesak

Kalo biasanya kamu gesek kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang urgen, berarti kamu juga harus memperlakukan PayLater sebagaimana kamu memperlakukan kartu kredit kamu, neupeeps! Sebaiknya hindari penggunaan PayLater untuk keinginan yang sebenarnya nggak perlu-perlu amat karena akan menambah beban hutang dan merusak alur keuangan pribadi kamu. Jangan hanya karena tergiur oleh kemudahan yang ditawarkan PayLater, kamu jadi lupa diri dan selalu kalap ketika checkout belanjaan, okay? Okay!

Manfaatkan Promo

Guna menarik banyak pengguna baru, hampir semua layanan PayLater berlomba-lomba untuk menawarkan promo dalam bentuk potongan harga maupun cashback. Nah, promo-promo ini bisa kamu manfaatkan agar lebih hemat ketika mau checkout belanjaan. Tapiii, ada tapinya nih neupeeps, jangan sampe promo-promo ini malah bikin kamu jadi lapar mata dan impulsif, ya.

Kalo kamu ngerasa jari-jari kamu mulai masukin barang-barang yang nggak perlu ke keranjang belanjaan, it’s time to recite our spell: the money that I spend on something insignificant is a money that I don’t need to spend on something useful on the read.

Keep this in mind: PayLater adalah hutang tertunda yang wajib kamu lunasi. Jadi sudah seharusnya untuk digunakan secara bijak dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Nggak mau ‘kan awalnya doang happy tapi berakhir jadi sappy karena nggak mampu bayar tagihan?


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone