Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Investasi Barang Koleksi, Bisa Salurkan Hobi Sekaligus Cari Untung

Hello neupeeps!

Kadang untuk menabung atau investasi selalu terkendala dengan hobi. Mau bagaimana lagi, kalau sudah pingin koleksi atau beli benda kadang lupa menyisihkan uang untuk masa depan. Tapi kalau menuruti keduanya, pendapatan sangat minim akhirnya malah selalu tekor di akhir bulan.

Untuk menyelesaikan masalah itu, kenapa kamu tidak membuat hobi jadi investasi? Ya, entah itu koleksi barang atau melakukan kegiatan, selalu ada jalan buat dijadikan investasi. Nah, berikut beberapa tips yang akan membantu kamu untuk melakukan hal itu.

Rutinkan sisihkan uang untuk hobi

Tak peduli apapun hobimu, namun menyisihkan uang untuknya itu penting. Entah itu bermusik, melukis bahkan mengoleksi barang-barang, tak ada salahnya untuk menyisihkan dana sedikit. Hal itu karena hobi kadang bukan hanya untuk mengisi waktu senggang saja, tapi bisa dijadikan investasi. Beli barang-barang yang berhubungan dengan hobimu sesuai kemampuan, atau bisa diakali dengan sedikit demi sedikit. Nah, kalau memang kamu mau beli lewat online shop, supaya tidak ribet bisa bayar pakai OVO. Apalagi kalau top up OVO pakai neu, tak perlu repot-repot ke ATM dan saldo bisa terisi dengan mudah.

Barang tadi bisa kamu manfaatkan

Nah, dari barang-barang yang kamu beli tadi ternyata uangnya bisa diputar kembali kalau jeli. Misalnya kamu punya hobi koleksi sepeda tua, dengan disewakan untuk pemotretan atau syuting tentunya sangat menjanjikan. Atau kalau adalah seorang gamer, konsol atau game yang sudah kamu beli bisa disewakan sehingga barangnya jadi tidak nganggur. Meskipun gak langsung dapat banyak, namun kalau rutin juga bakal menghasilkan juga. Hobi apapun itu kalau barang yang kamu beli punya potensi untuk disewakan, tidak ada yang sia-sia. Lumayan banget bukan, hobi terpenuhi dompet pun jadi happy.

Kamu juga bisa kembangkan kemampuan diri

Sudah beli gitar mahal-mahal untuk hobi, jangan anggap itu sia-sia. Dengan tiap hari berlatih bermain gitar, skillmu juga akan terus bertambah. Nah, tak ada salahnya untuk ikut dalam audisi band atau musik, siapa tahu memang hobimu ternyata bisa jadi pundi-pundimu. Ternyata dilirik label besar dan jadi gitaris profesional dapat bayaran. Nah begitu pula dengan hobi lain yang berhubungan dengan mengasah kemampuan, jika terus ditekuni bisa jadi profesional atau memenangkan kejuaran. Memang pada dasarnya skill juga sebuah investasi berharga.

Investasi pada barang yang nilainya terus naik

Saat membeli barang untuk hobi, satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Banyak barang yang harganya bisa terus naik tiap tahunnya dan tentunya hal itu juga masuk dalam sebuah investasi. Sepatu, action figure, trading card, dan barang-barang koleksi lainnya ternyata banyak dari jenisnya yang harganya naik tiap tahun. Hal itu tidak terlepas dari kelangkaannya, bahan pembuatannya, dan lain-lain. Oleh sebab itu, tak apa merogoh kocek sedikit banyak asal memang barang yang kamu cari punya nilai investasi.

Kalau investasi berbarengan dengan hobi, tentunya jadi kesenangan tersendiri. Selain hati jadi senang, dompet pun bisa terisi penuh. Ibarat pepatah, sekali dayung dua pulau bisa terlampaui. Jangan lupa kamu juga bisa atur keuangan dan investasimu melalui fitur neuBudget yang ada di neu.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone