Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Investasi Syariah: Investasi Tenang Tanpa Riba

Hello, neupeeps!

Adakah di sini yang belum mulai berinvestasi karena takut riba dan nggak sesuai syariat Islam? Nggak usah khawatir, sekarang sudah banyak pilihan produk investasi syariah, loh!

Di negara yang penduduknya bermayoritas beragama Islam, konsep investasi seringkali dipertanyakan kehalalannya karena investasi identik dengan imbal hasil dalam bentuk bunga yang dikaitkan dengan praktik riba dan diharamkan dalam Islam. Kalau gitu, udah pernah dengar investasi syariah belum nih?

Apa Itu Investasi Syariah?

Investasi syariah adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan dengan tujuan memperoleh bagi hasil berdasarkan syariat Islam. Di Indonesia, apabila investasi konvensional diawasi langsung oleh OJK, maka investasi syariah ini ditentukan dan diawasi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang membentuk Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Perbedaan Investasi Syariah dan Investasi Konvensional

Tujuan Investasi

Pada umumnya, seseorang berinvestasi karena adanya keinginannya untuk mendapat keuntungan yang setinggi-tingginya. Nah, dalam investasi syariah, tujuannya nggak cuma mendapatkan keuntungan aja, tetapi di sisi lain harus membawa kesejahteraan bagi umat dengan menjunjung tinggi prinsip sedekah.

Adanya Akad (Perjanjian)

Dalam pembelian produk investasi syariah, calon investor dan pihak terkait akan melakukan akad (perjanjian) yang meliputi akad kerjasama (musyarakah), akad sewa-menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Diberlakukannya proses akad ini merupakan wujud komitmen untuk tetap mengamalkan nilai-nilai syariah.

Pengelolaan Dana

Ada proses screening yang harus dilalui sebelum modal calon investor ditempatkan ke perusahaan. Sebab, investasi syariah nggak akan ditempatkan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang yang diharamkan, seperti judi, minuman beralkohol, dan rokok. Nilai utang perusahaan pun sangat diperhitungkan yang nominalnya wajib lebih kecil dari nilai aset.

Proses Pembersihan

Dalam investasi syariah, sebuah pendapatan perusahaan akan dilakukan proses screening untuk menentukan apakah penghasilan tersebut halal atau haram. Jika perusahaan tersebut belum pasti halal atau haramnya, maka akan dibersihkan terlebih dahulu melalui proses “cleansing” dengan menyisihkan sebagian investasi dan keuntungan halal untuk diamalkan.

Produk Investasi Syariah

Ada beberapa produk investasi syariah yang bisa dipilih, salah satu di antaranya adalah:

  1. Reksa dana syariah
  2. Saham syariah
  3. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), seperti Sukuk Ritel (SR/Sukri) dan Sukuk Tabungan (ST)
  4. Emas

Nah, dari keempat jenis investasi syariah di atas, kira-kira neupeeps berminat investasi di mana, nih? Di aplikasi keuangan neu, kamu juga bisa berinvestasi emas melalui neuGold, loh! Dengan fitur neuGold, kamu bahkan bisa nabung emas mulai dari Rp10.000!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone