Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Investasiku Rugi, Aku Harus Apa? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan untuk Mengantisipasi Kerugian Investasi!

Hello neupeeps!

Di antara kalian semua nih, ada nggak sih yang pernah mengalami kerugian dalam investasi? Rasa-rasanya hampir mustahil deh ada orang yang nggak pernah rugi dalam investasi! Setuju apa setuju, nih?

Untuk kamu yang baru mau memulai investasi, perlu digarisbawahi bahwa investasi itu ibarat bisnis. Untung rugi adalah makanan sehari-hari. Jadi, salah besar kalau kamu ingin melakukan investasi tapi nggak berani untuk rugi.

Meski begitu, mengantisipasi kerugian investasi tetap jadi hal nomor satu yang harus dilakukan. Supaya kalau kamu rugi, ya nggak begitu mengacaukan arus keuangan kamu.

Nah, pada kesempatan kali ini, neu bakal bahas apa aja sih yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi kerugian investasi!

Pahami Bahwa Investasi Itu Pasti Ada Ruginya

Tanamkan mindset bahwa investasi pasti ada kalanya rugi. Supaya ke depannya, kamu nggak terus-terusan menyalahkan diri atau bahkan memutuskan untuk berhenti investasi hanya karena rugi.

Bukan hanya kamu yang mengalaminya, kok. Justru ketika kamu rugi, jadikan ini pemacu untuk kamu belajar tentang investasi lebih giat lagi. Jangan malah jadi alasan kamu untuk terpuruk!

Hanya Investasikan Uang Dingin

Apaan tuh uang dingin? Mungkin sebagian besar dari kamu banyak yang masih bertanya-tanya soal ini. Simpelnya, uang dingin adalah uang yang nggak kamu butuhkan dalam waktu dekat.

Jadi, kalau pun uang ini nggak kembali, kehidupan kamu nggak akan terancam. Uang dingin adalah semua uang selain yang harus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, uang pinjaman, asuransi, dana darurat, uang pendidikan anak, dan uang cicilan rumah.

Selalu gunakan uang dingin ini pada investasi apa pun yang kamu pilih. Entah itu saham, peer to peer lending, atau apa pun itu.

Lakukan Diversifikasi Investasi

Pernah dengar pepatah “Don’t put your eggs in one basket”?

Intinya sih, pepatah ini berusaha untuk menggambarkan investasi seperti telur. Kalau kamu meletakkan telur dalam satu keranjang, ketika keranjangnya jatuh atau rusak, semua telurmu akan pecah.

Jadi, kalau kamu berpikir untuk investasi, usahakan kamu melakukan diversifikasi. Mungkin bisa berapa persen diinvestasikan pada saham, berapa persennya lagi diinvestasikan ke emas. Sisanya dimasukkan ke neuGrow untuk pendanaan peer to peer lending!

Memangnya kenapa sih harus melakukan diversifikasi investasi? Ya, dengan punya berbagai instrumen investasi, kamu bisa meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan, neupeeps!

Pelajari Instrumen Investasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kamu pastinya harus paham secara menyeluruh ke mana saja kamu akan menggelontarkan danamu itu. Jangan asal-asal ikut teman atau trend yang lagi rame di masyarakat.

Kalau kamu memang belum memahami secara menyeluruh, tunda dulu sampai kamu benar-benar paham. Karena yang sering membuat investasi berujung rugi adalah karena kamu asal-asalan memilih instrumen investasi.

Memantau Secara Berkala Boleh, Namun Jangan Terlalu Sering

Buat yang udah sering investasi pasti sering deh merasa penasaran setengah mati dan akhirnya bolak-balik melihat perkembangannya. Kalau kamu begini, jatuhnya kamu nggak bisa berinvestasi dengan tenang. Kalau kamu terlalu sering memantau, justru kamu jadi lebih mudah khawatir. Saat harus mengambil keputusan, biasanya kamu akan mengalami kesulitan yang hebat.

Sebenarnya, investasi sendiri bisa diibaratkan kamu sedang membangun istana masa depan. Kalau baru dibangun satu-dua hari kamu sudah terus-terusan memeriksa bangunanmu dan membandingkan dengan milik orang lain, ya pastinya kamu akan berakhir insecure.

Boleh banget nih kamu bikin pengingat di HP kamu. Tentukan pada hari apa saja kamu boleh memantau investasi kamu. Investasi in ikan sifatnya jangka panjang, ya. Jadi, jangan sampai kamu malah gegabah dan salah dalam mengambil langkah, neupeeps!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone