Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Jaga Kesehatan Keuangan dengan Financial Check Up

Hello, neupeeps!

Tau nggak sih kalau ternyata nggak cuma tubuh aja yang perlu diperiksa medical check up, tapi ternyata kondisi keuangan juga perlu diperiksa, loh!

Pemeriksaan keuangan ini disebut dengan financial check up. Dalam artikel ini, neu akan menjabarkan berbagai hal terkait financial check up. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Financial Check up

Financial check up adalah kegiatan untuk me-review kondisi finansialmu secara rutin dan memastikan kalau kamu masih berada di jalur yang tepat dalam mengelola keuangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu periksa ketika melakukan financial check up, yakni utang, harta, rasio aset lancar, cash flow, investasi, dan rasio menabung. Kamu juga harus memastikan bahwa dana daruratmu masih aman, neupeeps!

Financial check up setidaknya dilakukan minimal setahun sekali. Berbeda dengan check up kesehatan yang biasanya harus menemui dokter, financial check up justru lebih praktis, loh! Yup, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membayar jasa financial advisor~

Cara Melakukan Financial Check Up

Hitung Jumlah Utang dan Aset

Aset ini berhubungan dengan kekayaan yang kamu miliki, misalnya tabungan di bank, investasi reksadana, emas ataupun mobil dan properti. Sementara utang adalah kewajiban yang harus kamu bayar, termasuk kredit mobil, rumah ataupun kartu kredit.

Jika jumlah aset dikurangkan jumlah utang ternyata hasilnya nol, itu berarti aset kekayaanmu terkikis oleh utang, dan kondisi keuanganmu bisa dibilang harus diperbaiki secepatnya. Di sisi lain, jika aset kekayaanmu ternyata lebih besar dari utang, itu tandanya kondisi keuanganmu dianggap sehat!

Hitung Arus Kas

Arus kas maksudnya adalah pemasukan dan pengeluaran uang yang kamu lakukan dalam periode waktu tertentu. Contoh, setiap bulan kamu mendapat gaji bersih 5 juta. Idealnya, pengeluaran kamu harusnya di bawah 5 juta. Jika pengeluaran kamu lebih besar dari pemasukan, itu tandanya keuangan kamu sedang sakit.

Terus gimana dong kalau ternyata pengeluarannya lebih besar pasak dari tiang? Ada dua solusi: pemasukan ditambah atau pengeluaran dikurangi, neupeeps. Salah satu cara paling simpel adalah dengan mempraktikan financial detox untuk memperbaiki arus pengeluaran kamu!

Hitung Jumlah Dana Darurat

Berapa dana darurat yang harus disiapkan? Sebenarnya itu tergantung masing-masing individu, yang pasti dana darurat akan dianggap cukup ketika nominalnya berkisar 6 sampai 12 kali pengeluaran bulanan kamu. Makin besar dana darurat yang kamu miliki, berarti kondisi keuangan kamu dalam keadaan sehat.

Baiknya kamu melakukan financial check up secara rutin supaya jika terdapat kebocoran keuangan dapat diketahui secara cepat. Aktivitas ini juga akan membantu kamu mengontrol dan mengendalikan keuangan pribadi secara efektif. Gunakan juga neuBudget dari aplikasi keuangan neu supaya kamu bisa melacak pengeluaran kamu!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone