Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Jangan Ditiru, Kebiasaan Hemat Ini Justru Bikin Boros!

Hello, neupeeps!

Siapa nih yang orangnya hemat banget sama uang sendiri? Well, hemat dalam menggunakan uang memang diperlukan guna terhindar dari masalah keuangan yang akan menimpa ketika kita melakukan pemborosan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa praktik hemat uang yang salah kaprah dan nggak disadari masyarakat, neupeeps.

Hah, maksudnya gimana tuh? Jadi, ada beberapa cara menghemat uang yang justru malah bikin boros, neupeeps.

Nggak percaya? Simak artikel ini baik-baik dan jangan ditiru, ya!

Berburu Diskon Supermarket

Diskon yang ditawarkan di supermarket pada dasarnya dapat menghemat pengeluaran masing-masing orang. Tetapi, nggak sedikit diskon yang justru menjebak dan menjerumuskan seseorang pada kasus belanja impulsif. Akibatnya jumlah uang yang dihabiskan jauh di luar dugaan atau anggaran sebelumnya.

Intinya, wajib bijak dalam memanfaatkan setiap diskon yang ditawarkan supermarket. Apabila barang yang sedang diskon bukan produk yang dibutuhkan, sebaiknya nggak perlu membeli dan tetap fokus untuk membeli barang diskon yang menjadi kebutuhan~

Belanja Demi Poin “Reward”

Pasti tau kan ada beberapa orang yang rela ngejar poin dengan belanja? Nah, kalau poinnya berhasil dikumpulkan nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai reward menarik dari bank. Terdengarnya asyik sih, apalagi melihat serentetan reward yang ditawarkan rasanya akan terlihat “hemat banget”, tetapi percayalah itu tipuan marketing semata, neupeeps.

Tidak sedikit orang yang malah terjebak karena program reward itu. Karena terlalu nafsu dan dibutakan dengan iming-iming reward, transaksi belanja justru bertambah sementara pendapatannya tetap sama setiap bulan. Akhirnya malah pemborosan, bukan?

Beli Barang Bekas

Beberapa belakangan ini, tren belanja barang-barang di thrift store sedang naik daun banget. Sebelum memutuskan untuk beli barang bekas karena tergiur dengan penawaran yang harga murah, neupeeps juga harus ingat kalau membeli barang bekas wajib teliti karena kualitas dan barangnya pasti menurun. Belum lagi kalau barang bekas ini nggak awet, bukannya makin hemat, kamu justru membuang uang untuk memperbaiki barang tersebut. Intinya, selalu terapkan rumus cost per use sebelum membeli barang, ya!

Do It Yourself (DIY)

Untuk kamu yang menganggap bahwa dengan membuat produk sendiri akan lebih menghemat kocek, kamu harus memikirkan ulang anggapan tersebut. Selain karena harus mengeluarkan cost untuk menyiapkan banyak barang, DIY (Do It Yourself) juga berpotensi gagal. Alih-alih berhemat, kamu justru akan mengeluarkan uang lebih kalau kerajinan yang kamu buat malah gagal.

Beberapa cara menghemat uang yang dibahas di atas ternyata seringkali menimbulkan perilaku boros, loh. Kelihatannya sih hemat, tapi kalau kamu hitung cost-nya dengan teliti justru malah mengeluarkan lebih banyak uang. Jadi, neupeeps harus lebih hati-hati, ya!

Daripada uangnya kamu belanjain terus-terusan untuk ngejar poin “reward“, mending uangnya kamu jadikan modal untuk pendanaan di platform peer-to-peer lending milik aplikasi keuangan neu — neuGrow. Udah saatnya bikin uang yang bekerja untuk kamu!


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone