Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Kamu Mahasiswa? Tenang, Kamu Bisa Geluti Pekerjaan Ini Untuk Tambah Uang Saku!

Hello, neupeeps!

Yuk, acung jari yang statusnya di sini masih mahasiswa! Masa-masa kuliah ini memang waktunya untuk cari banyak pengalaman, entah dengan aktif organisasi, ikut seminar dan kompetisi, atau apply part-time job yang bisa menghasilkan cuan.

Untuk pilihan ketiga, sudah sering banget ditemukan mahasiswa yang di sela-sela jadwal perkuliahannya sengaja apply part-time job supaya bisa punya pengalaman baru dan tambahan uang saku.

Emangnya pekerjaan sampingan apa aja sih yang bisa ditekuni sama para mahasiswa? Scroll terus artikel ini sampe bawah, ya!

Asisten Dosen

Asisten dosen atau sering disebut asdos merupakan sebuah pekerjaan sampingan yang dianggap keren oleh kalangan mahasiswa, neupeeps. Soalnya, kamu harus memenuhi persyaratan dan beberapa kualifikasi tertentu sebelum si dosen tersebut nunjuk kamu jadi asdos. Nah, yang terpilih nih biasanya mereka yang prestasi dan etos kerjanya ciamik. Gimana nggak keren tuh jadi orang terpilihnya dosen?

Selain jadi kaki tangan dosen dan dikenal sama adek-adek mahasiswa (alasan utama kenapa setiap mahasiswa mau jadi asdos, hihi!), kamu juga bisa dapet penghasilan tambahan, neupeeps. Yup, asdos tuh digaji, loh! Meskipun gajinya nggak gede-gede amat, tapi lumayanlah bisa nikmatin hasil jerih payah sendiri dan bisa nambah networking kamu di kalangan kampus.

Liaison Officer

Nah, biasanya di masing-masing kota suka ada event-event besar tertentu yang buka vacancy Liaison Officer (LO) untuk para mahasiswa, neupeeps. Gampangnya, LO adalah seseorang yang jadi penghubung antara kepanitiaan dengan narasumber/peserta. Jadi, LO inilah yang menanyakan kebutuhan-kebutuhan narasumber/peserta selama event berlangsung dan menyampaikannya kepada tim panitia.

Cuan yang akan kamu kantongi sebagai LO lumayan buat nambah uang jajan dan belanjain wishlist kamu. Selain itu, pekerjaan sampingan ini bisa mengasah kemampuanmu untuk berkomunikasi dan kamu juga bisa memperluas jaringan karena bertemu dengan banyak orang baru.

Asyik banget, deh! Lumayan pengalamannya untuk dijembreng di dalam CV~ :p

Guru Les Privat

Menjadi guru les privat bisa jadi salah satu pekerjaan sampingan yang kamu geluti di sela-sela jadwal perkuliahan, neupeeps. Kamu bisa ngajarin mata pelajaran untuk anak-anak SD-SMA, terutama materi pelajaran yang memang materinya sudah kamu kuasai biar lebih mudah untuk mengajarkannya.

Gampangnya jadi guru les privat adalah kamu bisa fleksibel untuk mengatur waktu dan kamu nggak perlu ribet nyari tempat karena proses mengajarnya akan dilakukan di rumah anak muridmu. Palingan modal yang perlu kamu punya adalah ongkos transport dan juga ilmu terkait mata pelajaran yang akan kamu ajarkan!

Waiter atau Barista

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis coffee shop sedang naik daun dan menjamur dimana-mana. Tentunya, hal ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk memperoleh part-time job, neupeeps! Biasanya, kerja part-time di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam dan harinya sangat fleksibel karena bisa menyesuaikan jadwal kuliah kamu. Oleh karena itu, kamu nggak perlu takut kalo perkuliahan dan pekerjaan sampingan kamu akan terganggu.

Selain bisa dapat uang dan ilmu dari owner serta kawan sesama barista, kamu juga bisa ketemu orang-orang baru, neupeeps. Siapa tau dengan kerja di coffee shop akan mempertemukan kamu dengan jodoh, hehe. Jadi, tertarik nggak nih buat part-time di coffee shop?

Freelance Writer

Semakin berkembangnya teknologi, masyarakat saat ini punya kecenderungan untuk mencari informasi melalui ponsel yang berada di genggaman mereka. Makanya, nggak heran kalau banyak bisnis dan startup di luar sana yang membuka lowongan pekerjaan sampingan bagi freelance writer untuk membuat konten di media sosialnya.

Enaknya menjadi freelance writer adalah kamu nggak perlu khawatir kalau jadwal perkuliahan akan terbengkalai karena pekerjaan ini dilakukan secara online. Jadi, working hour kamu bisa diatur sedemikian rupa karena status kamu nggak terikat dengan perusahaan. Kamu hanya perlu buat kesepakatan terkait deadline pengumpulan dengan klien kamu!

Nah, itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kamu geluti dengan status mahasiswa. Selain mendapatkan tambahan uang saku, pekerjaan-pekerjaan ini akan membantu meningkatkan skill professional kamu terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Oh iya, biar hasil jerih payah kamu nggak langsung ludes, mulai dari sekarang wajib banget hukumnya buat kamu untuk tracking pengeluaran supaya kamu tau uang kamu perginya kemana aja. Bisa pake aplikasi keuangan neu untuk personal budgeting kamu, loh!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone