Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Ketika Teman Membuka Usaha, Wajibkah Kita Membeli?

Hello, neupeeps!

Merintis bisnis dengan berjualan menjadi salah satu pekerjaan yang diminati baik oleh anak muda maupun orang yang sudah berumur sekalipun. Banyak yang memulainya dari usaha kecil-kecilan, misalnya buka online shop yang menjual makanan, produk kecantikan, pakaian, dan lain sebagainya.

Nggak jarang juga orang-orang terdekat kita akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungan mereka dengan berjualan. Apalagi sejak mulai memasuki era digital, di mana semua orang bisa bebas berjualan apa saja melalui online shop atau media sosial. Nah, kadang ada juga teman yang sering promosi barang jualannya lewat grup WA atau bahkan chat personal. Kalau sudah begitu, kita sering banget jadi merasa galau, harus beli atau nggak, ya?

Kalau nggak beli rasanya hati ini nggak enak karena kenal dengan si penjual, tapi kalau beli, takut malah jadi pengeluaran di luar rencana yang bikin kantong kempes. Well, kalau yang jualan cuma satu orang sih, nggak masalah, tapi kalau yang jualan banyak, ‘kan kita nggak bisa beli semuanya!

Untuk kamu yang sedang bingung karena masalah yang sama, coba pertimbangkan beberapa hal ini sebelum kamu memutuskan harus beli atau nggak.

Beli Jika Produknya Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu

Apa kamu biasanya memang menggunakan produk yang ditawarkan itu? Kalau nggak, sebaiknya kamu tolak tawaran mereka dengan halus. Sebutkan dengan jujur bahwa kamu memang nggak menggunakan produk tersebut. Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli, karena takutnya produk tersebut akhirnya malah jadi sia-sia. Kan sayang, toh?

Beli Jika Kamu Tau Temanmu Sangat Membutuhkan Uang

Kadang ada teman yang sangat membutuhkan uang, tapi ia berusaha untuk nggak meminjam pada orang lain. Nah, di saat seperti ini, nggak ada salahnya kalau kamu ikut membeli barang dagangannya. Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantunya. Simpel, tapi pasti sangat berarti untuknya.

Kalau memang produk yang ia jual nggak bisa kamu gunakan, kamu bisa memberinya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Atau kamu juga bisa menjualnya kembali. The choice is yours.

Jangan Beli Jika Kamu Sendiri Sedang Kesulitan Uang

Ada kalanya keuangan kita lagi seret, tapi teman malah promosi dagangannya. Kalau keuanganmu sendiri juga sedang nggak stabil, kamu boleh banget kok menolak tawarannya. Cukup jelaskan saja padanya bahwa kamu juga sedang nggak punya uang. Belilah kalau kamu sudah punya uang nanti. Teman yang baik pasti akan mengerti kok.

Jangan Beli Jika Kamu Terpaksa

Pernah nggak sih kamu menemukan seorang teman yang cara jualannya memaksa? Nah, kadang kita jadi mau-nggak-mau beli, tapi ujung-ujungnya malah ngomel dan nggak mau menggunakan barang itu. Wah, sayang banget, nggak tuh? Kalau memang kamu terpaksa, sebaiknya nggak usah dibeli, neupeps!

Tegaskan saja padanya bahwa kamu memang nggak mau membeli barang tersebut. Kamu punya hak penuh kok untuk menolak barang tawaran temanmu. Yang penting, kamu menolaknya harus dengan sopan. Jangan sampai hubungan pertemanan kalian malah jadi rusak hanya gara-gara kamu nggak membeli barang dagangannya.

Jadi, berdasarkan 4 poin di atas, kamu sudah bisa memutuskan harus beli atau nggak, ‘kan? Sebenarnya semuanya balik lagi ke kamu. Nggak ada kewajiban untuk membeli, tapi kalau kamu memang mau membantu usaha temanmu, nggak ada salahnya ikut mencoba produknya, kan?


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone