Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Mau Investasi Saham? Kenalan Dulu Sama Saham Blue Chip, Yuk!

Hello, neupeeps!

Siapa di sini yang sudah investasi saham? Pasti familiar deh dengan yang namanya saham blue chip.

Wait, what’s blue chip?

Saham blue chip itu maksudnya saham lapis satu, neupeeps. Biasanya berasal dari perusahaan besar yang labanya cenderung stabil dan punya pangsa pasar yang besar.

Well, buat kamu yang bingung saham blue chip itu apa, nggak usah khawatir karena kita akan kupas tuntas semuanya di artikel ini. Pantengin terus ya, neupeeps!

Saham Blue Chip?

Sebelum kita bahas tentang saham blue chip lebih lanjut, kamu tau nggak sih asal muasal nama blue chip ini dari judi poker? Hah, demi apa? Yup, di dunia perjudian itu ada tiga keping chip (koin) yang terdiri atas warna merah, putih dan biru. Nah, zaman dulu itu chip yang warnanya biru punyai nilai paling besar di antara yang lainnya.

Istilah blue chip sebenarnya bukan istilah resmi di pasar modal, tapi penyebutan ini sering banget muncul di kalangan para investor. Mereka menggunakan blue chip untuk menyebut saham perusahaan yang mempunyai reputasi nasional dan dapat memberikan keuntungan dalam berbagai situasi ekonomi baik itu keadaan baik maupun buruk.

Bisa dibilang blue chip adalah saham dengan risiko yang relatif paling rendah dibandingkan jenis saham lainnya. Soalnya, perusahaan bersangkutan biasanya sudah mapan dan dari segi finansial pun labanya cukup stabil, sehingga rata-rata punya jadwal bagi-bagi dividen yang lumayan.

Apa Saja Ciri-Ciri Saham Blue Chip?

Mature Mature dalam konteks ini adalah perusahaan tersebut sudah beroperasi cukup lama dan telah diperdagangkan di bursa cukup lama pula. Alhasil, saham bersangkutan mengalami peningkatan laba dan perkembangan yang bagus.

Reputasi Baik Perusahaan mempunyai reputasi yang baik di mata masyarakat. Jika perusahaan tersebut memberikan manfaat yang nyata untuk kehidupan publik luas, maka perusahaan tersebut tentu akan mempunyai reputasi yang baik.

Market Leader Gampangnya, perusahaan ini telah berhasil memonopoli pasar contohnya seperti Unilever (UNVR) dan PT Telkom (TLKM) yang menjadi market leader di sektornya masing-masing dan produknya menjadi andalan masyarakat. Coba deh cek di rumah kamu, pasti ada satu produk milik Unilever yang bertengger manis entah di kamar mandi atau dapur.

Likuiditas Likuiditas maksudnya adalah persentase kepemilikan yang ada di publik terhadap saham perusahaan tersebut cukup banyak. Artinya, siapapun tanpa terkecuali bisa melakukan transaksi dalam jumlah banyak setiap harinya.

Nah dari pembahasan di atas, kira-kira saham yang sudah kamu beli termasuk saham blue chip atau bukan nih? Buat neupeeps yang mau mulai investasi saham, neu saranin untuk investasi di saham blue chip aja yang lebih terjamin.

Tapi kalau kamu masih ragu-ragu untuk berinvestasi saham, mending uang nganggur-nya kamu gunakan untuk pendanaan di neuGrow guna membantu UMKM Indonesia atau nabung emas yang bisa dimulai dari nominal 10.000 aja, loh!

Yuk download aplikasi keuangan neu di ponselmu agar kebebasan finansial tercapai dengan fitur-fitur unggulan di dalamnya!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone