Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

Mau Lebih Tahu Tentang Saham? Yuk, Lihat Sekeliling Kita!

Hello, neupeeps!

Adakah yang investasi saham di sini? Atau, masih belum paham sebenarnya saham tuh kayak gimana?

Nggak usah khawatir, neu kali ini akan ngebahas serba-serbi saham dalam perspektif kehidupan sehari-hari supaya neupeeps yang masih pemula bisa paham dan punya bekal yang mumpuni sebelum memutuskan untuk investasi saham.

Nggak usah lama-lama, langsung aja kita pantengin artikel berikut yuk!

Saham, Maksudnya Apa Sih?

Saham adalah surat berharga kepemilikan individu atau instansi pada sebuah perusahaan atau perseroan. Yup, saham itu berbentuk selembar kertas yang menerangkan bahwa individu yang tertera juga merupakan pemilik perusahaan yang menerbitkan kertas tersebut. Jatohnya kayak surat perjanjian gitu deh, neupeeps!

Jadi, ketika kita investasi saham itu sama saja kita membeli sebagian kepemilikan perusahaan. Selain itu, kita juga berhak mendapatkan keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen loh. Artinya, semisal perusahaan membukukan keuntungan, kita bisa mengambil keuntungan dari naiknya harga saham tersebut dari waktu ke waktu.

Perusahaan Apa Saja yang Memiliki Saham?

Well, coba deh lihat sekeliling kamu. Rata-rata produk yang kita gunakan sehari-hari mulai dari kita bangun tidur di pagi hari sampai kita tidur lagi di malam hari itu berasal dari perusahaan yang menjualkan sahamnya secara terbuka ke masyarakat loh.

Hah, demi apa? Kok baru tau sih? Sumpah seriusan deh, neupeeps. Kamu pernah merhatiin nggak perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk-produk tersebut? Nih, neu jabarin beberapa ya! - Provider yang kita gunakan supaya lancar berkomunikasi sehari-hari palingan nggak jauh-jauh dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT XL Axiata Tbk, atau PT Indosat Tbk. - Minuman dalam kemasan yang kita konsumsi seperti Cleo itu produsennya PT Sariguna Primatirta Tbk. Lalu, susu segar tetra pack bisa jadi produksi dari PT Ultra Jaya Milk Industry dan PT Trading Company Tbk. - Kalau kamu demen makan Indomie, maka kamu akan menemukan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di kemasannya. - Pas kamu mandi, biasanya sabun, shampoo, dan printilan mandinya seperti Lifebuoy, Lux, Dove itu merupakan produksi PT Unilever Indonesia Tbk. - Kamu sehari-hari menggunakan mobil buat mobilisasi? Well, kendaraan yang diproduksi seperti produknya Toyota atau Daihatsu bisa aja bagian PT Astra International Tbk.

Kalau kamu notis nama-nama perusahaan yang disebutkan di atas, semuanya berakhiran Tbk. Ini artinya, perusahaan tersebut bersifat “terbuka” yang saham atau kepemilikannya bisa dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali.

Apakah berhenti di situ keberadaan perusahaan-perusahaan terbuka ini? Nope, masih banyak banget perusahaan lain di luar sana yang belum disebutkan. Kalau kamu ingin tau lebih lanjut, bisa cek di Mbah Google aja ya neupeeps~

Gimana Caranya Pilih Saham yang Cocok?

Coba deh tanya ke diri kamu sendiri, dari sekian produk yang dipakai itu seberapa suka kamu sama produknya? Apakah kamu pengguna setia yang nggak pernah berganti produk? Dari sini aja kamu sebenarnya sudah bisa memutuskan untuk mulai investasi di saham perusahaan apa.

Tapi, sesuka apapun kamu terhadap satu produk, tetaplah bersikap kritis. Soalnya belum tentu perusahaan yang kamu sukai itu adalah penguasa pangsa pasar. Kalau ingin memiliki saham yang relatif lebih aman, ada baiknya untuk memilih perusahaan dengan pangsa pasar yang besar.

Ketika berinvestasi saham, penting untuk diingat kalau uang yang kamu gunakan ibarat sebagai modal untuk usaha sendiri. Kalau ingin memiliki usaha pasti berharap yang terbaik, bukan? Nah, anggap saja usaha tersebut adalah perusahaan yang sahamnya kamu beli, berarti ada baiknya kamu memilih perusahaan yang menjadi pilihan masyarakat.

Saham itu Keseharian Kita!

Dengan memahami saham yang diperjualbelikan ada dalam keseharian kita, kenapa kita harus takut berinvestasi ke dalamnya? Justru, dengan kita membeli dan menggunakan produk yang diproduksi perusahaan yang sahamnya bebas dijual, itu berarti setiap hari kita berkontribusi pada keuntungan perusahaan.

Mulai sekarang, jangan takut untuk berinvestasi saham yuk. Tapi kalau kamu masih belum berani karena risiko investasi di saham itu paling tinggi di antara yang lain, kamu bisa coba pendanaan di neuGrow. Mulai dari 50.000 aja loh dan imbal baliknya juga lumayan tinggi dibanding kamu taruh uang di bank!


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone