Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

Melatih Anak Agar Hidup Hemat dan Rajin Menabung dengan 3 Cara Ini

Hello, neupeeps!

Adakah neupeeps yang sudah berumah tangga dan punya momongan? Sebagai orang tua yang baik, pastinya kita pengen dong kalau anak kita menjadi pribadi yang cakap dalam mengelola uang, ‘kan? Nah, salah satu cara paling sederhana yang harus kamu lakukan agar buah hatimu tumbuh menjadi pribadi yang financially-woke ialah dengan mengajarkan tips menabung sedari dini.

Salah satu kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah tingkat konsumerisme yang terbilang tinggi. Jika nggak segera diantisipasi dari dini, tentunya bisa memberikan dampak buruk bagi anak di kemudian hari—apalagi kalau orang tuanya pun acuh tak acuh dalam membimbing anak pasti akan memberikan mereka

Nah, sebelum kamu memberikan pendidikan tentang keuangan kepada anak melalui menabung, kamu juga perlu mengendalikan diri dari sikap impulsif. Hal ini dikarenakan sang anak punya kecenderungan untuk melihat orang tua mereka sebagai figur teladan, jadi perilaku apapun yang kamu perlihatkan di depan anak maka berpotensi untuk diterapkan.

Jadi, gimana nih caranya supaya bisa ngajakin anak menabung? Don’t worry, neu sudah rangkum tips-tips di bawah ini. Check it out and happy reading, neupeeps!

Ajak Anak Mengumpulkan Uang Koin

Pasti sudah sering dengar pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”, ‘kan? Nah, pepatah ini nyatanya juga bisa diberlakukan dalam mendidik anak agar rajin menabung. Ajarkan kepada buah hatimu bahwa every penny matters dan nominal kecil ini nyatanya bisa menghasilkan jumlah besar apabila dilakukan dengan konsisten.

Supaya si kecil makin bersemangat untuk menabung, coba deh buat celengan dengan bentuk atau hiasan lucu. Misalnya membuat celengan dari botol plastik lalu dilukis sesuka hati atau memberi hiasan unik dan lucu dengan bentuk binatang. Intinya kamu harus mengajarkan si kecil bahwa menabung adalah kegiatan yang menyenangkan tanpa ada unsur pemaksaan!

Titipkan Tabungan si Anak ke Orang Tua

Pasti inget dong jaman masih kecil kita sering menitipkan uang kita ke orang tua karena takut hilang? Cara ini juga bisa kamu praktikan dalam mengajarkan anak untuk menabung, loh! Meskipun tabungan tersebut adalah milik anak sendiri, namun kamu wajib untuk terbuka dan mengkomunikasikannya dengan baik.

Selain itu, buatlah perjanjian dengan sang anak dan ajak ia untuk diskusi terkait kesempatan dalam menggunakan tabungan tersebut untuk membeli barang tertentu. Berikan pilihan serta konsekuensi apa yang harus ia terima dengan apa yang dipilihnya, kebiasaan ini akan membentuk pribadi anak yang lebih bertanggung jawab dan mindful dalam pengeluarannya!

Bawakan Anak Bekal Makanan

Dengan dibawakan bekal dari rumah, buah hatimu nggak perlu mengeluarkan uang khusus untuk jajan di luar sekaligus juga mengajarkan sang anak untuk mengontrol diri dalam membelanjakan uangnya. Artinya, uang saku yang kamu berikan ke sang anak bisa ia ditabung! Membawa bekal dari rumah juga menghindari dari jenis makanan nggak higienis yang dijual secara sembarangan~

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat dalam mengajarkan buah hati agar rajin menabung ya, neupeeps! Selain itu, mengajarkan anak investasi sedari dini pun nggak kalah penting, loh. Misalnya, kamu bisa kasih tau sedikit ilmu dasar tentang investasi emas, reksadana, atau peer-to-peer lending.

Peer-to-peer lending di neuGrow adalah alternatif investasi yang tepat karena keuntungannya mencapai 15-25% per tahun. Dengan begini, sang anak menjadi lebih? melek terhadap keuangan deh!


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone