Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

SAVING

4 Hal yang Membuat Menabung Seolah Sia-sia Saja

Hello neupeeps!

Punya tabungan banyak tentu merupakan impian banyak orang, pasalnya bisa jadi penolong buat masa depan. Apalagi kalau ada keadaan mendesak yang butuh biaya yang lumayan banyak. Atau mungkin buat beli barang impian yang tentu harganya lumayan menguras kantong juga.

Bicara soal menabung, memang dalam menjalaninya kadang sangat sulit bagi kita. Hal itu terjadi karena adanya beberapa kebiasaan yang seolah membuat kita susah buat mengumpulkan uang. Padahal kalau dipikir-pikir sebenarnya kita bisa saja punya tabungan banyak. Lalu hal apa sih yang sering membuat menabung seolah sia-sia?

Tidak konsisten dalam menabung

Hal ini disebut jadi penyebab paling umum seseorang gagal menabung. Ya, kadang kita menyepelekan masalah tabungan sehingga menabung dengan sembarangan. Padahal kalau merutinkan diri dalam menabung maka hal ini bisa jadi kebiasaan yang bagus. Sehingga dalam setiap bulan kamu akan merasa ada yang kurang jika tidak menabung dengan jumlah yang ditentukan. Alhasil tabungan kamu bisa terus bertambah karena diisi secara rutin.

Tidak punya rincian dan rencana yang baik

Punya rincian dan rencana keuangan adalah hal dasar yang dimiliki sebelum menabung. Hal itu supaya kita tahu berapa jumlah yang ditabungkan dan untuk apa uang tersebut dikumpulkan. Dengan adanya perencanaan yang matang juga bisa membuat menabung jadi lebih mudah. Misalnya, ketika kamu ingin membeli mobil, maka tentunya dirimu akan memikirkan berbagai cara untuk segera memenuhi tabungan supaya barang impian itu segera dibeli. Selain itu, adanya perencanaan keuangan yang baik membuat kamu bisa lebih disiplin dalam menabung.

Sering bawa uang tunai

Terlalu sering membawa uang tunai kadang juga memberikan dampak yang buruk. Hal ini karena ada pengaruh psikologi dalam pikiran yang seolah menganggap diri kita masih punya banyak uang. Alhasil uang tunai tadi dibelanjakan dengan gampangnya bahkan sampai kebablasan. Oleh sebab itu, sebaiknya membawa uang tunai dengan secukupnya saja dan sisanya bisa ditabung saja. Atau kalau tidak, bisa disimpan di e-Wallet biar gak gampang kepakai. Sekarang kamu bisa pakai neu kalau mau Top Up Gopay buat ngisi dompet digitalmu.

Hidup boros

Satu hal lagi yang selalu bikin gagal menabung adalah sering menggunakan uang untuk hal yang tidak diperlukan. Misalnya rekreasi ke tempat jauh dengan budget mahal atau nongkrong di kopi-kopi yang mahal. Bukannya tidak boleh, memang hiburan itu penting supaya pikiran bisa rileks namun jangan kebablasan. Misalnya dalam sebulan bisa sekali atau dua kali pergi senang-senang jangan sampai setiap hari karena bisa bikin kantong kosong. Lumayan bukan, kalau sedikit mengurangi hiburan uangnya bisa ditabung buat masa depan.

Kembali lagi, yang namanya menabung memang awalnya sangat sulit ditekuni. Namun selama ada niat dan dilakukan dengan konsisten, akhirnya hal itu bukan lagi masalah. Bahkan bisa jadi penolong buat masa depan.


Share

Artikel Terkait

SAVING

Trik Anti Ribet Top Up GoPay Gratis Tanpa Biaya Admin. Cek Sekarang di Sini!

SAVING

Tips Nabung Buat Beli Motor Impian Meski Saldomu Sedang Tipis

SAVING

Metode Pembagian 20-30-40 Agar Gajian Tidak Numpang Lewat

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone