Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

INVESTASI

4 Langkah untuk Menemukan P2P Lending Terbaik Buat Usahamu

Hello neupeeps!

Setiap pengusaha tentunya sangat ingin mengembangkan usaha miliknya. Namun sayang kekurangan modal selalu bikin kendala sehingga membuat para pengusaha harus memutar otak. Salah satu jalan keluarnya adalah pakai P2P lending biar cepat dapat dana dan proses yang gak ribet.

Namun dalam memilih perusahaan P2P lending, kamu harus hati-hati. Pasalnya jika salah pilih bukannya dapat modal yang ada malah kerugian besar. Nah berikut beberapa tips memilih P2P lending yang tepat biar usahamu bisa terus berkembang.

Pastikan sudah masuk dalam OJK

Satu hal yang wajib kita lakukan jika ingin memilih P2P lending yang tepat adalah melihatnya masuk dalam daftar OJK atau tidak. Ya, pasalnya banyak P2P lending abal-abal yang ada, sehingga bisa saja bukannya kamu dapat pinjaman atau investasi malah danamu hilang entah ke mana. Hal itu tentunya tidak akan terjadi jika perusahaan P2P lending tersebut terdaftar dalam OJK karena sudah diakui negara. Jadinya kamu gak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan transaksi di platform tersebut buat mengembangkan usaha kamu.

Punya manajemen risiko yang baik

Lantaran ada dana investor yang ada di perusahaan P2P lending, tentunya mereka harus memanajemen risiko dengan baik agar tidak merugikan. Nah kamu bisa melihat bagaimana perusahaan P2P lending tersebut, apakah baik atau buruk. Pasalnya baik investor maupun peminjam dana di sana bisa sama-sama dirugikan jika manajemen risiko yang dilakukan ternyata buruk. Misalnya saja sebuah perusahaan P2P lending menggunakan credit scoring sebagai upaya penilaian calon peminjam. Bisa dikatakan perusahaan tersebut lumayan bagus dalam meminimalisir risiko kerugian bagi para investor.

Dana gampang cair

Dipilihnya P2P lending tidak lain dan tak bukan karena ingin proses yang cepat. Ya, pasalnya kalau lewat bank mesti menyelesaikan persyaratan ini dan itu, tak tahu kapan selesainya. Sedangkan P2P lending bisa dianggap lebih mudah dana cair dan syarat yang lebih ringan. Namun sayang ada juga P2P lending yang kadang butuh waktu lama untuk meminjam dana. Kamu bisa lihat track record dan review dari para nasabahnya sebelum memilih platform P2P lending tersebut. Kalau gak mau ribet, bisa pakai neu yang akan mempermudah transaksi P2P lending kamu.

Punya track record yang baik

Terakhir yang mesti kamu perhatikan adalah masalah track record dari perusahaan P2P lending tersebut. Pastikan kualitas pelayanan yang diberikan bagus secara konstan atau kalau bisa malah terus meningkat. Jangan terkecoh pada perusahaan P2P lending yang ternyata awalnya saja yang bagus, tapi akhirnya malah bikin rugi banyak nasabah. Hal ini penting baik bagi para pemodal maupun peminjam karena biar tahu secara jelas uang yang sudah disalurkan lari ke mana.

Adanya P2P lending ini sangat membantu sekali dalam menumbuhkan usaha kamu. Namun tentu harus lebih hati-hati dalam memilih perusahaan yang benar. Takutnya bukannya usaha yang berkembang malah kerugian yang didapatkan.


Share

Artikel Terkait

INVESTASI

Beli Emas Online Sekarang Lebih Mudah Melalui neuGold!

INVESTASI

Emas Digital Bisa jadi Alternatif Investasi Aman untuk Masa Depan

INVESTASI

Investasi Emas Online Lebih Aman Melalui neuGold

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone