Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif di Masa Pandemi

Hello neupeeps!

Pandemi memang melumpuhkan banyak sendi-sendi ekonomi. Akhirnya, banyak orang susah untuk kerja atau berbisnis, penghasilan menurun hingga kena PHK. Sayangnya, harga barang malah melonjak naik membuat hidup makin tersiksa saja. Alhasil tak jarang, karena terpaksa harus utang sana sini supaya dapur tetap ngebul tiap harinya.

Sejatinya hal seperti itu tidak akan terjadi kalau kamu dapat punya perencanaan keuangan yang baik. Pandemi memang hidup jadi lebih berat, namun tidak jadi ancaman yang berarti. Bahkan meskipun penghasilanmu berkurang, keadaan dapur tetap ngebul tanpa utang sana-sini. Nah, berikut beberapa tips buat kamu saat masa pandemi.

Susun ulang rencana keuangan

Pandemi memang membuat ekonomi amburadul, namun tetap bisa disiasati. Oleh sebab itu kamu harus menyusun ulang perencanaan keuangan. Sekarang, prioritaskan untuk kebutuhan terlebih dahulu jangan sampai uang dipakai untuk hal yang tidak perlu. Apalagi mengingat kalau pendapatan yang memang tidak tetap saat pandemi membuatmu harus banyak melakukan antisipasi. Kurangi pengeluaran yang bersifat hiburan dan segala hal yang merujuk pada pemborosan.

Selalu siapkan dana darurat

Dana darurat selalu penting bahkan harus disiapkan sebelum pandemi. Namun kalau sudah masuk masa pandemi, kamu bisa mendapatkan dana darurat dengan menyisihkan sebagian uang dari pendapatan. Namun ingat, dana darurat hanya boleh dipakai dalam keadaan benar-benar terdesak saja. Nah, bentuk dana darurat itu beragam, bisa uang yang kamu simpan dalam brankas hingga saldo yang ada di Gopay-mu. Oleh sebab itu ada baiknya kamu mulai top up Gopay sebagai tabungan. Selama pandemi ini, tak perlu repot buat pergi ke ATM karena rawan Corona, tinggal pakai aplikasi Neu dan isi saldo Gopay-mu.

Cari pemasukan tambahan

Sulitnya masa pandemi bisa kamu siasati dengan mencari pemasukan lain. Tak perlu jualan dan ketemu dengan banyak orang, kamu bisa berbisnis online sehingga mengurangi interaksi sosial. Takutnya bukannya dapat penghasilan malah virus yang ditularkan. Selain dengan bisnis, kamu bisa mencari kerja lepas yang berbasis online. Meskipun tidak sebanyak pendapatan utama, namun cukup lumayan untuk pemasukan. Nah, sisa uangnya bisa dipakai untuk tabungan untuk persiapan masa depan.

Jauhi godaan barang cicilan

Namanya hidup pastinya selalu ada godaan barang cicilan yang sangat menggiurkan. Mulai dari hape terbaru, baju branded hingga kendaraan bermotor yang dijual murah. Ingat kalau masa pandemi ini keadaan hari esok sangat tidak tentu. Alangkah baiknya kalau uang dipakai untuk hal yang lebih bermanfaat lagi bagi kebutuhan. Cicilan memang tanggungan yang murah yang bisa dibayar dalam jangka waktu lama. Namun tetap saja, kebutuhan pokok dan mendesak di masa pandemi adalah yang paling utama.

Pandemi sejatinya adalah masalah yang besar dan berdampak pada ekonomi baik negara maupun individu. Tapi selama punya perencanaan keuangan yang benar, maka hal itu bukan lagi jadi masalah yang berat. Agar lebih mudah, kamu juga kok memanfaatkan fitur neuBudget agar keuanganmu makin tertata dengan baik.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone