Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Cara Mengatur Keuangan untuk Keluarga Muda

Hello neupeeps!

Punya keluarga sendiri tentunya jadi impian banyak orang. Hidup satu atap dengan anak-istri di rumah sederhana memang tiada tandingannya. Namun kadang banyak masalah yang dihadapi karena kurangnya pengalaman dalam mengatur rumah tangga, terutama masalah finansial.

Sebenarnya selama kamu punya perencanaan yang baik semua bukan lagi sebuah masalah. Ya, bahkan kamu masih punya banyak uang buat ditabung dan juga diinvestasikan. Lalu gimana caranya biar keluarga kecil bisa punya finansial yang baik? Berikut tipsnya.

Buat perencanaan keuangan yang matang

Bagi keluarga muda, langkah pertama jika ingin keuangan yang sehat adalah mengatur perencanaan secara matang. Kamu harus merinci segala pemasukan yang ada baik dari suami maupun istri. Nah, setelah itu diskusikanlah berdua mengenai pengeluaran yang harus ditentukan bersama. Dengan begini, baik suami maupun istri bisa sama-sama setuju karena dipikirkan bersama. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi perselisihan antara pasangan yang umumnya sering terjadi karena tak ada perencanaan keuangan.

Jangan lupa untuk membuat skala prioritas

Pasangan baru biasanya lupa untuk menentukan kebutuhan prioritas dalam rumah tangganya. Hal inilah yang kadang membuat perencanaan keuangan yang sudah disusun malah berantakan. Oleh sebab itu, kamu harus menyusun skala prioritas kebutuhan supaya bisa mengatur keuangan dengan lebih stabil. Awalnya, mungkin akan agak sulit dijalani, namun seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa dalam menentukan kebutuhan prioritas dan segera memenuhinya. Apalagi makin hari biasanya kebutuhan rumah tangga akan kian bertambah, jadi penting sekali masalah skala prioritas ini.

Tabungan dan investasi adalah hal yang penting

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan pendapatanmu buat tabungan dan investasi. Hal ini sangat penting karena kebutuhan keluarga bakal makin bertambah. Awalnya mungkin kamu hanya hidup berdua jadi pengeluaran tidak terlalu besar. Namun lama-kelamaan, kamu akan punya anak dan biaya tentunya makin bertambah. Oleh sebab itu tabungan dan investasi adalah hal yang penting. Nah, di era modern ini investasi bisa dibeli dengan mudah hanya melalui handphone. Ya, tinggal pakai neu terus Top Up Gopay buat beli investasi yang kamu kehendaki.

Jangan lupa masalah proteksi

Satu hal lagi yang penting untuk keluarga muda adalah proteksi. Ya, kamu bisa pakai asuransi sebagai pengaman keluarga kecil kamu. Tak harus asuransi dengan premi yang mahal, bisa mulai dari BPJS yang harga iurannya sesuai dengan kemampuan. Proteksi seperti ini sangat penting karena kita tak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Jika memang asuransi kesehatan tidak cukup, kamu bisa menambahkan jenis lain yang memang dibutuhkan untuk keluargamu.

Mengatur finansial keluarga muda memanglah sulit, namun bukan berarti mustahil. Ya, selama punya perencanaan yang matang maka semua bisa dilakukan dengan mudah. Tentu dengan kesepakatan bersama.


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone