Spend

Manage

Invest

BankingSoon

Blog

Promo

KEUANGAN

Menjelang Tahun Baru Terkena New Year Blues? Coba Simak Tips Berikut, Yuk!

Hello, neupeeps!

Buat sebagian orang, tahun baru menjadi sebuah perayaan yang di tunggu-tunggu. Banyak dari mereka percaya bahwa momen pergantian tahun menjadi simbol optimisme dari harapan dan semangat baru. Makanya, nggak heran kalau banyak orang nyambut tahun baru dengan suka cita dan penuh kehebohan, misalnya bikin perayaan meriah kayak pesta kembang api atau pesta barbeque sama orang-orang terdekat.

Tapi di sisi lain, ternyata ada juga loh orang-orang yang takut dengan kehadiran tahun baru karena pada masa-masa ini biasanya segala emosi mulai dari stress, anxiety, insecurity, sampai depresi campur aduk menjadi satu.

Nah, kalau neupeeps pernah begini menjelang momen-momen akhir tahun, mungkin itu tandanya neupeeps sedang ngerasain yang namanya New Year Blues!

Hah, New Year Blues?

Seperti namanya, New Year Blues ini merupakan perasaan sedih, resah, gelisah, dan emosional yang muncul di hari-hari terakhir bulan Desember dan awal Januari. Biasanya, pada masa-masa ini kamu merasa sedang berada di titik terendah. Faktor yang bikin New Year Blues muncul itu bisa macam-macam, neupeeps.

Salah satu pemicu paling umum adalah rasa cemas tentang masa depan. Umumnya, ini karena mereka takut kalau pencapaian di tahun depan justru nggak akan sebanyak pencapaian yang diraih di tahun ini. Selain itu New Year Blues juga muncul karena perasaan insecure akibat pressure atau nggak bisa memenuhi ekspektasi tertentu, misalnya tetap stuck di jabatan pekerjaan yang sama padahal teman-teman lain sudah sukses dengan jabatan tinggi.

Nah, gara-gara hal kayak gini biasanya jadi pada overthinking dan berujung stress—bahkan lebih parahnya lagi depresi, neupeeps!

Oh iya, menurut salah satu penelitian di Amerika, faktor yang menyebabkan orang-orang terkena New Year Blues juga dikarenakan financial stress, neupeeps. Di Amerika sendiri, sekitar 41% dari penduduknya terjerat hutang di periode pergantian tahun.

Hal ini dikarenakan dengan semakin tingginya pengaruh sosial media di kehidupan, banyak orang pada saat tahun baru ingin kelihatan punya perayaan momen pergantian tahun yang paling sempurna supaya bisa dijadikan konten di sosial media. Jadi, nggak heran deh kalau tagihan setelah tahun baruan suka membengkak karena kebiasaan impulsif!

Yuk, cek tips berikut ini supaya kamu dijauhkan dari financial stress yang berujung jadi New Year Blues dan berpotensi ngeganggu perayaan pergantian tahun kamu!

Set A Budget

Ini tips yang paling obvious tapi sering banget diabaikan orang-orang, neupeeps! Kalau kamu pengen ngerayain tahun baru, wajib untuk bikin yang namanya budget supaya pengeluaran kamu terencana. Make sure untuk tinjau situasi keuangan kamu sebelum nentuin berapa banyak pengeluaran yang akan kamu hamburkan. Akan lebih bagus lagi kalo budget-nya kamu breakdown per kategori se-detail mungkin!

Sedikit trik untuk ngakalin biar nggak ada pemborosan: tarik uang cash per kategori yang ada di budget kamu! Jadi, kalau uang cash-nya sudah habis berarti kamu nggak bisa ambil lagi dari rekening.

Hindari Hutang!

Menurut sebuah survei, kartu kredit menjadi metode pembayaran paling populer selama akhir tahun. Mayoritas orang lebih memilih membelanjakan keperluan tahun barunya dengan kartu kredit dibanding metode pembayaran lain. Melihat kasus kayak gini, mending jangan tambah hutang kamu dulu untuk keperluan non-urgen, neupeeps. Loh, kenapa? Yang penting kan bisa bayar? Percaya atau nggak, hutang ini bisa jadi sumber financial stress kamu meskipun tanggal jatuh temponya masih berbulan-bulan yang akan datang.

Seenggaknya, coba singkirkan dulu yang namanya kartu kredit saat akhir tahun. Kamu nggak pengen dong tagihan kartu kredit pas awal tahun justru nominalnya lebih besar dari pendapatan kamu? Pun, kalau misalnya kamu tetap kekeuh untuk pake kredit, make sure pembayarannya jangan ditunda-tunda ya. Let’s kick off the new year with a bang—not some sort of new year blues!

Tinjau Resolusi Tahun Baru

Resolusi tahun baru biasanya identik untuk nyoba hal-hal baru. Hayo siapa nih neupeeps yang suka kayak gini? Kalau kamu udah paham kondisi keuangan kamu nggak mendukung, alih-alih coba hal baru, mungkin kamu bisa reconnect dengan sesuatu yang sebelumnya pernah kamu tekuni tetapi tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Dengan cara ini, kamu akan menghemat pengeluaran untuk belanja peralatan dan persediaan!

New Year Blues ini suatu hal normal yang hampir pernah dirasakan semua orang jadi kamu nggak perlu takut kalau semisal kamu tetiba mellow menjelang akhir tahun, neupeeps.

Semua orang punya waktunya masing-masing, and if someone is ahead of us, then be it. You don’t have to be so hard on yourself to keep up with their pace and be in the same place as them 🙂

Oh iya, kalau neupeeps butuh aplikasi yang bisa bantu personal budgeting, bisa banget nih buat download aplikasi neu di ponsel kamu!


Share

Artikel Terkait

KEUANGAN

Aplikasi Kelola Keuangan untuk Finansial yang Lebih Baik

KEUANGAN

Aplikasi Keuangan untuk Semua Hal, Transfer Hingga Investasi

KEUANGAN

Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Finansial Lebih Aman

Ikut gabung dengan 0++ pengguna neu untuk kebebasan finansialmu
qr
arrow
Scan kode QR di samping untuk download di Android dan iOS
iphone